Kesehatan

31 Januari 2021

Hati-Hati, 9 Penyakit Ini Ternyata Sebabkan Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Hati-hati, bisa jadi terkena endometriosis, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pernah memiliki keluhan perut bagian bawah kanan nyut-nyutan, seperti ditusuk-tusuk? Rasa tersebut mungkin Moms rasakan di perut bagian kanan, sebelah pusar. Biasanya disertai juga dengan punggung bawah dan pinggang yang pegal-pegal.

Tidak hanya itu, mungkin setelahnya Moms juga akan merasakan nyeri yang sama di perut bagian kiri bawah dan samping pusar, namun sangat jarang.

Bagian kanan bawah perut kita adalah rumah bagi bagian usus besar kita dan, bagi beberapa wanita, merupakan ovarium kanan. Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan Moms merasakan ketidaknyamanan ringan hingga parah di daerah perut kanan kita.

Baca Juga: Anak Sering Mengeluh Sakit Perut? Kenali 5 Penyebabnya Disini!

Lebih sering daripada tidak, nyeri di perut kanan bawah tidak perlu dikhawatirkan dan akan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari.

Tetapi jika Moms mengalami ketidaknyamanan yang terus-menerus, kita harus segera menemui dokter. Mereka dapat menilai gejala Moms dan membuat diagnosis.

Apakah penyebab dari hal ini? Yuk kita cari tahu, Moms.

Penyakit Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms penasaran, berikut merupakan penyebab sakit perut sebelah kanan bawah.

1. Appendicitis (Radang Usus Buntu)

Apendisitis adalah salah satu penyebab paling umum. Apendiks kita adalah tabung kecil dan tipis yang terletak di tempat pertemuan usus besar dan kecil. Jika usus buntu meradang, itu dikenal sebagai radang usus buntu. Apendisitis adalah penyebab umum nyeri khususnya di perut kanan bawah.

Gejala radang usus buntu lainnya bisa meliputi:

Kondisi tersebut seringkali membutuhkan perhatian medis segera. Jadi, jika Moms mengalami gejala-gejala tersebut, maka harus menemui dokter. Setelah dokter Moms mendiagnosis kondisi tersebut, mereka akan mengirim kita pulang dengan rencana perawatan atau memasukkan kita ke rumah sakit untuk observasi lebih lanjut.

Dokter mungkin menentukan bahwa operasi untuk mengangkat usus buntu diperlukan untuk mencegah organ pecah dan menyebabkan komplikasi lain. Jika usus buntu parah, dokter mungkin segera mengangkat usus buntu kita.

Jika Moms mengalami gejala radang usus buntu, tidak boleh minum enema atau obat pencahar, karena dapat menyebabkan usus buntu pecah. Sebaiknya hindari jenis obat apa pun kecuali jika diresepkan oleh dokter sebagai bagian dari rencana perawatan kita.

2. Kehamilan Ektopik (Hamil di Luar Kandungan)

Hamil diluar kandungan yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah yaitu jika hamilnya terletak pada tuba falopi (saluran telur) kanan kemudian terganggu (pecah) atau keguguran.

Gejala yang menyertai kehamilan ektopik terganggu ini yaitu terjadi pada wanita yang telat mens dengan hasil tes pack (+) hamil, pasien menjadi cepat lemah, dan pucat.

3. Salpingitis Kanan

Radang tuba falopi sebelah kanan karena adanya infeksi, sehingga paling umum disertai dengan demam.

Baca Juga: Catat, Begini Cara Membedakan Kram Perut Hamil dan Menstruasi

4. Kista Ovarium Kanan

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat pada ovarium (indung telur). Wanita memiliki dua ovarium kanan dan kiri. Kebanyakan kista tidak menimbulkan gejala apapun dan sembuh sendiri.

Tapi jika kista ovarium membesar dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Jika kista besar menekan pada kandung kemih, maka akan merasa sebentar-sebentar ingin kencing.

Kista ovarium yang menimbulkan rasa sakit dan gejala yang serius jika kista tersebut pecah. Jika yang terlibat adalah ovarium kanan maka akan menimbulkan rasa sakit pada perut sebelah kanan bawah.

5. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium (lapisan rahim) yang seharusnya tumbuh di rahim malah tumbuh di luar rahim. Organ luar rahim yang biasanya ditumbuhi antara lain ovarium (indung telur), usus, dan organ lain dalam rongga pelvis.

Dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah jika organ yang terlibat berada disana. Gejala atau ciri khas dari endometriosis ini, yaitu rasa sakit timbul ketika menstruasi.

6. Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis terjadi ketika jaringan lunak, biasanya bagian dari membran yang melapisi rongga perut (omentum) atau bagian dari usus, menonjol melalui titik lemah pada otot perut. Tonjolan yang dihasilkan dapat menyakitkan, terutama ketika batuk, membungkuk, mengangkat benda yang berat, mengedan.

Hernia bisa terjadi di kanan atau kiri. Bisa menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan bawah apabila hernia inguinalis terjadi di kanan.

Tanda lainnya berupa penonjolan pada lipat paha yang hilang timbul. Timbul saat berdiri tegak, hilang atau mengecil saat berbaring terlentang. Namun biasanya tonjolan sudah menetap (kejepit) jika sudah menimbulkan rasa sakit.

7. Ureterolithiasis (Batu Ureter) Kanan

Ureter merupakan saluran kencing yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Ureter ada dua, kanan dan kiri.

Ketika ada batu pada saluran ureter yang terletak di perut kanan bawah maka akan menimbulkan rasa sakit pada area tersebut yang biasanya disertai dengan nyeri pinggang, rasa sakit menjalar ke selangkangan (daerah buah zakar pada laki-laki), terkadang ada rasa mual.

Baca Juga: Apa Perbedaan Sakit Pinggang saat Haid dan Hamil?

Sakit perut sebelah kanan bawah yang dirasakan terasa melilit seperti diremas-remas dan sangat sakit bergelombang (sebentar sakit, sebentar reda) ini yang disebut sebagai nyeri kolik.

8. Obstruksi Usus (Usus Tersumbat)

Sebenarnya bisa terjadi di perut sebelah kiri dan kanan, atas atau bawah dan akan menibulkan rasa sakit pada bagian perut yang terlibat, dapat disertai dengan mual dan muntah, perut kembung.

Mengingat banyaknya penyebab nyeri perut kanan bawah sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan guna mengetahui penyebab nyeri perut anda dan pengobatan lebih terarah.

Bila dokter anda mencurigai usus buntu dan keluhan sering dirasakan berulang, tindakan operasi merupakan satu-satunya cara untuk penyembuhan.

9. Gas

Gas usus adalah udara yang ditemukan di seluruh saluran pencernaan kita. Ini sering kali disebabkan oleh makanan yang tidak diuraikan sepenuhnya hingga mencapai usus besar kita.

Semakin banyak makanan yang tidak tercerna, semakin banyak gas yang akan diproduksi oleh tubuh. Saat gas menumpuk, hal itu dapat menyebabkan sakit perut, kembung, dan perasaan "kusut" di perut.

Bersendawa dan kentut biasanya memberikan kelegaan. Faktanya, biasanya seseorang mengeluarkan gas hingga 20 kali sehari.

Akan tetapi, gas yang berlebihan bisa jadi merupakan pertanda gangguan pencernaan, seperti diabetes atau intoleransi laktosa. Penyebab lain gas usus meliputi:

  • menelan lebih banyak udara dari biasanya
  • makan berlebihan
  • mengunyah permen karet
  • merokok

Penyakit Nyeri Perut Sebelah Kiri

penyakit nyeri perut sebelah kiri

Foto: Orami Photo Stock

Selain di sebelah kanan, Moms juga bisa merasakan sakit di perut sebelah kiri. Sisi kiri bawah perut kita adalah rumah bagi bagian terakhir usus besar kita, dan bagi beberapa wanita, ovarium kiri. Nyeri ringan di area ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan dapat hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari.

Jika Moms merasakan sakit yang terkait dengan kecelakaan atau cedera, segera hubungi dokter segera. Moms juga harus segera mencari pertolongan medis jika merasakan tekanan atau nyeri di dada.

Baca Juga: Kostokondritis, Penyebab Nyeri Dada pada Balita

Minta seseorang untuk membantu kita mendapatkan perawatan darurat atau ruang gawat darurat jika memiliki gejala:

  • demam
  • nyeri parah di daerah yang terkena
  • pembengkakan perut
  • tinja berdarah
  • mual dan muntah terus menerus
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • kulit yang tampak kuning (penyakit kuning)

Itu dia Moms beberapa hal yang perlu Moms ketahui mengenai nyeri perut di bagian kiri dan kanan bawah.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait