Bayi

BAYI
16 Juni 2020

Penjelasan Tabel Denver II Anak Usia 0-6 Bulan yang Telah Disederhanakan

Moms bisa memantau tumbuh kembangnya dengan keterangan ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms mungkin mengira-ngira bila Si Kecil sudah tumbuh dan berkembang sesuai usianya, atau ia mengalami keterlambatan pada tahapan tertentu. Hal ini bisa dicari tahu dengan membaca salah satu tabel tumbuh kembang, yaitu tabel Denver.

Tabel Denver adalah merupakan alat yang paling banyak digunakan untuk menskrining perkembangan pada anak, dengan menunjukkan tonggak sejarah menurut usia Si Kecil.

Tetapi, karena pengukurannya mungkin terlihat cukup rumit dimengerti bagi masyarakat umum, Moms perlu tahu seperti apa penjelasan tabel Denver II pada anak 0-6 bulan, yang telah disederhanakan oleh Prof. DR. dr. Soedjatmiko, SpA (K), MSi., Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak.

Baca Juga: Begini Cara Skrining Perkembangan Anak dengan Tabel Denver II

Penjelasan Tabel Denver 0-3 Bulan

penjelasan tabel Denver-1

Foto: Orami Photo Stock

Penyederhanaan tahapan perkembangan anak menurut tabel Denver II oleh Prof. dr. Soedjatmiko ini diklasifikasikan menurut usia anak per bulan. Berikut penjelasannya:

Anak Usia 0-1 Bulan

Pada anak usia 0-1 bulan, sebanyak 90 persen anak setidaknya sudah bisa memberikan reaksi terhadap suara bel.

Jika Si Kecil belum bisa melakukan hal tersebut, ini berarti kemungkinan ada keterlambatan perkembangan, karena 90 persen anak lain telah bisa melakukannya.

Anak Usia 1-2 Bulan

Pada anak usia 1-2 bulan, ada beberapa perkembangan yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh Si Kecil, yaitu:

  • Membalas senyuman. Sebanyak 75 persen bayi di usia 1,2 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 1,5 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Tersenyum spontan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 1,4 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 2,1 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Mengoceh. Sebanyak 75 persen bayi di usia 1,6 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 2,7 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Mengangkat kepala 45 derajat ketika tengkurap. Sebanyak 75 persen bayi di usia 1,8 bulan; dan sebanyak 90 persen bayi di usia 2,7 bulan sudah bisa melakukan hal ini.
  • Mata mengikuti benda yang digerakkan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 1,9 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 2,8 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.

Anak Usia 2-3 Bulan

Pada anak usia 2-3 bulan, ada beberapa perkembangan yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh Si Kecil, yaitu:

  • Tertawa. Sebanyak 75 persen bayi di usia 2,5 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 3,1 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Berteriak. Sebanyak 75 persen bayi di usia 2,8 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 4,3 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Tangan saling berpegangan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 2,9 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 4 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Mengangkat kepala 90 derajat ketika tengkurap. Sebanyak 75 persen bayi di usia 2,9 bulan; dan sebanyak 90 persen bayi di usia 3,6 bulan sudah bisa melakukan hal ini.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Penjelasan Tabel Denver 3-6 Bulan

penjelasan tabel Denver-2

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini penjelasan tabel Denver 2 untuk anak usia 3-6 bulan, dengan keterangan yang sudah disederhanakan oleh Prof. dr. Soedjatmiko.

Anak Usia 3-4 Bulan

Pada anak usia 3-4 bulan, ada beberapa perkembangan yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh Si Kecil, yaitu:

  • Kepala tegak ketika didudukkan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 3,0 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 3,7 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Memandang tangannya sendiri. Sebanyak 75 persen bayi di usia 3,1 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 4 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Memegang mainan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 3,7 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 3,9 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Menoleh ke kanan dan ke kiri. Sebanyak 75 persen bayi di usia 3,8 bulan; dan sebanyak 90 persen bayi di usia 4,5 bulan sudah bisa melakukan hal ini.

Anak Usia 4-5 Bulan

Pada anak usia 4-5 bulan, ada beberapa perkembangan yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh Si Kecil, yaitu:

  • Mengangkat dada ketika tengkurap. Sebanyak 75 persen bayi di usia 4 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 4,6 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Tengkurap sendiri, terlentang sendiri. Sebanyak 75 persen bayi di usia 4,3 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 5,4 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Mengamati benda-benda kecil dan gambar. Sebanyak 75 persen bayi di usia 4,4 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 5,2 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Menoleh suara kerincingan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 4,7 bulan; dan sebanyak 90 persen bayi di usia 5,6 bulan sudah bisa melakukan hal ini.

Anak Usia 5-6 Bulan

Pada anak usia 5-6 bulan, ada beberapa perkembangan yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh Si Kecil, yaitu:

  • Berusaha meraih mainan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 5,3 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 5,9 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Menoleh saat dipanggil namanya. Sebanyak 75 persen bayi di usia 5,6 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 6,6 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Memasukkan tangan atau biskuit ke mulut. Sebanyak 75 persen bayi di usia 5,9 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 6,5 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.

Baca Juga: Ini 6 Tips yang Bisa Ibu Ikuti Agar Anak Optimis Selama Tumbuh Kembangnya

Keterangan Persentase pada Tabel Denver

penjelasan tabel Denver-3

Foto: Orami Photo Stock

Dalam membaca deskripsi tabel Denver 2 di atas, Moms melihat banyak angka persentase 75 persen dan 90 persen. Dua klasifikasi persentase di atas memiliki pengertian sebagai berikut:

1. Sebanyak 75 Persen

Ini artinya 75 persen anak lain telah bisa melakukan kemampuan itu mulai umur tersebut.

Bila Si Kecil belum bisa melakukan kemampuan itu pada umur tersebut maka hati-hati. Anak perlu segera dilatih melakukan kegiatan tersebut, atau perlu pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

2. Sebanyak 90 Persen

Ini artinya, 90 persen anak lain telah bisa melakukan kemampuan itu mulai umur tersebut.

Bila seorang anak belum bisa melakukan kemampuan itu pada umur tersebut, kemungkinan ada keterlambatan perkembangan, karena 90 persen anak lainnya telah bisa melakukannya.

Penting untuk segera lakukan pemeriksaan lanjutan dan intervensi dini sesuai keterlambatannya.

Itu dia Moms, penjelasan tentang tabel Denver 2 yang sudah disederhanakan untuk memantau tumbuh kembang Si Kecil. Semoga membantu.

Artikel Terkait