Newborn

27 Januari 2020

4 Alasan Pentingnya Perawatan Kulit untuk Bayi

Bisa menjadi langkah awal pencegahan kanker kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Perawatan kulit tidak hanya dibutuhkan untuk orang-orang usia remaja dan dewasa, tetapi bahkan anak-anak dan bayi. Apalagi, bayi juga masih belum memiliki perlindungan kulit yang maksimal.

Menurut jurnal Skin Care for the Newborn, kulit bayi yang baru lahir berbeda dari kulit orang dewasa. Kulit bayi lebih rentan terhadap trauma dan infeksi, sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Baca Juga: Pewarna pada Skincare Bayi, Amankah?

Pentingnya Perawatan Kulit untuk Bayi dan Anak-anak

Karena itu, penting untuk membuat rutinitas kulit sebagai rangkaian dari perawatan kulit bayi dan anak-anak terhadap lingkungan sekitarnya. Berikut ini empat alasan pentingnya perawatan kulit untuk bayi dan anak-anak, mengutip Dermal Youth.

1. Bagian dari Kebiasaan Sehari-hari

alasan pentingnya perawatan kulit untuk bayi-1

Foto: Orami Stock Photos

Menggunakan perawatan kulit sehari-hari yang mencakup pelembap khusus bayi dan tabir surya, misalnya, adalah faktor penting untuk kulit yang sehat di masa kanak-kanak.

Dengan melakukan perawatan kulit untuk bayi dan anak-anak, hal ini dapat membentuk kebiasaan sehari-hari yang akan konsisten dilakukan hingga dewasa. Sehingga, Si Kecil jadi lebih peduli terhadap kesehatan kulitnya.

2. Pencegahan Dini Terhadap Kanker Kulit

alasan pentingnya perawatan kulit untuk bayi-2

Foto: Orami Stock Photos

Menurut Skin Cancer Foundation, kanker kulit adalah kanker yang paling umum terjadi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Sekitar 1 dari 5 orang di Amerika Serikat akan terkena kanker kulit pada usia 70 tahun.

Perawatan kulit ini termasuk penggunaan tabir surya setiap hari dengan SPF 15 atau lebih tinggi, untuk mengurangi risiko sel kanker kulit. Sementara untuk bayi, bisa menggunakan pelembap khusus bayi dengan kandungan ringan.

Karena itu, sunscreen menjadi perawatan kulit yang penting untuk bayi dan anak. Apalagi, anak-anak cenderung menghabiskan banyak waktu di luar ruangan dan terpapar sinar matahari.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Dibutuhkan oleh Bayi

3. Pertahanan Terhadap Kulit Bayi dan Anak-anak

alasan pentingnya perawatan kulit untuk bayi-3

Foto: Orami Stock Photos

Dibandingkan kulit orang dewasa, kulit bayi dan anak-anak tidak kebal terhadap polutan luar seperti kuman dan kotoran. Rutinitas perawatan kulit dapat membantu mendukung dan melindungi lapisan luar kulit Si Kecil.

Menurut jurnal Advances in Wound Care, fungsi penghalang kulit bayi masih berkembang, membuatnya lebih rentan terhadap iritasi kimia dan infeksi lokal dibandingkan orang dewasa.

Selain itu, perawatan kulit untuk bayi dan anak-anak juga dapat membantu menangkal beberapa masalah kulit yang umum terjadi ketika memasuki usia remaja, seperti jerawat atau kemerahan.

Baca Juga: 4 Kesalahan Memakai Sunscreen untuk Bayi

4. Kerusakan Kulit yang Tidak Disengaja

alasan pentingnya perawatan kulit untuk bayi-4

Foto: Orami Stock Photos

Penggunaan tabir surya biasanya dilakukan ketika berada di kolam renang, pantai, atau ketika berjemur. Tetapi, penting menggunakan tabir surya untuk menghindari kerusakan kulit.

Perawatan kulit harian dengan SPF dan pelembap melindungi kulit bayi dan anak-anak dari sinar UV yang merusak. Tetapi, penggunaan tabir surya tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah enam bulan.

"Tabir surya tidak disetujui untuk digunakan pada bayi di bawah usia enam bulan karena belum diuji untuk kelompok usia ini," kata Karl Neumann, dokter anak di Forest Hills Pediatric Associates dan kontributor Kids Travel Doc.

Jadi, itu dia pentingnya perawatan kulit untuk bayi. Menjaga kesehatan kulit sejak dini akan menghindari dari risiko kanker kulit dan penyakit berbahaya lainnya.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait