Kesehatan

KESEHATAN
19 Maret 2021

5 Penyakit Hewan yang Disebabkan oleh Virus dan Bisa Menyerang Manusia, Waspada!

Salah satunya adalah flu burung yang sempat hebohkan Indonesia beberapa tahun silam.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms bahwa terdapat beberapa penyakit hewan yang disebabkan oleh virus dan bisa menular pada manusia?

Seperti yang diketahui, suatu penyakit umum disebabkan oleh virus dan/atau bakteri. Pencetusnya bisa beragam, salah satunya adalah tertular dari hewan.

Ya, hewan membawa virus atau bakteri tertentu, kemudian ketika kita kontak dengan hewan tersebut, kita bisa tertular penyakit.

Dilansir dari Minnesota Department of Health, penyakit menular yang ditularkan antara spesies dari hewan ke manusia disebut zoonosis.

Yuk ketahui lebih lanjut mengenai penyakit hewan yang disebabkan oleh virus dan bisa menular ke manusia!

Penyakit Hewan yang Disebabkan oleh Virus dan Bisa Menular ke Manusia

Setidaknya ada 39 penyakit penting yang bisa terjadi dari kontak langsung, 48 penyakit penting yang didapat dari gigitan serangga atau gigitan binatang yang terinfeksi, dan 42 penyakit yang didapat orang dengan menelan atau menangani makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran hewan.

Berikut ini 5 penyakit yang umum terjadi disebabkan oleh hewan yang terinfeksi dan terjadi kontak dengan manusia.

1. Leptospirosis

Waspada, Moms, Ini 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Hewan! 01.jpg

Foto: newcastle.gov.uk

Penyakit hewan yang disebabkan oleh virus dan bisa menular pada manusia yang pertama adalah leptospiosis.

Leptospirosis adalah infeksi bakteri yang dapat berkembang menjadi kondisi seperti penyakit Weil atau meningitis, yang bisa berakibat fatal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa leptospirosis mempengaruhi 10 atau lebih orang dalam setiap 100.000 setiap tahun.

Manusia bisa terkena leptospirosis melalui air atau tanah di mana terdapat urin hewan yang terinfeksi, salah satunya dari urin tikus.

Bakteri hanya dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka, mata, atau selaput lendir dan terkena air atau tanah yang terdapat urin hewan yang membawa bakteri tersebut.

Baca Juga: Hati-Hati! 6 Penyakit Karena Konsumsi Gula Pada Minuman Setiap Hari

2. Filariasis

Waspada, Moms, Ini 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Hewan! 02.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Kita mengenal filariasis dengan sebutan penyakit kaki gajah. WHO memperkirakan bahwa 120 juta orang di seluruh dunia terkena kaki gajah.

Kaki gajah disebabkan oleh cacing parasit yang menyebar melalui gigitan nyamuk. Kulit menjadi tebal dan keras, menyerupai kulit gajah.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman Untuk Anak Alergi atau Asma

3. Flu Burung

Waspada, Moms, Ini 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Hewan! 03.jpg

Foto: kent.ac.uk

Penyakit hewan yang disebabkan oleh virus dan bisa menular pada manusia selanjutnya adalah flu burung.

Flu burung adalah infeksi virus yang menyebar dari burung ke burung dan jenis flu burung yang mematikan adalah H5N1.

Dilaporkan webmd.com, sejak kasus manusia pertama pada tahun 1997, H5N1 telah membunuh hampir 60% orang yang telah terinfeksi. Bahkan, virus ini pun menghebohkan Indonesia beberapa tahun silam.

Penularan terjadi ketika virus masuk ke mata, hidung, atau mulut seseorang, misalnya menghirup udara sekitar hewan yang terinfeksi sehingga virus menyentuh mulut, mata, dan hidung.

Walau dapat ditularkan dari hewan ke manusia, jarang terjadi kasus penularan antar manusia.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Balita Terkena Flu, Mana Saja yang Sudah Moms Lakukan?

4. Rabies

Waspada, Moms, Ini 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Hewan! 04.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

"Jika Anda bertanya kepada orang Amerika secara umum apa zoonosis yang paling ditakuti, sebagian besar akan mengatakan rabies," ujar pakar zoonosis Lawrence T. Glickman, VMD, DrPH, profesor epidemiologi veteriner dan kesehatan lingkungan di Purdue University School of Veterinary Medicine.

Rabies adalah penyakit yang memengaruhi sistem saraf mamalia. Ini disebabkan oleh virus dan biasanya disebarkan oleh hewan yang terinfeksi dengan cara menggigit. Rabies dapat dicegah secara efektif dengan vaksinasi.

Baca Juga: Ternyata 3 Hal Ini yang Ingin Dilakukan Hewan Peliharaan Sebelum Meninggal

5. Salmonellosis

Penyakit hewan yang disebabkan oleh virus

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit hewan yang disebabkan oleh virus dan bisa ditularkan ke manusia selanjutnya adalah Salmonellosis.

Sebenarnya tak bisa disebut virus, salmonella sendiri biasa disebut parasit. Salmonellosis sendiri berasal dari parasit salmonella yang tak hanya bisa menyerang manusia melalui kontaminasi wabah dan makan telur mentah saja. Manusia juga bisa tertular parasit ini jika melakukan kontak dengan hewan yang sudah terinfeksi.

Biasanya, orang yang sudah terinfeksi salmonella akan terjangkit diarem demam, dan juga keram perut dalam rentang waktu 12 sampai 72 jam usai terinfeksi.

Nah, hewan yang bisa menularkan penyakit ini pun bermacam-macam seperti anjing, kucing, ayam, bebek, kuda, serta reptil seperti kura-kura, ular dan juga kadal.

Itulah aneka penyakit yang disebabkan oleh hewan dan bisa menjangkiti keluarga di rumah, Moms.

Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan agar daya tahan tubuh kuat. Tapi, tidak jadi alasan untuk tidak mencintai hewan, ya, Moms.

Kenapa Penyakit Hewan yang Disebabkan oleh Virus Bisa Menular ke Manusia?

Penyakit hewan yang disebabkan oleh virus

Foto: Orami Photo Stock

Bagaimana vius hewan bisa menginfeksi sel tubuh manusia? Dilansir dari Khan Academy, virus hewan sama dengan sifat virus lainnya.

Ya, virus bergantung pada sel inang untuk menghidupi dirinya. Jadi, untuk melakukan reproduksi, virus harus menginfeksi sel inang sehingga partikel virus pun semakin meningkat.

Cara utama dari infeksi virus adalah pengenalan atau adaptasi. Virus hewan memiliki molekul permukaan khusus yang memungkinkannya untuk mengikat reseptor pada membran sel inang.

Setelah menempel pada sel inang, virus hewan pun akhirnya bisa masuk dengan berbagai cara, seperti endositosis yakni saat membran terlipat, atau untuk virus selubung ia akan menyatu dengan membran dan melepasa kapsid di dalam sel.

Nah, setelah virus menggunakan sumber daya sel inang untuk membuat protein dan materi genetik virus baru, partikel virus berkumpul dan siap untuk keluar dari sel.

Virus hewan yang terselubung bisa bertunas dari membran sel saat mereka terbentuk, mengambil sepotong membran plasma dalam prosesnya.

Sementara jenis virus lainnya akan menumpuk di sel yang terinfeksi hingga sel tersebut pecah dan mati untuk kemudian melepaskan partikelnya.

Jika hal ini terjadi, maka virus hewan yang sudah berkembang tersebut pun bisa masuk ke tubuh manusia.

Baca Juga: Jangan Terlambat Ditangani, Ini Bedanya 3 Penyakit Dengan Gejala Ruam dan Demam Pada Bayi

Nah, terdapat banyak sekali penyakit hewan yang disebabkan oleh virus dan bisa menular pada manusia kan Moms! J

ika Moms memutuskan untuk memelihara hewan, jangan lupa untuk memastikan kebersihan hewan dengan baik, ya!

Jangan lupa untuk memandikan hewan peliharaan dengan rajin dan juga selalu mencuci tangan setelah bermain dengan hewan kesayangan.

Memelihara hewan memang butuh usaha ekstra untuk merawat dan menjaga kebersihannya. Moms tentu tak ingin tertular penyakit hewan yang disebabkan oleh virus dan bisa menular pada manusia, bukan?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait