Kesehatan

KESEHATAN
8 Juni 2020

Penyebab Double Chin dan Cara Menghilangkannya

Double chin bisa terjadi karena faktor genetik dan kelebihan lemak tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Intan Aprilia

Double chin atau dagu berlipat juga dikenal sebagai lemak submental, yakni kondisi umum yang terjadi ketika lapisan lemak terbentuk di bawah dagu. Double chin sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan.

Faktanya dilansir dari Reader's Digest, orang belum tentu mengalami kenaikan berat badan jika memiliki double chin.

Faktor genetika atau kulit yang lebih longgar akibat penuaan juga bisa menyebabkan double chin.

Penyebab Double Chin

double chin

Foto: shutterstock.com

Meski begitu, ada sejumlah alasan orang memiliki lipatan ganda di antara leher dan rahang atau double chin.

Tapi, semua alasannya tidak ada hubungannya dengan kenaikan berat badan karena kecil pengaruhnya.

Penyebab seseorang memiliki double chin di antaranya:

  • Mewarisi genetik dari orang tua
  • Postur tubuh buruk dari waktu ke waktu yang melemahkan otot-otot pendukung di leher
  • Elastisitas kulit yang berkurang karena semakin tua

Tetapi, Moms yang terganggung dengan double chin bisa melalukan beberapa latihan untuk meminimalkan lipatan.

Moms juga bisa berbicara dengan ahli bedah plastik untuk solusi mengecilkan double chin.

Baca Juga: Ini 3 Cara Menurunkan Berat Badan yang Manjur Sesuai Aturan

Latihan untuk Mengecilkan Double Chin

Penyebab Terjadinya Double Chin dan Begini Cara Menghilangkannya - latihan.jpg

Foto: shutterstock.com

Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa latihan dagu bisa menghilangan double chin.

Tetapi dilansir dari Healthline, ada bukti anekdotal yang mendukungnya.

Berikut, 6 latihan yang bisa membantu memperkuat dan mengencangkan otot serta kulit di area double chin.

Moms bisa melakukan latihan ini setiap hari dan mengulangnya 10 hingga 15 kali setiap latihan.

1. Latihan Luruskan Rahang

Angkat atau dongakkan kepala ke atas sambil melihat langit-langit.

Lalu dorong rahang ke bawah dan ke depan untuk merasakan regangan di bawah dagu

Peganglah rahang selama 10 detik. Lalu, lepaskan pegangan dan kembalikan kepala ke posisi nomal.

2. Latihan Bola

Tempatkan bola 9 hingga 10 inci di bawah dagu. Lalu, tekan dagu ke bawah ke arah bola.

Moms, bisa mengulangi latihan ini sebanyak 25 kali sehari.

3. Latihan Kerutan

Dongakan kepala ke atas sambil melihat ke langit-langit. Lalu kerutkan bibir seolah sedang mencium langit-langit untuk meregangkan area di bawah dagu.

Setelah beberapa saat, berhentilah mengerut bibir dan kembalikan kepala ke posisi normal.

Moms bisa melakukannya berulang-ulang setiap hari.

Baca Juga: 4 Tips Atasi Kerutan di Bawah Mata, Murah dan Mudah!

4. Peregangan Lidah

Pastikan pandangan lurus ke depan, lalu julurkan lidah sejauh yang Moms bisa.

Setelah itu, angkat lidah ke atas dan ke arah hidung. Tahan selama 10 detik dan lepaskan.

5. Peregangan Leher

Dongakan kepala ke atas dan padangan melihat ke langit-langit. Angkat lidah sampai menyentuh atap mulut.

Tahan posisi lidah menekan atap langit mulut selama 5 hingga 10 detik dan lepaskan.

6. Latihan Bawah Rahang

Dongakan kepala ke belakang dengan pandangan melihat ke langit-langit. Lalu, putar kepala ke kanan dan geser rahang bawah ke depan.

Tahan selama 5 hingga 10 detik, lalu lepaskan. Setelah itu putarkan kepala ke kiri dan lakukan hal sama berulang kali.

Perawatan Double Chin

Penyebab Terjadinya Double Chin dan Begini Cara Menghilangkannya - perawatan.jpg

Foto: shutterstock.com

Selain latihan fisik ringan, Moms juga bisa melakukan perawatan khusus untuk mengatasi double chin.

1. Masker Wajah

Banyak masker wajah yang tersedia dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi double chin.

Masker gliserin dan kopi atau masker teh hijau dapat membantu mengecilkan double chin sambil latihan ringan.

Selain itu, masker putih telur, madu dan jus lemon setiap hari juga bisa mengurangi lemak di sekitar dagu.

2. Diet

Diet alami dapat membantu mengurangi double chin, terutama bila disebabkan oleh kenaikan berat badan.

Karena, mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari bisa membantu mengurangi lemak penyebab double chin pada sebagian orang.

Moms bisa minum banyak air untuk menghilangkan lemak berlebih dari tubuh.

Sebuah penelitian di jurnal Obesity menemukan orang yang minum air sebelum makan akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Air dan makanan kaya air, seperti melon dan mentimun juga dapat membantu menghilangkan lebih banyak racun dari tubuh.

Baca Juga: 6 Olahraga Ringan Agar Badan Tidak Pegal Selama #DiRumahAja

Agar lebih efektif, Mayo Clinic merekomendasikan kita untuk melakukan aktivitas fisik sekitar 300 menit per minggu atau 45 menit per hari.

Selain olahraga, Moms juga bisa berkebun atau mengepel dan menyapu rumah sebagai bagian dari aktivitas fisik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait