Kesehatan

30 Agustus 2021

13 Penyebab Kedutan Lengan Kiri dan Cara Mengatasinya, Catat!

Ternyata kafein serta olahraga bisa menjadi penyebab kedutan lengan kiri
placeholder

Foto: freepik.com/master1305

placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms dan Dads merasakan kedutan lengan kiri yang secara terus-menerus selama beberapa waktu? Sedangkan, untuk bagian tubuh lainnya tidak ada? Tentu hal ini membuat kalian bertanya-tanya, bukan?

Biasanya, penyebab kedutan lengan kiri biasanya tidak serius. Tapi, bisa juga perlu penanganan medis. Dilansir dari Healthgrades, Kedutan adalah gerakan otot yang kecil, tidak terkontrol, dan berulang. Gerakan ini disebabkan oleh kontraksi kecil dari otot yang terkena. Kedutan dapat terjadi pada otot manapun di tubuh, seperti pada ibu jari atau betis bahkan lengan.

Ketika mengalami kedutan lengan, banyak hal yang dapat menyebabkannya. Jika sampai mengganggu aktivitas. Maka, Moms dan Dads segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab serta perawatannya.

Penyebab Kedutan Lengan Kiri

Kedutan lengan kiri

Foto: Healthline

Lalu, apa penyebab dari kedutan lengan kiri? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Stres

Menurut medicine.net, stres mental adalah salah satu penyebab utama otot berkedut. Dipicu oleh kecemasan atau situasi stres, kedutan otot semacam ini kadang-kadang disebut "kutu saraf".

2. Kafein

Minum kafein atau stimulan lainnya dapat memicu otot berkedut. Kafein dapat mengganggu molekul dalam tubuh Anda yang bertanggung jawab untuk memindahkan energi pada tingkat sel. Ketika molekul-molekul itu tidak seimbang, itu dapat mengubah jumlah energi di otot Anda, menyebabkan "penembakan" atau kontraksi yang tidak terkendali.

3. Kurang Tidur

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran . Ini adalah proses istirahat dan pembaruan yang kompleks yang diperlukan untuk banyak fungsi. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, menjadi penyebab kedutan lengan kiri.

Baca Juga: Arti Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas, Menurut Medis Hingga Primbon

4. Dehidrasi atau Gizi Buruk

Tubuh membutuhkan cukup air dan nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Tanpa air yang cukup, keseimbangan garam di otot Anda akan terganggu, yang dapat menyebabkan kedutan. Demikian pula, kekurangan nutrisi tertentu seperti potasium, kalsium, atau Vitamin D dapat menyebabkan ketidakseimbangan yang mana memiliki arti kedutan lengan kiri.

5. Kondisi Sistem Saraf

Arti kedutan lengan kiri juga dapat disebabkan oleh kondisi sistem saraf, termasuk ALS (amyotrophic lateral sclerosis), atrofi otot tulang belakang, neuropati (kerusakan saraf), atau miopati (penyakit otot).

Seorang dokter dapat melakukan tes darah atau penilaian lain untuk menentukan apakah kedutan otot disebabkan oleh salah satu kondisi ini. Dalam kasus ini, otot berkedut sering disertai dengan gejala lain termasuk kelemahan atau kehilangan otot.

Baca Juga: 9+ Arti Kedutan Alis Kiri, Jangan Disepelekan!

6. Kekurangan Elektrolit

Moms dan Dads, penyebab kedutan lengan kiri juga bisa disebabkan kekurangan elektrolit. Karena, kinerja otot banyak dipengaruhi oleh asupan mineral, potassium, dan magnesium. Kekurangan mineral ini dapat mengakibatkan otot tertarik dan kemudian mengalami kedutan.

7. Pengaruh Obat Tertentu

Obat seperti diuretic yang membuat lebih sering untuk buang air kecil sebabkan potassium berkurang dan mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

8. Distrofi Muskular

Distrofi muscular merupakan sekumpulan penyakit keturunan yang menghancurkan dan melemahkan otot seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Kedutan Bibir Kiri Bawah, Apa Artinya Ya Moms?

9. Penyakit Lou Gehrig

Penyakit lou Gehrig dikenal juga sebagai penyakit sclerosis lateral amyotropik yang menyebabkan sel saraf mati. Penyakti ini dapat membuat kedutan di berbagai bagian tubuh, termasuk kedutan lengan kiri.

10. Sindrom Isaac

Sindrom Isaac, yang juga dikenal sebagai neuromyotonia, merupakan kondisi yang menstimulasi jaringan otot sehingga Moms atau Dads sering merasakan kedutan lengan kiri, lengan kanan, serta pada bagian kaki. Penyebab sindrom ini adalah penyakit autoimun.

11. Berolahraga

Arti kedutan lengan kiri tidak melulu disebabkan oleh penyakit. Dilansir dari Healthline, kedutan lengan kiri juga dapat terjadi setelah melakukan olahraga atau aktivitas lainnya, terutama jika Anda menggunakan tangan kiri. Hal ini terjadi akibat adanya asam laktat yang terkumpul di dalam otot yang baru dipakai beraktivitas fisik. Selain tangan, biasanya hal ini juga terjadi pada bagian kaki dan punggung.

Baca Juga: 10+ Arti Mata Kiri Bawah Kedutan Menurut Kesehatan dan Primbon

12. Lupus

Kondisi autoimun yang dapat menyebabkan berbagai gejala di berbagai area termasuk persendian, otak, ginjal, dan kulit. Itu terjadi ketika sistem kekebalan menyerang organ dan jaringannya sendiri tak terkecuali jadi penyebab kedutan lengan kiri.

13. Penyakit Neuron Motorik

Arti kedutan lengan kiri juga bisa jadi dikarenakan penyakit neuron motorik. Ini adalah sekelompok penyakit yang mempengaruhi sumsum tulang belakang dan saraf di otak. Pesan dari neuron motorik berhenti mencapai otot dan ini dapat menyebabkan gejala termasuk kekakuan dan kelemahan.

Baca Juga: Sakit Tulang Belakang, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kedutan Lengan Kiri

Ilustrasi olahraga untuk kedutan lengan kiri

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab kedutan di lengan kiri bisa berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa hari, tapi sifatnya datang dan pergi. Moms dan Dads biasanya tidak harus melakukan perawatan khusus apa pun karena kondisi ini akan hilang dengan sendirinya.Meski demikian, lakukan beberapa tips berikut untuk membantu meredakan ketidaknyamanan akibat kedutan lengan kiri:

  1. Perbanyak istirahat
  2. Hindari stres dengan melakukan hal yang Moms dan Dads gemari di sela-sela rutinitas.
  3. Lakukan peregangan dan pijat ketika otot terasa kaku.
  4. Jangan khawatir berlebihan dengan kodisi karena biasanya arti kedutan kiri jarang berbahaya.
  5. Batasi konsumsi kafein yang terdapat pada teh atau kopi yang Moms atau Dads konsumsi
  6. Jangan minum-minuman beralkohol
  7. Menempatkan kompres hangat atau dingin atau waslap basah pada otot yang terkena dapat meredakan ketidaknyamanan. Demikian pula, pijatan lembut atau peregangan dapat membantu mengurangi kedutan lengan kiri.
  8. Jangan minum obat sembarangan tanpa mendapat rujukan medis. Jika kalian berpikir arti kedutan lengan kiri karena konsumsi obat tertentu maka hentikan pemakaiannnya dan konsultasikan pada dokter bila perlu.

Jangan ragu untuk menghubungi dokter jika kedutan lengan kiri berlangsung lebih dari dua minggu. Moms juga sebaiknya memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit, jika kedutan terjadi di lebih dari satu tempat secara bersamaan atau area yang mengalami kedutan menyebabkan lemah otot. Jika memang sangat mengganggu, dokter akan memberi beberapa pengobatan tergantung dari diagnosisnya.

  • https://www.webmd.com/brain/ss/slideshow-twitches-spasms-causes
  • https://serendipstudio.org/exchange/serendipupdate/why-my-arm-twitching-inquiry
  • https://www.medicinenet.com/when_should_i_worry_about_muscle_twitching/article.htm
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bawah-ketiak-sebelah-kiri-berdenyut2
  • https://www.sehatq.com/artikel/penyebab-kedutan-lengan-kiri
  • https://www.icliniq.com/qa/muscle-twitching/i-have-constant-twitches-in-my-upper-arm-could-it-be-an-early-sign-of-als
  • https://www.practo.com/consult/muscle-twitching-in-left-arm/t
  • https://www.healthgrades.com/right-care/bones-joints-and-muscles/twitches
  • https://www.verywellhealth.com/muscle-twitches-3972556
  • https://www.verywellhealth.com/muscle-twitches-3972556
  • https://regenexx.com/blog/why-is-my-arm-throbbing/#gref
  • https://www.avogel.co.uk/health/muscles-joints/muscle-pain/8-reasons-your-muscles-are-twitching/
  • https://journals.lww.com/acsm-csmr/Fulltext/2008/07001/Muscle_Cramps_during_Exercise_Is_It_Fatigue_or.9.aspx
  • https://www.alcohol.org/comorbid/myopathy/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1530-0277.2012.01902.x?systemMessage=Wiley%20Online%20Library%20usage%20report%20download%20page%20will%20be%20unavailable%20on%20Friday%2024th%20November%202017%20at%2021%3A
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait