Newborn

NEWBORN
15 Juni 2020

8 Penyebab Bibir Kering pada Bayi Baru Lahir

Bisa karena dehidrasi atau kebiasaan mengisap bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bibir yang pecah-pecah bisa mengganggu dan tidak nyaman ya Moms. Lantas bagaimana jika bibir bayi kita yang baru lahir mengalami bibir pecah-pecah?

Kabar baiknya, bibir kering dan pecah-pecah pada bayi baru lahir adalah masalah umum. Namun, Moms tetap harus segera merawat bibir Si Kecil secepat mungkin. Karena kondisi bibir yang pecah-pecah dapat memengaruhi makan dan tidur secara negatif.

Bibir kering dan pecah-pecah ini juga terkadang dapat menyebabkan infeksi serius, atau bahkan menjadi tanda kondisi yang mengancam jiwa.

Penyebab Bibir Kering pada Bayi Baru Lahir

Lantas, apa sebenarnya yang jadi penyebab bibir kering pada bayi baru lahir? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Anak

1. Dehidrasi

tanda bayi dehidrasi hero banner magz (1510x849)

Menurut American Academy of Pediatrics, salah satu penyebab bibir kering pada bayi baru lahir adalah dehidrasi. Bayi baru lahir dapat mengalami dehidrasi jika mereka tidak mendapatkan cukup ASI atau susu formula.

Pada hari-hari yang sangat panas, bayi memerlukan asupan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

Tanda-tanda dehidrasi lainnya pada bayi antara lain:

  • fontanel cekung, yang merupakan "titik lunak" di kepala bayi
  • mata cekung
  • menangis tanpa air mata
  • kulit kering
  • tangan atau kaki yang dingin dan bernoda
  • kantuk
  • detak jantung yang cepat

2. Pengelupasan Kulit

Pengelupasan kulit juga bisa jadi penyebab bibir kering pada bayi baru lahir. Bayi baru lahir biasanya akan mengalami beberapa pengelupasan lapisan kulit setelah lahir, karena kulit mereka menyesuaikan diri dengan dunia luar.

Ini adalah proses yang normal. Namun, proses ini dapat menyebabkan bibir si kecil kering

3. Mengisap atau Menjilat Bibir

4 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi

Penyebab bibir kering pada bayi baru lahir adalah mengisap atau menjilat bibir. Bayi baru lahir memiliki naluri mengisap yang kuat, sehingga mereka dapat terus mengisap atau menjilat bibir mereka bahkan ketika mereka tidak menyusu.

Ini juga yang menjadi penyebab bibir kering pada bayi, karena air liur di atasnya menguap dan membuatnya lebih kering daripada sebelumnya.

4. Kulit Bayi Sensitif

Bayi baru lahir dengan kulit sensitif dapat menyebabkan bibir pecah-pecah pada bayi baru lahir. Hal ini sebagai reaksi terhadap iritasi. Beberapa bayi yang baru lahir sensitif terhadap kosmetik, misalnya, jadi mencium bayi saat memakai makeup dapat memicu ruam dan menyebabkan retakan muncul di bibir.

Pakaian, washclothes, lotion, dan krim juga bisa memicu reaksi pada beberapa bayi.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Bibir Kering pada Anak

5. Obat-obatan

Demam, Perhatikan Usia Bayi Sebelum Memberinya Obat Penurun Panas 2.jpg

Penyebab bibir kering pada bayi baru lahir lainnya adalah obat-obatan tertentu. Obatan-obatan bisa saja memiliki efek samping sehingga mengakibatkan bibir Si Kecil pun kering dan pecah-pecah.

Karena itu Moms harus mendiskusikan kemungkinan efek samping dari obat apa pun dengan dokter atau dokter anak sebelum memberikannya kepada bayi baru lahir.

6. Perubahan Cuaca

Panas, dingin, dan angin, semuanya ini dapat menyebabkan bibir pecah-pecah pada bayi baru lahir. Cuaca yang berfluktuasi dapat menarik kelembapan dari kulit dan bisa membuat bibir bayi baru lahir kering dan pecah-pecah.

7. Kekurangan Gizi

kenali gejala kurang gizi pada bayi di bawah 1 tahun hero

Meski jarang, kekurangan nutrisi tertentu bisa menjadi penyebab bibir kering pada bayi baru lahir. Tanpa keseimbangan nutrisi yang tepat, bibir mungkin tidak akan tetap terlihat sehat.

Orang tua yang curiga bahwa bayi mereka yang baru lahir mengalami kekurangan nutrisi harus berbicara dengan dokter.

8. Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki adalah kondisi yang tidak biasa yang menyerang bayi dan anak-anak. Ini menyebabkan demam berkepanjangan dan radang pembuluh darah.

Penyakit ini biasanya muncul antara usia 6 bulan dan 2 tahun, dan insidensinya sangat rendah pada bayi di bawah 3 bulan. Menurut Kawasaki Kids Foundation, penyakit ini bisa membuat bibir Si Kecil pecah-pecah.

Baca Juga: Ternyata, Ini Penyebab Bibir Kering pada Anak

Sebenarnya banyak kasus bibir kering pada bayi baru lahir akan sembuh tanpa perawatan. Atau bisa disembuhkan hanya dengan menggunakan pengobatan rumahan. Tapi, jika Moms khawatir dengan kondisi Si Kecil, tidak ada salahnya mencari bantuan medis ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait