Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Balita | May 14, 2018

Penyebab dan Cara Memperbaiki Bentuk Kaki O pada Balita

Bagikan


Penyebab dan Cara Memperbaiki Bentuk Kaki O pada Balita

Bentuk kaki Si Kecil merupakan salah satu bagian yang tak pernah luput diperhatikan kita sebagai orang tua. Tapi, bagaimana jika Moms melihat kaki menyerupai O? Jangan panik dulu, berikut penjelasan penyebab dan cara mengatasi bentuk kaki O pada balita.

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dr Faisal Miraj mengatakan bahwa bentuk kaki O pada anak hingga usia 2 tahun adalah normal. Hal tersebut terjadi karena ada pengaruh posisi janin saat di dalam kandungan serta kelenturan urat-urat di sekitar sendi.

Ia mengatakan seiring dengan berjalannya waktu, menginjak usia 3-4 tahun, tungkai akan menjadi lurus untuk kemudian akan menjadi seperti huruf X dan berangsur lurus kembali setelah usia 6-7 tahun.

Baca Juga : 4 Manfaat Bertelanjang Kaki bagi Balita

Tidak Normal Setelah Usia 3 Tahun

Perhatian lebih harus dilakukan jika sudut kelengkungan tidak meghilang setelah usia 2 tahun atau hanya satu sisi saja yang melengkung.

“Kondisi ini mungkin terjadi akibat kelebihan berat badan atau terlalu cepat berjalan. Bis ajuga karena trauma, kelainan hormonal, maupun kelainan pertumbuhan tulang,” tutur dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah, Bintaro Jaya ini.

Kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan pada anak secara fisik maupun psikologis. Secara fisik, sudut kelengkungan yang terus bertambah akan menyebabkan postur berdiri dan berjalan yang aneh.

Nah, ini yang akan membuat psikologis anak juga terganggu Moms. Termasuk jika terjadi bullying dari teman-teman akan menambah tekanan psikologis pada Si Kecil.

“Di sisi lain, rasa nyeri juga akan muncul di sekitar lutut karena tumpuan beban tidak seimbang sehingga permukaan sendi akan semakin rusak."

Moms dengan kondisi Si Kecil seperti ini jangan berkecil hati dulu. Kaki Si Kecil masih bisa dikembalikan ke bentuk normal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikin bentuk kaki Si Kecil.

Baca Juga : Di Usia Berapa Balita Bisa Berjalan?

Memperbaiki Bentuk Kaki O

Bentuk kaki O masuk kategori tidak normal jika setelah masuk usia 3 tahun bahkan hingga remaja dan dewasa bentuk kakinya tetap O.

Jika hal itu terjadi, perawatan khusus harus dilakukan. Sebab jika dibiarkan, bukan tidak mungkin akan memicu penyakit komplikasi berbahaya seperti arthritis.

Berikut perawatan yang bisa dilakukan untuk remaja dan orang dewasa yang ingin memperbaiki bentuk kakinya.

1. Braces

Ada braces ortopedi yang bisa digunakan untuk memperbaiki bentuk kaki O. Alat tersebut akan berfungsi efektif jika digunakan pada usia yang tepat. Yakni ketika masih anak-anak ketika masih dalam amsa pertumbuhan.

Braces yang digunakan oleh orang dewasa tidak akan memberikan banyak perubahan karena orang dewasa telah berhenti bertumbuh.

2. Latihan

Lakukan latihan dengan meluruskan otot-otot di area paha atas dan lutut. Latihan ini tidak akan membantu banyak untuk kasus-kasus bentuk kaki O yang sudah parah. Latihan ini umumnya hanya akan berguna untuk orang-orang dengan kasus bentuk kaki O yang tidak terlalu parah.

3. Latihan meluruskan kaki

Latihan ini direkomendasikan untuk memperbaiki bentuk kaki O dengan mengurangi jumlah ketegangan pada tendon dan sendi. Latihan seperti ini biasanya didampingi oleh pelatih fisik berpengalaman.

Bentuk latihan lain yang dapat dilakukan adalah terapi pijat. Latihan ini melibatkan gerakan kaki berulang-ulang dengan gerakan mundur dan lambat. Terapi pijat ini direkomendasikan untuk anak-anak. Bukan orang dewasa.

4. Latihan otot pinggul

Jenis latihan ini bisa membantu meluruskan bentuk kaki O. Ketidakseimbangan otot pinggul bisa memicu bentuk kaki O. Dengan latihan tersebut, otot pinggul bisa jadi seimbang.

5. Surgery

Untuk kasus bentuk kaki O yang sudah parah, operasi menjadi satu-satunya jalan untuk memperbaikinya. Operasi yang umum dilakukan untuk memperbaiki bentuk kaki O adalah osteotomy.

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.