Kehamilan

8 Juni 2020

Penyebab Feses Hijau pada Ibu Hamil, Dari Makanan Hingga Kondisi Medis

Biasanya terjadi karena makanan, tapi ada juga beberapa penyebab lainnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, umumnya feses pada ibu hamil tidak akan terlihat berbeda dari saat Moms tidak hamil. Perubahan yang terjadi biasanya disebabkan oleh fluktuasi hormone dan perubahan pola makan yang dilakukan saat hamil.

Feses yang normal berwarna coklat karena ada jus pencernaan di dalamnya yang disebut dengan empedu, yang diproduksi oleh hati.

Jus empedu berwarna kuning kehijauan dapat membantu memecah lemak dalam makanan. Saat bergerak melalui usus, enzim dan bakteri bereaksi dengannya dan merubah warna feses menjadi coklat.

Berbagai warna dianggap normal untuk kotoran, mulai dari kuning muda hingga coklat tua atau hitam. Kotoran hijau gelap selama kehamilan dianggap normal, kecuali disertai dengan gejala lainnya.

Cara yang baik untuk menilai feses yang sehat adalah ia harus cukup lunak agar tidak sakit ketika Anda pergi dan cukup kohesif agar tetap utuh di toilet.

Penyebab Feses Hijau pada Ibu Hamil

Bila feses hijau pada ibu hamil terjadi salah satu alasannya adalah karena makanan telah melewati sistem pencernaan dengan cepat, tidak memberikan waktu bagi empedu untuk memecah sepenuhnya.

The Ohio State University menerangkan hal ini kemungkinan memberi warna hijau pada feses karena mikroba tidak punya cukup waktu mengubah empedu dan kotoran menjadi coklat.

Makanan Penyebab Feses Hijau pada Ibu Hamil

Namun, ada juga makanan penyebab feses hijau pada ibu hamil lainnya, sebagai berikut ini:

Baca Juga: Sering Diare Tanda Awal Kehamilan, Mitos atau Fakta?

1. Makanan Hijau

Bayam

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut UC San Diego Health, mengonsumsi banyak sayuran hijau adalah bagian dari diet kehamilan yang sehat. Pigmen hijau, klorofil, yang ditemukan dalam sayuran ini bisa memberi warna hijau. Makanan yang memiliki pewarna hijau atau menambahkan warna hijau pun dapat jadi penyebab feses hijau pada ibu hamil.

2. Makanan Ungu

Makanan yang Menyebabkan Feses Hijau pada Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, makanan ungu seperti anggur dan terong juga dapat menyebabkan perubahan warna feses. Ungu menyentuh empedu dan berubah menjadi warna lain.

3. Obat Pencahar

penyebab feses hijau pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms sering menggunakan obat pencahar untuk sembelit, ada kemungkinan feses berubah hijau saat makanan melewati dengan cepat melalui sistem pencernaan.

Akan ada sedikit waktu bagi bakteri dan empedu untuk bertindak pada makanan sehingga membuat feses hijau.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Buang Air Besar Berdarah, dari Ringan Hingga Berat!

4. Makanan atau Suplemen Kaya Zat Besi

penyebab feses hijau pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Guna menghindari anemia saat hamil, dokter akan menyarankan Moms untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dan suplemen kaya zat besi.

Artikel keluaran Cardio Smart America College of Cardiology, menerangkan setiap kelebihan zat besi atau bahkan tidak digunakan dapat membuat feses hijau atau bahkan berwarna sangat gelap.

5. Antibiotik

penyebab feses hijau pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Konsumsi antiobotik untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh sesuai saran dokter juga dapat menjadi penyebab feses hijau pada ibu hamil.

Baca Juga:Pantau Kesehatan Bayi dengan Mengenali Warna Kotorannya

Di atas adalah daftar makanan penyebab jinak feses hijau.

Kondisi Medis Penyebab Feses Ibu Hamil Berwarna Hijau

Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan perubahan yang tidak biasa dalam penampilan feses, yang dapat mencakup perubahan warna menjadi hijau, yaitu :

1. Penyakit Seliaka

penyebab feses hijau pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Ini adalah penyakit autoimun yang dapat berkembang ketika gluten (protein hadir dalam gandum, barley, dan gandum hitam) menyebabkan reaksi kekebalan tubuh. Harvard Health Publishing mengungkapkan penyakit seliaka dapat menyebabkan radang usus kecil, sehingga menghambat penyerapan nutrisi

2. Pseudomembranous colitis

Ini adalah kondisi peradangan usus besar karena pertumbuhan berlebih dari bakteri Clostridium difficile (atau C. diff. colitis) yang membuat segalanya tidak seimbang.

Keadaan ini bisa merupakan hasil dari penggunaan antibiotik dan obat-obatan tertentu

3. Giardia

penyebab feses hijau pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Ini adalah infeksi parasit usus yang bisa Moms rasakan karena mengonsumsi air dan makanan yang terkontaminasi.

Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya dan bila parah, Moms mungkin perlu antibiotik.

Baca Juga: Amankah Mengonsumsi Antibiotik Saat Hamil? Ketahui Penjelasannya!

4. Irritable bowel syndrome

Di sini, otot-otot yang membantu makanan bergerak melalui usus besar baik berkontraksi secara aktif atau untuk waktu yang lebih lama.

Karena itu, menurut UNC Center for Functional GI & Motility Disorders dapat menyebabkan gas, diare, dan kembung, yang dapat mengubah penampilan feses.

5. Penyakit Crohn

penyebab feses hijau pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Kondisi Crohn ini mungkin memengaruhi sebagian kecil usus dan usus besar, sehingga mengubah proses pencernaan.

6. Ulcerative colitis

Ini adalah gangguan usus yang mempengaruhi lapisan dalam usus besar dan rektum, dan dapat menyebabkan peradangan dan bisul di saluran, yang menyebabkan masalah pencernaan dan kram perut

7. E.coli

penyebab feses hijau pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Ditemukan dalam kotoran manusia dan hewan, bakteri E. coli ini menyebar ketika Anda mengonsumsi makanan dan air yang terkontaminasi. Daging yang kurang matang juga bisa menjadi sumber bakteri ini. Mengkonsumsi makanan seperti itu dapat menyebabkan kram perut dan diare.

8. Keracunan makanan Salmonella

Bakteri lain, salmonella, dikontrak melalui makanan dan air yang terkontaminasi dan dapat menyebabkan diare dan kram perut. Ini juga menyebar melalui konsumsi daging unggas yang kurang matang.

9. Virus Gastroenteritis

penyebab feses hijau pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Virus ini juga disebut flu perut, menyebar melalui konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi atau berbagi makanan, perkakas, atau handuk dengan orang yang terinfeksi.

Baca Juga:Kenapa Feses Si Kecil Keras Setelah Minum Susu Formula?

Feses hijau pada ibu hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya. Moms tidak perlu menghubungi dokter kandungan atau bidan jika itu terjadi sesekali dan jika tidak memiliki gejala lain.

Hubungi dokter segera jika Moms memiliki gejala lain bersama dengan kotoran hijau, seperti:

  • demam
  • diare yang berlangsung lebih dari 3 hari
  • kram
  • kembung
  • keburukan
  • bau gas yang tidak biasa
  • sakit perut
  • sakit punggung
  • nyeri di perut kanan atas
  • rasa sakit di daerah bahu

Feses Moms dapat memberitahu banyak hal saat hamil. Feses hijau pada ibu hamil dapat terjadi karena banyak alasan. Namun, sebagian besar penyebabnya tidak perlu dikhawatirkan.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait