Kesehatan

1 September 2021

Bisa Membahayakan, Ini 7 Penyakit yang Tidak Boleh Makan Alpukat

Cek apa saja penyakit yang tidak boleh makan alpukat di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tidak semua orang bisa menyantap alpukat, ada beberapa penyakit yang tidak boleh makan alpukat karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

Selama ini kita selalu mengira kalau alpukat menjadi buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi karena dalam alpukat terdapat banyak kandungan nutrisi.

Dilansir dari situs medicalnewstoday, dalam alpukat terdapat vitamin C, E, K, B6, riboflavin, betakaroten, omega-3, magnesium, potassium, dan lain sebagainya.

Inilah yang menyebabkan alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti bisa mencegah osteoporosis, kolesterol jahat, kanker, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 3 Cara Menanam Biji Alpukat dan Langkah Merawatnya dengan Benar

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Alpukat

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Alpukat

Foto: medicalnewstoday.com

Meski ada banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh, tapi ternyata ada beberapa penyakit yang tidak boleh makan alpukat. Hal ini disebabkan karena alpukat bisa menyebabkan efek samping yang diderita oleh orang dengan penyakit-penyakit tertentu.

Menurut situs betterme.world, ada beberapa penyakit yang tidak boleh makan alpukat, yaitu:

1. Hipersensitivitas

Penyakit yang tidak boleh makan alpukat adalah orang yang menderita hipersensitivitas.

Hipersensitivitas merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap benda atau zat tertentu, termasuk kepada buah alpukat.

Pada dasarnya, sistem imunitas kita berfungsi untuk melindungi tubuh dari zat-zat yang berpotensi membahayakan tubuh. Tapi bagi penderita hipersensitivitas, sistem imun bisa keliru mengenali atau bereaksi berlebihan pada zat yang berbahaya.

Dalam kasus ini, orang yang memiliki hipersensitivitas bisa saja salah mengenali zat-zat dalam buah alpukat sebagai zat yang membahayakan tubuh.

Baca Juga: 11+ Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan, Moms Perlu Tahu!

2. Penyakit Liver

Penyakit Liver

Foto: medicalnewstoday.com

Orang yang punya penyakit liver juga tidak disarankan untuk mengonsumsi alpukat karena ternyata penyakit liver adalah salah satu penyakit yang tidak boleh makan alpukat.

Dalam beberapa jenis alpukat terdapat kandungan estragole dan anethole yang bisa merusak hati jika dikonsumsi berlebihan oleh orang yang berpenyakit liver, terutama yang sudah kronis.

Memang tidak semua jenis alpukat yang memiliki dua kandungan ini. Salah jenis alpukat yang tidak boleh makan oleh orang berpenyakit liver adalah alpukat Meksiko.

Alpulat Meksiko memiliki bentuk yang cukup besar. Bentuknya bisa dua kali lipat besarnya jika dibanding alpukat lokal. Berhubung ukurannya cukup besar, alpukat ini dijuluki dengan nama alpukat aligator.

3. Penyakit Pencernaan

Penyakit yang tidak boleh makan alpukat adalah penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan.

Penyakit pencernaan seperti iritasi gastrointestinal tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi alpukat karena bisa menjadikan iritasi menjadi lebih parah.

Selain penyakit iritasi gastrointestinal, orang dengan penyakit maag dan asam lambung juga sebaiknya tidak mengonsumsi buah alpukat.

Buah ini bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman pada perut dan menimbulkan rasa mual dan menyebabkan asam lambung mudah naik jika Moms terlalu banyak mengonsumsinya.

Baca Juga: 15 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin!

4. Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal

Foto: www.summithealth.com

Orang dengan penyakit ginjal sebaiknya menghindari mengonsumsi buah alpukat. Dilansir dari healthline.com, dalam alpukat terdapat kandungan potasium yang cukup tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Rata-rata dalam satu buah alpukat terdapat kandungan potasium hingga 690 mg. Kadar potasium yang terlalu tinggi bisa menyebabkan ginjal tidak berfungsi dengan baik. Pada kasus orang yang tidak memiliki penyakit ginjal, hal ini tidak akan menjadi masalah, tapi bagi orang yang punya penyakit ginjal, tentu saja kinerja ginjal yang tadinya sudah susah berfungsi akan bertambah sulit lagi bekerja.

Tak hanya kandungan potasiumnya saja yang besar, kandungan kaliumnya juga sangat tinggi.

Jika Moms sangat ingin mengonsumsinya, buah alpukat hanya bisa disantap ¼ buah saja untuk meminimalisasi kadar potasium yang masuk dalam tubuh.

Baca Juga: 18 Manfaat Masker Alpukat dan Variasinya, untuk Kulit Sehat Bersinar

5. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu penyakit yang tidak boleh makan alpukat.

Sebenarnya hingga saat ini masih banyak perdebatan mengenai apakah obesitas merupakan jenis penyakit atau tidak. Tapi menurut medicalnewstoday.com, American Medical Association telah mendeklarasi kalau obesitas termasuk jenis penyakit.

Buah alpukat bisa menyebabkan akumulasi lemak yang bisa memperburuk kondisi obesitas pada tubuh Moms. Jika ingin mengonsumsinya, maka disarankan untuk menormalkan berat badan terlebih dahulu supaya bisa mengonsumsinya.

6. Latex Intolerance

Latex Allergy

Foto: medicalnewstoday.com

Latex intolerance atau yang lebih dikenal dengan sebutan sensitivitas terhadap lateks adalah penyakit di mana orang tersebut sensitif terhadap lateks.

Orang yang punya sensitivitas terhadap lateks ini tidak diperbolehkan mengonsumsi alpukat karena bisa berisiko shock yang menyebabkan sesak nafas atau ruam merah dan gatal-gatal pada kulit. Oleh karena itu latex intolerance menjadi salah satu penyakit yang tidak boleh makan alpukat.

Menurut jurnal berjudul Anaphylaxis Related to Avocado Ingestion: a Case and Review, terdapat protein dalam alpukat yang mirip dengan kandungan pada lateks sehingga orang yang mengalami latex intolerance bisa mengalami shock setelah mengonsumsinya.

Jadi kalau Moms memiliki penyakit latex intolerance, maka lebih baik tidak mengonsumsi buah yang bertekstur empuk ini.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Alpukat yang Menakjubkan

7. Penyakit Kolesterol

Kolesterol

Foto: cloudinary.com

Penyakit terakhir yang tidak boleh makan alpukat adalah penyakit kolesterol. Banyak di antara Moms pasti bingung mendengarnya karena selama ini alpukat sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai penurun kolesterol.

Alpukat memang bisa menurunkan kolesterol, tapi hanya kolesterol tinggi saja. Sebaliknya, orang yang punya kolesterol rendah yang ekstrem sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi alpukat.

Hal ini disebabkan dalam alpukat terdapat kandungan beta sitosterol yang bisa menyerap kolesterol yang dibutuhkan dalam tubuh sehingga bagi orang yang punya kolesterol sangat rendah bisa sangat berbahaya.

Jika dikonsumsi secara terus menerus, maka alpukat bisa memicu proses penyerapan HDL atau kolesterol baik secara berlebihan pada orang dengan kolesterol sangat rendah. Jadi lebih baik tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

Moms sekarang sudah tahu kan apa saja penyakit yang tidak boleh makan alpukat. Apakah Moms memiliki salah satu penyakit yang ada di atas?

  • https://medium.com/@p20110271125567/avocado-the-super-fruit-36d5b46a4185
  • https://aacijournal.biomedcentral.com/articles/10.1186/1710-1492-7-12
  • https://www.ndtv.com/health/can-dairy-products-cause-gut-health-issues-some-other-foods-that-could-hurt-your-stomach-1917628
  • https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-kidney-disease#2.-Avocados
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406#benefits
  • https://betterme.world/articles/11-possible-negative-side-effects-from-avocado/
  • https://www.eatthis.com/news-one-surprising-effect-eating-avocado/
  • https://www.womenshealthmag.com/uk/food/healthy-eating/a706439/3-reasons-you-should-stop-eating-avocado-now/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait