2-3 tahun

7 Oktober 2020

Penjelasan Tabel Denver II Anak Usia 2-3 Tahun yang Telah Disederhanakan

Membacanya akan jadi lebih mudah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Pemantauan tumbuh kembang anak harus rutin dilakukan untuk mencari tahu apakah Si Kecil tumbuh dengan optimal.

Salah satu cara mengetahui hal tersebut adalah dengan menggunakan tabel Denver II.

Tabel Denver adalah merupakan alat yang paling banyak digunakan untuk menskrining perkembangan pada anak, dengan menunjukkan tonggak sejarah berdasarkan dari usia Si Kecil.

Namun, pengukurannya mungkin terlihat cukup rumit dimengerti bagi masyarakat umum. Berikut ini penjelasan tabel Denver II pada anak 2-3 tahun, dengan versi yang telah disederhanakan oleh Prof. DR. dr. Soedjatmiko, SpA (K), MSi, Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak.

Baca Juga: Penjelasan Tabel Denver II Anak Usia 6-12 Bulan yang Telah Disederhanakan

Penjelasan Tabel Denver Anak 24-30 Bulan

penjelasan tabel Denver-3

Foto: Orami Photo Stock

Penyederhanaan tahapan perkembangan anak menurut tabel Denver II oleh Prof. dr. Soedjatmiko ini diklasifikasikan menurut usia anak per bulan. Berikut penjelasannya:

Pada anak usia 24-30 bulan, ada beberapa perkembangan yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh Si Kecil, yaitu:

  • Melempar bola. Sebanyak 75 persen bayi di usia 24 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 33 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Menunjukkan 4 benda atau gambar sesuai namanya. Sebanyak 75 persen bayi di usia 26 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 30 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Berbicara 50 persen dimengerti. Sebanyak 75 persen bayi di usia 26 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 35 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Memakai pakaian. Sebanyak 75 persen bayi di usia 27 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 30 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Menyikat gigi dengan bantuan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 27 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 33 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Melompat. Sebanyak 75 persen bayi di usia 27 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 29 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Mencuci tangan kemudian dilap sendiri. Sebanyak 75 persen bayi di usia 28 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 38 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.

Baca Juga: Penjelasan Tabel Denver II Anak Usia 1-2 Tahun yang Telah Disederhanakan

Penjelasan Tabel Denver 30-36 Bulan

penjelasan tabel Denver-4

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini penjelasan tabel Denver II untuk anak usia 30-36 bulan, dengan keterangan yang sudah disederhanakan oleh Prof. dr. Soedjatmiko.

Pada anak usia 30-36 bulan, ada beberapa perkembangan yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh Si Kecil, yaitu:

  • Menyebutkan nama 4 benda atau gambar. Sebanyak 75 persen bayi di usia 31 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 35 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Berdiri 1 kaki 1 detik. Sebanyak 75 persen bayi di usia 32 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 40 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Menumpuk 8 kubus. Sebanyak 75 persen bayi di usia 33 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 40 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Menunjukkan gambar 2 kegiatan yang disebutkan. Sebanyak 75 persen bayi di usia 34 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 41 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.
  • Mencoret garis tegak (menirukan). Sebanyak 75 persen bayi di usia 34 bulan; atau sebanyak 90 persen bayi di usia 39 bulan, sudah bisa melakukan hal ini.

Baca Juga: Ketahui Cara Membaca Grafik Tumbuh Kembang Anak dari Kemenkes

Keterangan Persentase pada Tabel Denver

penjelasan tabel Denver-5

Foto: Orami Photo Stock

Dalam membaca deskripsi tabel Denver II di atas, Moms melihat banyak angka persentase 75 persen dan 90 persen. Dua klasifikasi persentase di atas memiliki pengertian sebagai berikut:

1. Sebanyak 75 Persen

Ini artinya 75 persen anak lain telah bisa melakukan kemampuan itu mulai umur tersebut.

Bila Si Kecil belum bisa melakukan kemampuan itu pada umur tersebut maka hati-hati. Anak perlu segera dilatih melakukan kegiatan tersebut, atau perlu pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

2. Sebanyak 90 Persen

Ini artinya, 90 persen anak lain telah bisa melakukan kemampuan itu mulai umur tersebut.

Bila seorang anak belum bisa melakukan kemampuan itu pada umur tersebut, kemungkinan ada keterlambatan perkembangan, karena 90 persen anak lainnya telah bisa melakukannya.

Penting untuk segera lakukan pemeriksaan lanjutan dan intervensi dini sesuai keterlambatannya.

Itu dia Moms, penjelasan tentang tabel Denver II yang sudah disederhanakan untuk memantau tumbuh kembang Si Kecil. Semoga membantu.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait