Balita dan Anak

20 Juni 2020

Cari Tahu Penyebab Si Kecil Tidak Bisa Diam, Kurang Berolahraga Salah Satu Penyebabnya

Anak Moms tidak bisa diam? Coba cari penyebabnya, siapa tahu perlu ditangani ahli
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap balita berbeda dalam setiap fase pertumbuhan hingga berbeda karakternya. Ada balita yang sangat tenang dan ramah, ada juga balita yang tidak bisa diam. Balita yang tidak bisa diam memang sering membuat pusing dan sering membuat bingung orang tua.

Selama masih terbangun, Si Kecil tidak akan berhenti bereksplorasi, berlari kesana-kemari, sibuk main ini dan itu, dan tidak jarang membuat rumah berantakan.

Namun, wajarkah jika Si Kecil selalu tidak bisa diam dan tenang? Ternyata, terdapat beberapa faktor penyebab balita tidak bisa diam lho, Moms!

3 Penyebab Balita Tidak Bisa Diam

Cari tahu penyebab balita tidak bisa diam lewat artikel ini.

1. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

Cari Tahu Penyebab Si Kecil Tidak Bisa Diam

Foto: amazonaws.com

Salah satu penyebab balita tidak bisa diam bisa jadi dikarenakan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) yang dimiliki balita. Dalam situs Psychiatric dijelaskan bahwa ADHD merupakan kelainan mental yang umum terjadi baik pada anak-anak maupun dewasa.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang tua yang menganggap ADHD adalah kondisi masa kecil yang akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia. Padahal menurut International Consensus Statement on ADHD, kondisi ADHD yang dibiarkan dan tidak ditangani bisa memengaruhi seluruh aspek kehidupan anak di masa depan.

“AHDH 80 persen diturunkan dari keluarga. Jika orang tua memiliki riwayat AHDH, maka sekitar 20-25 persen, anak akan mengalami AHDH juga. Namun bagaimanapun, dokter belum bisa memastikan AHDH diturunkan dari gen ayah atau ibu,” jelas Dr. Lenard Adler, MD, Kepala program ADHD pada orang dewasa di NYU, seperti yang dikutip dalam situs Health.

Gejala yang ditunjukkan balita dengan ADHD antara lain; tidak dapat fokus pada 1 hal, tidak dapat diam atau hiperaktif, dan impulsif. Jika Moms melihat gejala ini pada balita, segera konsultasikan pada dokter terkait.

Baca Juga: Benarkah Sugar Rush Membuat Anak Hiperaktif?

2. Zat Adiktif dalam Makanan

Cari Tahu Penyebab Si Kecil Tidak Bisa Diam

Foto: ssl.com

Penyebab balita tidak bisa diam selanjutnya adalah karena Si Kecil mengonsumsi makanan yang mengandung zat adiktif di dalamnya.

Sebagian balita memiliki sensitivitas terhadap zat adiktif yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsinya. Selain tidak sehat, zat adiktif yang terkandung di dalam makanan juga dapat meningkatkan resiko anak mengalami ADHD.

Batasi Si Kecil dalam mengonsumsi makanan yang mengandung soda, alkohol, banyak pewarna, junk food, dan tinggi gula untuk menghindari anak dari perilaku tidak bisa diam.

Baca Juga: Ciri-ciri Anak Hiperaktif dan Cara Mengatasinya

3. Kurangnya Bergerak dan Berolahraga

Cari Tahu Penyebab Si Kecil Tidak Bisa Diam

Foto: timeincuk.net

Kurangnya bergerak dan berolahraga dapat menjadi salah satu penyebab balita tidak bisa diam lho, Moms!

Di era digital ini, tidak dapat dipungkiri pemakaian gadget pada balita sangat membantu dalam proses belajar dan bermain. Meski demikian, jangan sampai Si Kecil menghabiskan sebagian waktunya hanya untuk menonton ya Moms.

Di usianya yang balita, Si Kecil sedang memiliki banyak energi dan rasa penasaran yang tinggi. Bantu Si Kecil untuk memenuhi kebutuhannya dalam bergerak.

Balita yang kurang banyak bergerak dan berolahraga akan menjadi gelisah, tidak bisa diam, serta tidak fokus karena kurang mendapatkan aktivitas fisik yang dibutuhkannya.

Buat jadwal yang teratur untuk memfasilitasi pergerakan Si Kecil. Olahraga yang dapat diberikan pada balita seperti bersepeda atau bermain bola bersama dengan orang tua.

Baca Juga: 4 Olahraga Terbaik untuk Anak Hiperaktif

Itu dia beberapa penyebab balita tidak bisa diam yang perlu Moms observasi. Semoga bermanfaat!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait