Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
10 Mei 2019

Kenali Penyebab Keringat Berlebih Pada Balita

Bisa jadi gejala penyakit berbahaya lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berkeringat merupakan respons alami tubuh, yang disebabkan oleh kelenjar ekrin kulit. Seseorang bisa berkeringat karena adanya peningkatan suhu di lingkungan luar.

Dengan berkeringat dapat menjaga suhu tubuh dan menghilangkan panas yang dihasilkan dari dalam tubuh. Sehingga, ini wajar saja jika terjadi.

Namun, bagaimana dengan Si Kecil yang bisa berkeringat secara berlebihan? Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Livestrong.

Baca Juga: Mencegah Biang Keringat Pada Bayi Selama Musim Kemarau

Penyebab Bayi Berkeringat Berlebihan

bayikering1.jpg

Disfungsi endokrin adalah salah satu penyebab paling umum dari keringat berlebih atau hiperhidrosis. Kelembapan yang meningkat dan panas adalah beberapa penyebab lingkungan dari kondisi tersebut.

Bisa juga kondisi ini terjadi karena cacat bawaan, yang dikenal sebagai eccrine nevus. Ini merupakan suatu kondisi di mana kelenjar keringat terlalu aktif.

Beberapa bayi mungkin berkeringat dengan tidak normal karena infeksi kronis dan akut. Penyakit idiopatik (kelainan autoimun) seperti essential hyperhidrosis dan kerusakan saraf perifer bisa dikaitkan dengan penyebab keringat berlebihan.

Beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan keringat berlebihan pada bayi termasuk cacat bawaan atau kondisi genetik yang mendasarinya seperti diabetes dan hipertiroidisme.

Gejala lain termasuk dehidrasi, kelelahan, dan rasa haus yang meningkat seiring dengan keringat yang berlebihan, karena ini bisa menjadi tanda komplikasi kesehatan.

Kadang-kadang gejala ini bisa normal, tetapi lebih baik untuk memeriksakan Si Kecil ke dokter jika ada komplikasi.

Baca Juga: Keringat Bayi Beraroma Manis, 1 dari 8 Gejala Penyakit Genetik Urine Sirup Mapel

Bagaimana Pengobatannya?

bayikering2.jpg

Ada jenis pengobatan alami dan medis untuk mengatasi keringat berlebih pada bayi. Namun, pastikan penyebab keringat berlebih pada Si Kecil agar dapat membantu menentukan cara pengobatan.

Penting diingat, sebelum menggunakan pengobatan herbal, lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait