Kesehatan

19 Agustus 2021

18 Obat Alami untuk Mengatasi Selangkangan Gatal, Salah Satunya Aloe Vera!

Pernah merasakan gatal di selangkangan? Cek apa saja obat alami untuk mengatasinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Selangkangan gatal memang wajar dialami setiap orang, sama halnya saat terasa gatal di bagian tubuh lainnya.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, penyebab selangkangan gatal, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain karena iritasi, tidak menjaga kebersihan kelamin dengan baik, kutu kemaluan, dermatitis kontak, herpes genital, infrettigo, serta penyakit kelamin menular.

Selain itu, rasa gatal juga bisa disebabkan oleh agen infeksi yang paling umum, yaitu jamur yang disebut tinea cruris.

Pria lebih banyak yang mengalami gejala selangkangan gatal daripada wanita.

Hal itu disebabkan karena pria memiliki lebih banyak lipatan kulit di pangkal paha yang dapat teriritasi dan dapat menyebabkan infeksi. Dermatologis mengatakan faktor berat badan juga memengaruhinya.

"Ketika orang kelebihan berat badan atau obesitas, mereka sering memiliki masalah dengan kulit yang bergesekan dengan pakaian dan menjadi iritasi," ujar Bruce Robinson, MD, Instruktur Klinis di Lenox Hill Hospital di New York dan seorang ahli kulit.

Baca Juga: Penyebab Gatal Setelah Mencukur Bulu Kemaluan dan Cara Mengatasinya

Cara Mengobati Selangkangan Gatal Secara Alami

Untungnya, sebagian besar kasus selangkangan gatal dapat diobati dengan berbagai obat alami. Mari simak ulasannya!

1. Kompres Es

obat sakit kepala es batu

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum Moms ke dokter, tidak masalah kok untuk mencoba mengobati selangkangan gatal secara alami terlebih dahulu.

"Tidak apa-apa untuk mengobati gejala gatal sendiri pada awalnya untuk melihat apakah rasa gatal itu hilang," kata Thomas Rohrer, MD, juru bicara American Academy of Dermatology.

Cara meredakan rasa gatal dengan cara termudah, yaitu kompres dengan es!

Kompres es pada kulit adalah salah satu perawatan terbaik untuk meringankan iritasi kulit, serta rasa sakit dan gatal.

2. Bawang Putih

obat gatal alami untuk selangkangan - bawang putih.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobai infeksi pada kulit, termasuk selangkangan gatal.

Bawang putih secara efektif dapat melawan kurap dan bakteri, seperti Trichophyton, Candida, dan lainnya.

Potong bawang putih lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi atau haluskan bawang putih, campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Oles secara rutin di bagian selangkangan.

Baca Juga: Kandidiasis, Jamur Vagina yang Pengaruhi Kesuburan?

3. Aloe Vera

obat gatal alami untuk selangkangan - aloe vera.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Di antara berbagai khasiat lidah buaya untuk kulit, bahan alami satu ini juga bisa meredakan selangkangan gatal, lho.

Untuk gatal-gatal vagina yang disebabkan oleh kondisi kulit, dapat dioleskan dengan aman di sekitar bagian luar vagina dan vulva untuk membantu meredakan gatal.

Lidah buaya memiliki sifat antiseptik sekaligus menenangkan kulit yang dapat memberikan sensasi rasa sejuk. Oleskan gel lidah buaya 2 hingga 3 kali per hari untuk memberikan hasil yang optimal.

4. Baking Soda

Khasiat Baking Soda untuk Ketiak Mulus dan Bersih 3

Foto: Orami Photo Stock

Baking soda memiliki sifat untuk menyeimbangkan tingkat pH di kulit.

Buat pasta baking soda dengan mencampurkan ke air. Balur di area yang gatal selama 15 menit. Setelah itu, cuci bersih dan keringkan.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Baking Soda untuk Gigi Agar Putih, Tertarik Mencoba Moms?

5. Oatmeal

obat gatal alami untuk selangkangan - oatmeal.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Oatmeal bersifat humektan, yang membantu melembapkan kulit. Oatmeal juga mengandung senyawa avenanthramide untuk mengurangi peradangan.

Moms bisa menggunakan dua cangkir oatmeal dan satu cangkir garam Epsom ke bak mandi berisi air hangat. Rendam tubuh Moms di bak mandi selama sekitar 20 menit untuk mengurangi gatal di selangkangan.

Pastikan airnya tidak terlalu panas karena air panas dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gatal bahkan iritasi lebih lanjut. Sebagai bonus untuk beberapa penyembuhan dan relaksasi tambahan, Moms juga dapat menambahkan 10–20 tetes minyak lavender ke dalam air rendaman.

6. Kunyit

7 kunyit

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu zat yang terkandung dalam kunyit adalah kurkumin dan diyakini memiliki sifat anti-mikroba.

Penggunaan kunyit secara rutin untuk kulit dapat mengatasi kurap dan jamur, salah satunya bila terjadi selangkangan gatal.

Haluskan kunyit, campur sedikit dengan air atau minyak kelapa lalu oleskan.

7. Minyak Kelapa

obat gatal alami untuk selangkangan - minyak kelapa.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam studi International Journal of Dermatology, minyak kelapa berpotensi efektif untuk gatal yang berhubungan dengan eksim. Penelitian klinis pada anak-anak dengan eksim telah menunjukkan bahwa aplikasi topikal minyak kelapa murni lebih efektif daripada minyak mineral.

Sementara dalam penelitian pada tahun 2016 yang dikutip dari laman Hindawi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membunuh Candida albicans, yang menyebabkan infeksi jamur. Namun, penelitian ini dilakukan di laboratorium, dan tidak ada cukup bukti untuk mengkonfirmasi apakah itu berhasil pada manusia.

Meski demikian, minyak kelapa memiliki sifat untuk menghindari kelembapan yang bisa mengatasi rasa gatal. Bagian kulit yang gatal bisa dibiarkan dengan minyak kelapa semalaman. Selangkangan gatal pun akan mereda.

8. Lemon

obat gatal alami untuk selangkangan - lemon.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Lemon memiliki sifat antimikroba dan dapat digunakan untuk meredakan infeksi yang menyebabkan selangkangan gatal.

Campur lemon dan air dengan perbandingan 1: 1, balurkan pada kulit yang terkena gatal. Terapkan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Cuka Apel

obat gatal alami untuk selangkangan - cuka apel.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cuka apel memiliki sifat anti jamur. Campur setengah cangkir cuka apel dengan dua gelas air. Panaskan hingga suhu suam-suam kuku.

Celup lap ke dalam larutan dan oles pada selangkangan yang gatal selama 5 sampai 10 menit.

Jika gejala tidak hilang dalam beberapa hari, coba oles lotion anti jamur, semprotan atau gel yang bisa didapatkan secara bebas.

Namun ada baiknya segera konsultasikan ke dokter sepesialis kulit supaya Moms bisa mengatasi selangkangan gatal secara tepat.

Baca Juga: Benjolan di Selangkangan, Penyebab dan Cara Mengatasi

10. Minyak Tea Tree

selangkangan gatal

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Commercial Essential Oils as Potential Antimicrobials to Treat Skin Diseases, disebutkan tea tree atau pohon teh memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Ini dapat membantu mengurangi infeksi yang disebabkan oleh selangkangan gatal, sehingga mempercepat penyembuhan ruam.

Untuk menggunakannya, Moms memerlukan beberapa tetes tea tree oil dan air hangat. Kemudian gunakan air hangat untuk mengencerkan minyak pohon teh, lalu oleskan ke ruam dan biarkan selama sekitar 20 menit. Bilas bersih dengan air hangat dan keringkan. Ulangi cara ini 2-3 kali sehari.

11. Madu

selangkangan gatal

Foto: Orami Photo Stock

Madu adalah salah satu pengobatan alami tertua untuk infeksi jamur. Ia memiliki sifat antijamur yang dapat melawan infeksi yang menyebabkan selangkangan gatal.

Moms harus menyiapkan bola kapas atau kain kasa steril dan satu sendok makan madu.

Kemudian dengan bahan-bahan ini, celupkan bola kapas ke dalam madu, oleskan ke area yang terinfeksi, ulangi ini beberapa kali sehari, ganti bola kapas setiap kali digunakan. Coba mengulanginya 3-4 kali sehari.

12. Calendula

mengobati selangkangan gatal

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Brazilian Journal of Microbiology, dikatakan ekstrak calendula diketahui menunjukkan sifat antijamur. Ini dapat membantu mengurangi ruam yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Coba ambil bola kapas atau kain kasa steril dan 1 sendok makan minyak calendula. Lalu celupkan bola kapas ke dalam minyak calendula. Oleskan minyak ke area yang terinfeksi.

Ulangi beberapa kali dengan mengganti bola kapas untuk setiap penggunaan.

Baca Juga: Bisa Coba di Rumah, 13 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Secara Alami

13. Cobalah Minyak Lavender

selangkangan gatal

Foto: Orami Photo Stock

Minyak lavender memiliki sifat fungistatik dan fungisida. Sifat-sifat ini dapat membantu mengurangi infeksi yang menyebabkan selangkangan gatal.

Ambil kapas atau kain kasa steril, lalu 2-3 tetes minyak lavender (dan beberapa tetes minyak kelapa)

Campurkan dua hingga tiga tetes minyak lavender dengan beberapa tetes minyak kelapa dalam mangkuk. Kemudian celupkan bola kapas ke dalam adonan. Oleskan campuran tersebut ke area yang terinfeksi.

Ulangi beberapa kali setiap hari, pastikan Anda menggunakan bola kapas baru setiap saat. Moms dapat mencoba pengobatan ini 3-4 kali sehari.

14. Daun Mimba

selangkangan gatal

Foto: food.ndtv.com

Daun mimba dan konstituennya memiliki sifat antijamur dan anti-inflamasi. Ini bisa membantu meredakan gatal. Moms memerlukan daun mimba dan air.

Yang harus dilakukan adalah siapkan rebusan 1 bagian daun mimba dan 16 bagian air. Rebus di bawah kuantitasnya berkurang menjadi setengah.

Saring dan biarkan campuran menjadi dingin. Moms dapat menggunakan rebusan ini dalam waktu 24 jam atau menyimpannya di lemari es dan menggunakannya dalam 72 jam.

Ambil kapas, celupkan ke dalam rebusan, dan oleskan ke area yang terkena.

15. Oleskan Petroleum Jelly

selangkangan gatal

Foto: Orami Photo Stock

Petroleum jelly mengandung petrolatum yang menunjukkan sifat antimikroba dan pelembap. Sifat ini dapat membantu mengobati selangkangan gatal yang Moms rasakan.

Cukup dengan 1 sendok makan petroleum jelly. Lalu oleskan petroleum jelly pada ruam. Moms dapat menutupi area tersebut dengan plester dan membiarkannya semalaman. Cara ini bisa diulangi sampai ruam sembuh.

16. Bawang Bombay

cara mengatasi selangkangan gatal

Foto: Orami Photo Stock

Bawang mengandung allicin, peptida antijamur. Senyawa bioaktif ini menunjukkan aktivitas penghambatan yang kuat pada beberapa infeksi jamur. Oleh karena itu, ini dapat membantu meringankan gejala yang terkait dengan selangkangan gatal.

Moms akan memerlukan setengah bawang bombay dan sedikit kapas. Yang harus dilakukan adalah parut halus setengah bawang bombay dan peras sarinya.

Rendam kapas dalam jus ini dan letakkan di bagian ruam. Biarkan selama 20 menit sebelum dicuci dengan air. Moms bisa mengulanginya sampai ruam sembuh.

Ingat, bawang bisa menyebabkan sensasi perih. Pastikan untuk melakukan uji tempel sebelum menggunakan obat ini pada kulit kita.

Baca Juga: 6 Cara Meminimalisir Nyeri Tulang Kemaluan Sebelah Kiri saat Hamil

17. Tepung Jagung

Tepung jagung.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Tepung jagung adalah obat alami lain untuk gatal di selangkangan. Tepung jagung berasal dari biji jagung kering dan merupakan bahan utama dalam bedak bayi.

Bahan alami ini dapat membantu kulit memiliki perasaan segar dan kering sambil menenangkan rasa terbakar akibat menggaruk area yang terinfeksi.

18. Minyak Esensial Oregano

minyak esensial oregano

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga bisa menggunakan minyak esensial oregano untuk mengobati infeksi jamur yang menyebabkan selangkangan gatal.

Cukup gunakan 2-3 tetes minyak esensial oregano dan diencerkan dengan minyak esensial pelarut, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak zaitun, atau lainnya di tangan dan oleskan ke bagian luar kulit vagina.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi selangkangan gatal. Selamat mencoba!

  • https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-groin-itch
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5435909/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3768360/
  • https://www.healthline.com/health/jock-itch
  • https://bebodywise.com/blog/vaginal-itch-home-remedies/
  • https://draxe.com/beauty/jock-itch/
  • https://www.hindawi.com/journals/scientifica/2016/7061587/
  • https://www.healthline.com/health/womens-health/itching-vagina-home-remedies
  • https://www.verywellhealth.com/natural-remedies-for-vaginal-itching-5179928
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/ijd.12339
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait