Kehamilan

KEHAMILAN
28 Juni 2020

Apa Penyebab Haus Berlebihan Saat Hamil? Ini 6 di Antaranya

Terjadi peningkatan volume darah untuk menyokong kehadiran janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, mungkin mulai mengalami gejala kehamilan satu atau dua minggu setelah hamil. Salah satu gejala yang mungkin tak disadari adalah haus berlebih saat hamil, yang biasanya merupakan hasil dari berbagai perubahan tubuh.

Terkadang, Moms mungkin merasa hau bahkan setelah minum cukup air yang membuat bertanya-tanya apakah semuanya baik-baik saja dalam tubuh? Perasaan haus berlebih saat hamil ini bisa Moms atur setelah mengetahui alasannya. Beberapa kondisi patologis seperti diabetes dan muntah membuat Moms haus berlebih saat hamil.

Penyebab Haus Berlebih Saat Hamil

Salah satu alasan utama merasa sangat haus adalah tidak cukup minum air. Sedangkan, penyebab haus berlebih saat hamil lainnya yaitu:

Baca Juga: Terlalu Banyak Minum Teh Herbal Saat Hamil, Apa Dampaknya?

1. Kebutuhan Cairan

minum air putih mineral

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, menurut The Journal of Perinatal Education, orang dewasa membutuhkan asupan 1 hingga 1,5ml air tiap harinya. Tetapi, saat hamil, karena konsumsi kalori meningkat 300, maka asupan air juga harus meningkat 300ml. Ketika jumlah kebutuhan cairan yang disarankan tak terpenuhi, maka Moms pun akan mengalami haus berlebih saat hamil yang intens.

2. Peningkatan Volume Darah

Penyebab Haus Berlebihan Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Saat hamil, volume darah meningkat untuk memenuhi kebutuhan oksigen Si Kecil dalam kandungan. Darah tambahan memungkikan asupan air tambahan. Jadi, bahkan jika Moms minum air berlebih hal itu semata-mata untuk peningkatan volume darah.

3. Bangun Sel dan Jaringan Baru

Penyebab Haus Berlebihan Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Cairan lebih dari sekedar memuaskan dahaga Moms. Dilansir dari Intermountain Health Care, ibu hamil membutuhkan air untuk membangun sel dan jaringan baru untuk mendukung pencernaan, mengeluarkan racun, mengangkut nutrisi, dan membentuk cairan ketuban.

Air yang Moms minum digunakan untuk semua hal tersebut dan bisa membuat Moms haus berlebih saat hamil.

Baca Juga:Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Lemon?

4. Frekuensi Buang Air Kecil

Penyebab Haus Berlebihan Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Sejak trimester kedua, Si Kecil dalam kandungan mulai tumbuh dan rahim pun mengembang. Tekanan pada kandung kemih membuat Moms ingin sering buang air kecil, membuat tubuh terkuras sehingga haus kembali. Bahkan, keadaan buang air kecil secara sering pun bisa terjadi dalam kasus diabestes gestasional juga.

Baca Juga: Ini Frekuensi Buang Air Kecil saat Hamil, Bumil Wajib Tahu!

5. Tekanan Darah Rendah

Penyebab Haus Berlebihan Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms memiliki tekanan darah rendah, maka bisa merasakan haus berlebih saat hamil. American Heart Association menerangkan jika Moms tidak mencukupi konsumsi air bahkan tak mungkin mengalami juga pusing.

6. Diabetes Insipidus

Penyebab Haus Berlebihan Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Ini adalah salah satu kondisi langka yang dapat menyebabkan rasa haus yang berlebihan, bersama dengan poliuria, selama kehamilan. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat Moms pun harus ke rumah sakit untuk membantu serta mengobati kondisi ini.

Selain hal-hal di atas, asupan makanan asin serta pedas juga bisa membuat Moms haus berlebih saat hamil. Juga jika Moms mengonsumsi banyak minuman berkafein, maka akan merasa dehidrasi, kering, dan haus.

Baca Juga:5 Penyebab Sering Haus, Belum Tentu Kurang Minum

Penting diingat bahwa Mosm harus tetap terhidrasi selama kehamilan.

Faktanya, ibu hamil dianjurkan untuk minum 8 hingga 10 gelas air sehari. Bila tak cukup minum cairan, Moms berisiko mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan komplikasi seperti cairan ketuban rendah, produksi ASI yang tidak cukup dan persalinan prematur.

Jadi, tetap terhidrasi dengan baik selama kehamilan ya, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait