Kehamilan

KEHAMILAN
28 Januari 2020

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil di Tiap Trimester, Moms Wajib Tahu

Semakin membesarnya kehamilan beberapa Moms mengalami kaki bengkak saat hamil
placeholder

Foto: https://parenting.firstcry.com/

placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok penyebab kaki bengkak saat hamil berikut ini yuk, Moms.

Dilansir dari NHS, adalah hal yang normal mengalami pembengkakan selama kehamilan, terutama pada bagian kaki, pergelangan kaki, dan jari-jari kaki. Pembengkakan ini terjadi secara bertahap.

Meskipun tidak berbahaya bagi ibu dan janin, namun hal ini memang akan menyebabkan ketidaknyamanan. Menurut American Pregnancy, pembengkakan ini dapat terjadi kapan saja selama kehamilan, tetapi cenderung diketahui sekitar bulan kelima dan dapat meningkat saat ibu hamill berada di trimester ketiga.

Lalu apa saja penyebab kaki bengkak saat hamil? Yuk, simak berbagai kemungkinan penyebab di tiap semesternya.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Trimester Pertama

Moms Perlu Tahu Mengenai Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil.jpg

Foto: todaysparent.com

Penyebab kaki bengkak saat hamil dapat dipengaruhi dari dalam tubuh, seperti perubahan hormon. Pada trimester pertama, hormon progesteron akan mengalami peningkatan.

Kondisi seperti ini akan berdampak pada kemunculan pembengkakan di beberapa bagian tubuh seperti salah satunya adalah kaki. Pembengkakan yang disebabkan perubahan hormon ini memang wajar terjadi pada ibu hamil.

Namun, jika pembengkakan disertai pusing, sakit kepala, hingga yang terparah adalah pendarahan di trimester pertama, Moms perlu melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mencegah kemunculan gangguan kesehatan ibu hamil.

Baca Juga: Atasi Gusi Bengkak Saat Hamil Dengan Cara Ini

Trimester Kedua

Moms Perlu Tahu Mengenai Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 2.jpg

Foto: babycenter.com

Penyebab kaki bengkak saat hamil dapat dipengaruhi juga oleh volume dan cairan dalam tubuh. Selama kehamilan, cairan yang diproduksi dan disimpan tubuh mengalami peningkatan.

Meningkatnya volume darah dan cairan tubuh merupakan mekanisme tubuh untuk mendukung pertumbuhan janin, mempersiapkan persendian, dan juga jaringan panggul agar lebih terbuka saat persalinan nanti.

Ditambah pula dengan gaya gravitasi sehingga menyebabkan daerah sekitar kaki menjadi bengkak. Ibu hamil di trimester kedua ini akan mengalami pembengkakan pada kaki saat usia kehamilannya 20 minggu.

Baca Juga: Penanganan Mastitis, Payudara Bengkak pada Ibu Menyusui

Trimester Ketiga

Moms Perlu Tahu Mengenai Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 3.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Pembengkakan pada kaki akan meningkat pada saat ibu hamil menginjak trimester ketiga atau masa kehamilan yang telah memasuki usia 28 minggu.

Selain peningkatan cairan dalam tubuh, penyebab kaki bengkak saat hamil di trimester ketiga ini adalah rahim yang terus membesar seiring dengan berkembangnya janin.

Kondisi seperti ini dapat menekan pembuluh darah vena di panggul yang akan memperlambat kembalinya darah dari kaki menuju jantung, sehingga darah berkumpul di pembuluh darah kaki dan akan menyebabkan pembengkakan.

Penyebab bengkak kaki saat hamil juga dapat berasal dari luar tubuh, seperti aktivitas yang padat, terutama bila ibu hamil berdiri atau duduk terlalu lama, kurangnya kandungan potasium dan kalium dalam asupan makanan, mengonsumsi kafein dan garam dalam jumlah yang tinggi, kelebihan air ketuban, hamil bayi kembar, cuaca panas, dan kurang minum air putih.

Meskipun tidak terlalu membahayakan, Moms tetap perlu mewaspadai jika sering terjadi gejala sesak napas, nyeri perut, sakit kepala, mata berkunang-kunang, gangguan penglihatan, atau mengalami pembengkakan di bagian tubuh lainnya seperti di tangan, wajah, dan sekitar mata.

Itulah berbagai penyebab kaki bengkak saat hamil menurut trimesternya, Moms. Jadi, jangan khawatir, ya.

Baca Juga: Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Balita, Apa Penyebab dan Gejalanya?

Artikel Terkait