Kesehatan

15 Februari 2018

Penyebab Bokong Sakit Pada Ibu Hamil

Apakah bokong sakit berhubungan dengan janin?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Saya umur 21 tahun, sedang hamil 16 minggu. 3 minggu belakangan ini saya sering merasakan sakit di bagian bokong sebelah kanan, sampai susah bangun dan duduk.

Itu penyebabnya apa ya dok? Dan berpengaruh tidak dengan janin?

Jawab:

sciatica during pregnancy 722x406

Kondisi yang dialami oleh Anda di mana dengan keluhan utama berupa rasa sakit pada bokong memang sering dialami oleh wanita hamil yang usia kehamilannya semakin lama semakin bertambah.

Rasa nyeri ini yang dirasakan pada punggung, bokong, dan juga dapat dirasakan pada vagina akibat dari perubahan tubuh ibu karena mendapatkan banyak tekanan, rahim yang bertambah besar, bayi yang bertambah berat, pengaruh hormon pada kehamilan, dan yang lainnya.

Akan tetapi selain dari keadaan-keadaan di atas (di mana hal tersebut normal adanya), kondisi yang Anda alami dapat juga disebabkan oleh penyebab medis yang tidak berhubungan dengan kehamilan, yaitu saraf terjepit, radang pada panggul, dan trauma pada daerah tersebut.

Keadaan ini sebenarnya tidak akan mengganggu janin Anda, akan tetapi apabila rasa sakit ini semakin lama semakin bertambah berat sampai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Kebidanan dan kandungan dan mendiskusikan masalah ini, sehingga pengobatan yang tepat pun dapat diberikan.

Dijawab oleh dr. Ayu Andrian Putri

Sumber: meetdoctor.com

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait