Balita dan Anak

3 Juli 2020

5 Penyebab Anak Suka Menggigit Kuku

Berikut penyebab-penyebab anak senang menggigit kukunya. Salah satunya karena faktor genetik, lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menggigit kuku adalah kebiasaan yang kurang baik. Biasanya anak menggigit kuku apabila sedang memiliki perasaan tidak nyaman. Dilansir dari Mott Children’s Hospital, kebiasaan menggigit kuku bisa membuat perasaan anak jadi tenang dan terkadang anak juga bisa melakukannya secara tidak sadar.

Padahal, kuku merupakan sarang penyakit yang bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. Untuk itu, Moms harus waspada apabila Si Kecil punya kebiasaan menggigit kuku.

Apa Penyebab Anak Suka Menggigit Kuku?

Dengan melihat apa saja sebabnya, Moms bisa mencegah kebiasaan buruk Si Kecil dan menggantinya dengan kebiasaan baik, seperti rajin mencuci tangan. Lantas, apa saja penyebab anak suka menggigit kuku?

1. Untuk Menenangkan Diri

Penyebab Anak Suka Menggigit Kuku 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Penyebab anak suka menggigit kuku bisa juga karena ia menganggap aktivitas ini sebagai cara untuk menenangkan diri. Anak-anak umumnya punya kebiasaan menggigit kuku secara refleks apabila sedang merasa tidak nyaman.

Dengan menggigit kuku, Si Kecil akan memfokuskan pikirannya pada jari dan melupakan perasaan lain yang mengganggunya. Agar anak bisa tenang kembali, Moms bisa mencarikan pengganti seperti camilan sehat atau biskuit.

Baca Juga: 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

2. Mengalami Kebosanan

Penyebab Anak Suka Menggigit Kuku 2.jpg

Foto: freepik.com

Jika Si Kecil merasa bosan, ia bisa saja menggigit kuku untuk menghilangkan rasa bosan tersebut.

Moms bisa mencegah kondisi ini dengan mengajaknya bermain atau memberikan barang lain seperti buku agar ia bisa menghilangkan kebosanannya dengan aktivitas yang lebih bermanfaat.

3. Kondisi Stres yang Dialami Anak

Penyebab Anak Suka Menggigit Kuku 3.jpg

Foto: Freepik.com

Penyebab anak suka menggigit kuku berikutnya adalah apabila Si Kecil pernah mengalami kondisi stres yang traumatis. Anak akan secara alamiah menggigit jarinya jika situasi stres tersebut terulang.

Untuk itu, Moms bisa menciptakan suasana nyaman saat sedang bersama Si Kecil. Ajaklah ia bermain dan mencari tahu apa disukainya agar anak jadi lupa untuk menggigit kuku.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Anak Stres saat Belajar di Rumah Menurut Psikolog

4. Turunan Secara Genetik

Penyebab Anak Suka Menggigit Kuku 4.jpg

Foto: Freepik.com

Kebiasaan menggigit kuku juga bisa diturunkan secara genetik, lho. Bila Moms dulu mempunyai kebiasaan menggigit kuku yang sulit dihilangkan, ada kemungkinan Si Kecil mengalami hal serupa.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kebiasaan Moms menggigit kuku harus dihilangkan. Setelah itu, baru ajarkan Si Kecil bahwa menggigit kuku adalah kebiasaan buruk dan bisa berdampak pada kesehatan.

Tunjukkan video mengenai virus dan kotoran apa saja yang ada di jari agar anak jadi lebih waspada dan tidak mengulanginya lagi.

5. Meniru Kebiasaan Orang Lain

Penyebab Anak Suka Menggigit Kuku 5.jpeg

Foto: Pexels.com

Anak-anak umumnya senang mengikuti kebiasaan orang lain, tak terkecuali menggigit kuku. Nah, mungkin saja kebiasaan anak suka menggigit kuku disebabkan oleh hal ini, Moms.

Si Kecil secara tak sadar meniru kebiasaan orang lain tanpa tahu alasan melakukannya. Untuk mengatasinya, Moms bisa memberitahu dampak buruk menggigit kuku dan beri pengertian untuk tidak sembarangan meniru kebiasaan orang lain.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Harus Diterapkan Sebelum Anak Beranjak Remaja

Itulah beberapa penyebab anak suka menggigit kuku yang bisa Moms pelajari. Terkadang menggigit kuku juga bisa hanya salah satu cara bagi Si Kecil untuk mencari perhatian orang tuanya.

Jadi, pastikan Moms dan Dads pun selalu memberi cukup perhatian dan pengertian untuk Si Kecil, ya.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait