3-12 bulan

18 Agustus 2021

Yuk Moms, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Rewel saat Ganti Popok

Untuk mengatasinya, cari tahu penyebabnya dulu yuk!
placeholder

Foto: unsplash.com/@corrynewooten

placeholder
Artikel ditulis oleh Karla Farhana
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms, mengganti popok bayi merupakan proses yang tidak mudah. Tak jarang, bayi rewel setiap kali popoknya diganti. Hal ini tentu membuat Moms kerap kali kewalahan.

Bayi rewel tentu akan menghambat proses penggantian popok, apalagi saat tengah malam. Namun, Moms tak perlu khawatir. Dilansir dari Mom Loves Best, bayi rewel selama mengganti popok merupakan hal yang wajar.

Namun, tentu ada berbagai penyebab kenapa bayi rewel setiap kali Moms ganti popoknya. Bisa saja, Si Kecil merasa kedinginan, lapar, atau marah selama proses penggantian popok, Moms. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa penyebab bayi rewel saat ganti popok.

Penyebab Bayi Rewel saat Ganti Popok

bayi rewel saat ganti popok

Foto: Freepik.com

Meski kadang Moms tak tega melihat bayi rewel setiap kali diganti popoknya, Moms tak perlu khawatir. Sebagai ibu, Moms pasti memiliki gut instinct untuk menemukan penyebab bayi rewel saat ganti popok.

Tak hanya saat ganti popok, tangisan bayi sebenarnya merupakan hal yang wajar, Moms. Studi Crying Behaviour and its Impact on Psychosocial Child Development menunjukkan, bayi rewel merupakan cara Si Kecil untuk mengkomunikasikan kondisi tubuh mereka dan juga kebutuhannya.

Dalam pertumbuhan Si Kecil, bayi biasanya lebih sering menangis pada 3 bulan pertama. Kemudian, intensitas bayi rewel akan berkurang pada usia 3-4 bulan.

Selain Si Kecil mengkomunikasikan kebutuhan dan apa yang mereka rasakan, ternyata bayi rewel juga menjadi tanda kondisi Moms saat itu. Menurut studi Infant crying and the calming response, Si Kecil yang kerap menangis juga biasanya memiliki asosiasi pada kondisi Moms. Seperti kondisi Moms yang kelelahan, depresi, atau bahkan kondisi Si Kecil yang kurang sehat dan juga mengalami baby syndrome.

Meski ada banyak kemungkinannya, penyebab bayi rewel saat ganti popok umumnya disebabkan berbagai sebab yang paling umum. Apa saja, Moms?

Baca Juga: Dukung Bayi Aktif Bergerak, Mama Harus Pilih Popok yang Tepat

1. Kedinginan

Ketika Moms mengganti popok terutama di malam hari atau ruangan ber-AC, bayi cenderung rewel. Mom Loves Best menulis, bayi usia 3-12 bulan umumnya sangat sensitif dengan udara dingin. Maka, tak heran jika bayi rewel ketika mengganti popok di ruangan yang agak dingin, Moms.

2. Posisi Tidak Nyaman

Seperti yang sudah disebutkan di atas, studi menunjukkan kalau bayi mengkomunikasikan apa yang dia rasakan lewat tangisan bayi. Nah, ketika bayi rewel saat Moms mengganti popoknya, periksalah apakah posisi Si Kecil sudah nyaman. Bisa jadi, bayi rewel akibat posisinya tidak nyaman selama Moms mengganti popoknya.

3. Lapar

Proses mengganti popok biasanya memang tidak sebentar, Moms. Pasalnya, selain harus mengganti popok dan menyentuh Si Kecil dengan perlahan, Moms juga harus memastikan area privat dan tubuh Si Kecil juga kembali bersih, sehingga bayi dapat merasa nyaman kembali.

Nah, jika Moms mengganti popok sebelum jam makan dan proses penggantian popok cukup lama, tak heran jika bayi rewel. Karena, bisa saja Si Kecil merasa lapar, Moms.

Cobalah untuk mengganti popok usai Si Kecil minum susu, Moms. Semoga dengan cara ini bisa mencegah bayi rewel.

4. Bayi Aktif

Usia 3-12 tahun merupakan fase dimana Si Kecil akan sulit untuk diam. Di fase ini, bayi sangat aktif bergerak dan memiliki rasa penasaran yang begitu kuat. Karenanya, bayi akan sulit untuk diatur dan diam saat proses mengganti popok.

Ketika Moms menyuruhnya untuk diam, maka tidak heran jika bayi rewel dan menangis selama ganti popok, Moms.

5. Popok Tidak Nyaman

Ada begitu banyak jenis dan model popok yang bisa Moms pilih. Terkadang, popok yang perekat membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mengganti dan mengenakannya kembali pada bayi. Apalagi jika bayi rewel dan tidak mau diam.

Nah, cobalah untuk mencari popok yang paling nyaman, serta praktis untuk Si Kecil agar bayi tidak rewel.

Baca Juga: Tips Memilih Ukuran Popok Bayi yang Pas untuk Si Kecil

Mengatasi Bayi Rewel saat Ganti Popok

bayi rewel saat ganti popok

Foto: Freepik.com

Mengatasi bayi rewel saat ganti popok memang tidak mudah. Namun, Moms bisa mengikuti beberapa tips dan trik berikut ini:

1. Periksa ke Dokter

Jika bayi selalu menangis saat Moms mengganti popoknya, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, menurut the Mama Nurse, bayi dengan gangguan pencernaan cenderung rewel dan tidak suka ganti popok.

Bayi dengan gangguan pencernaan biasanya merasa tidak nyaman ketika dibaringkan karena regurgitasi asam. Untuk itu, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksakan kesehatan Si Kecil.

2. Baringkan Si Kecil di Kasur yang Nyaman dan Lebar

Bayi yang memiliki rasa penasaran yang tinggi tentu akan banyak bergerak. The Mama Nurse menyarankan Moms untuk membaringkan Si Kecil di atas kasur atau area yang nyaman dan lebar, sehingga bayi bisa bebas menendang dan meninju udara dan kasur dengan aman.

Pastikan juga untuk menaruh barang-barang dan peralatan yang Moms butuhkan selama mengganti popok jauh dari jangkauan Si Kecil. Sehingga, bayi tidak akan tambah rewel ketika dia berusaha menggapai barang-barang di sekitarnya.

3. Distraksi

Proses mengganti popok yang tidak sebentar tentu membuat Si Kecil merasa tak nyaman, sehingga bayi rewel. Untuk itu, cobalah untuk mendistraksi Si Kecil dengan mainan, musik, atau juga bantuan dari Dads yang mengajaknya bicara atau bernyanyi.

Selain itu, Moms juga bisa mengganti popok bayi sembari mengajaknya bermain dan bercanda. Misalnya, ajak Si Kecil untuk mengenal anggota tubuh atau juga menghitung.

Dengan begini, Si Kecil tak akan fokus pada bau yang tidak sedap, atau juga rasa tidak nyaman selama Moms mengganti popoknya.

4. Pilih Popok yang Praktis dan Nyaman

Seperti yang Moms sudah tahu, mengganti popok Si Kecil memerlukan waktu yang tidak sebentar. Proses ini juga tidak nyaman untuk Si Kecil. Demi mencegah bayi rewel, Moms mungkin harus mempercepat proses penggantian popok.

Caranya dengan memilih popok celana yang lebih praktis. Sehingga, Moms dapat mengganti popok Si Kecil dengan lebih cepat.

Baca Juga: 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Popok Balita

Popok yang Nyaman dan Praktis untuk Si Kecil

Foto: Goon

Moms tak perlu bingung mencari popok yang nyaman dan praktis untuk Si Kecil. Pasalnya, Moms bisa memilih GOO.N Premium Pants Massara Sarayang memiliki teknologi High Speed Lock. Dimana, inti penyerap pusat dapat dengan cepat menyerap dan secara efektif mengunci cairan sehingga memberi perlindungan kebocoran maksimum pada bayi.

Selain itu, GOO.N Premium Pants Massara Sara juga dilengkapi dengan pad penyerap ekstra yang bisa menyerap cairan seketika, sehingga nyaman untuk Si Kecil. Selain itu, popok ini juga sangat mudah untuk dibuang dengan hanya menggulung dan merekatkannya. Bukan hanya itu, GOO.N Premium Pants Massara Sara juga memiliki teknologi pH Balance yang dapat mengurangi terjadinya ruam, pastinya menambah kenyamanan dan keamanan kulit Si Kecil.

Moms juga tak perlu khawatir bayi rewel lagi. Karena selain nyaman dan membuat pantat bayi kering sepanjang hari, GOO.N Premium Pants Massara Sara merupakan popok celana yang nyaman dan praktis, cocok untuk Si Kecil usia 3-12 bulan. Bayi juga akan merasa nyaman dengan karet pinggang elastis yang fleksibel.

Kini, bayi tak akan menjadi rewel lagi berkat karakter Wonder Lion yang akan membuat proses mengganti popok menjadi menyenangkan. Karakter yang lucu ini juga akan membantu merangsang perkembangan Si Kecil.

Jadi, Moms kini tak perlu lagi bingung untuk memiliki popok nyaman dan praktis yang tepat untuk Si Kecil! Bayi pun tak akan menjadi rewel lagi.

(ADV)

  • https://momlovesbest.com/diapering/baby-cries-changing-diaper
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6481793/
  • https://www.child-encyclopedia.com/crying-behaviour/according-experts/crying-behaviour-and-its-impact-psychosocial-child-development
  • https://themamanurse.com/survive-diaper-changes-baby-hates/

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait