Kesehatan Umum

31 Agustus 2021

9+ Penyebab Lidah Kuning dan Cara Mengatasinya, Moms Wajib Tahu!

Konsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu penyebab lidah kuning dan pahit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms dan Dads, biasanya lidah kuning adalah kondisi yang tidak berbahaya yang menyebabkan lapisan tebal berwarna kekuningan di lidah. Lidah kuning cenderung terjadi ketika sel-sel kulit mati, bakteri, atau partikel perubahan warna terperangkap atau menumpuk di permukaan lidah.

Dilansir dari Mayo Clinic, paling sering, lidah kuning adalah tanda awal dari gangguan yang dikenal sebagai lidah berbulu hitam. Namun, jarang terjadi indikasi lidah kuning mungkin merupakan tanda penyakit kuning, menguningnya mata, dan kulit, yang terkadang menunjukakn masalah hati atau kantung empedu.

Tanda-tanda lidah kuning bervariasi tergantung penyebabnya. Dalam sebagian besar kasus, perawatan dasar di rumah, terutama kebersihan mulut yang baik, mengatasi kasus lidah kuning dalam hitungan hari hingga minggu atau tergantung kondisi medis yang diderita.

Penyebab Lidah Kuning

Lidah Kuning

Foto: freepik.com

Beberapa produk kebersihan mulut, seperti obat kumur, dan pasta gigi, mengandung bahan kimia atau partikel yang menyebabkan mulut kering, mengiritasi sel-sel kulit di lidah, atau membuat perubahan warna sehingga jadi penyebab lidah kuning. Berikut ini beberapa penyebab lidah kuning:

1. Penggunaan Tembakau

Moms dan Dads, produk tembakau mengandung senyawa dan racun yang dapat menghitamkan sel-sel kulit atau mengiritasinya. Selain itu, tembakau juga menyebabkan sel membesar, meningkatkan kemungkinan mereka menjebak partikel serta bakteri penyebab lidah kuning dan pahit.

Baca Juga: Mengapa Lidah Terasa Bengkak? Cari Tahu Penyebabnya!

2. Mulut Kering

Air liur secara alami membantu membersihkan bakteri dan partikel berlebih pada permukaan lidah. Dehidrasi mengurangi produksi air liur, sehingga bakteri juga partikel makanan tetap berada di dekat sel, meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Bernapas melalui mulut, terutama di malam hari, meningkatkan risiko mulut kering.

3. Lidah Berbulu Hitam

Lidah berbulu hitam adalah kondisi non-kanker yang cukup umum di mana bakteri atau jamur menyebabkan karpet seperti rambut yang membesar dan memanjang muncul di permukaan lidah. Meskipun lidah paling sering tampak hitam, mungkin juga berubah menjadi kuning, biru, atau hijau.

Kebanyakan orang hanya mencari pengobatan untuk kondisi tersebut karena penampilannya, meskipun yang lain mengalami mual, tersedak, bau mulut, sensasi terbakar di mulut yang juga penyebab lidah kuning dan pahit.

Baca Juga: Lidah Bayi Putih, Apa Artinya?

4. Makanan dengan Pewarna

Banyak makanan mengandung pewarna atau pewarna yang dapat membuat lidah menjadi kuning, atau lengket dan tetap menempel di lidah, sehingga mengubah warna permukaan dan menjadi penyebab lidah kuning.

5. Obat-obatan

Beberapa obat dan obat-obatan juga mengandung partikel pewarna, menyebabkan perubahan warna pigmen, atau melemahkan sistem kekebalan tubuh. Zat dan obat umum yang dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyebab lidah kuning dan pahit meliputi diabetes dan banyak obat manajemen diabetes, obat pengencer darah, antibiotik, lansoprazole (Prevacid), chlorhexidine (ditemukan dalam beberapa obat kumur desinfektan), garam besi, minosiklin, bismut subsalisilat. Obat kanker dan radiasi, obat antipsikotik

Bahkan, beberapa obat-obatan terlarang, seperti kokain, juga dapat menyebabkan lidah berubah warna.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Cara Mudah Mengatasi Lidah Terbakar

6. Sariawan Mulut

Pertumbuhan berlebih dari bakteri Candida dapat menyebabkan bercak putih atau penyebab sariawan di lidah yang akhirnya berkembang menjadi penyebab lidah kuning.

7. Lidah Geografis

Lidah geografis adalah kondisi non-kanker yang menyebabkan bercak merah atau putih di bagian atas dan samping lidah yang sering dikelilingi oleh batas kuning. Kondisi ini tidak diketahui penyebabnya tetapi terutama menyerang anak-anak antara usia 4 hingga 5 tahun. Bercak cenderung terjadi di mana sel-sel kulit hilang dan terkadang terasa nyeri.

8. Penyakit Kuning

Pada orang dengan penyakit kuning, bilirubin, bahan kimia yang dibuat oleh pemecahan sel darah merah, menumpuk secara tidak normal di jaringan. Terkadang, hanya bagian tubuh tertentu yang menguning, seperti bagian putih mata.

Di lain waktu, seluruh kulit mungkin tampak bercahaya atau rona kuning. Tidak seperti banyak penyebab lidah kuning, penyakit kuning memerlukan perhatian medis segera dan seringkali pengobatan karena mungkin merupakan tanda kondisi yang mengancam jiwa, seperti gagal hati.

Baca Juga: Sariawan Berkepanjangan: Benarkah Kanker Lidah?

9. Eksim dan Kondisi Autoimun

Beberapa kondisi autoimun seperti eksim melemahkan sistem kekebalan tubuh, memungkinkan bakteri yang tidak berbahaya tumbuh terlalu cepat di lidah. Dalam sebuah studi tahun 2017 dari Technology and Health Care: official Journal of the European Society for Engineering and Medicine, dari 35 orang dengan lapisan lidah kuning, 32 memiliki eksim akut atau parah.

Dalam studi yang sama, dari 122 pasien dengan lapisan lidah putih, hanya tiga yang mengalami eksim akut.

10. Kondisi Lambung dan Infeksi

Kondisi yang menyebabkan peradangan pada lapisan lambung telah diketahui menyebabkan lapisan lidah berwarna kuning. Beberapa penelitian yang diterbitkan oleh Hindawi, telah mengkonfirmasi bahwa lapisan lidah yang kuning dan menebal dikaitkan dengan kasus gastritis kronis atau peradangan pada lapisan lambung, terutama bila disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

Cara Mengatasi Lidah Kuning

Ilustrasi kebersihan mulut

Foto: Orami Photo Stock

Lidah kuning biasanya tidak menyebabkan komplikasi. Namun, kondisi yang menyebabkan penyakit kuning dapat menyebabkan masalah termasuk jaringan parut hati, gagal hati, bengkak di kaki dan perut, pembesaran limpa, pendarahan di saluran pencernaan, termasuk kanker hati. Lalu bagaimaan cara mengatasi lidah kuning?

1. Untuk mengobati lidah berbulu hitam

Cara mengatasi lidah kuning akibat berbulu hitam maka Moms atau Dads harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, termasuk setelah makan, bilas mulut dengan air beberapa kali sehari, jangan merokok.

2. Untuk Meningkatkan Kebersihan Mulut

Bila mengalami lidah kuning akibat kebersihan mulut, maka cara mengatasi lidah kuning dengan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berflouride dan sikat berbulu lembut, bersihkan gigi paling tidak sekali sehar, pertimbangkan untuk menggunakan obat kumur berfluoride setiap hari, Temui dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan dan pembersihan.

Tak lupa untuk melakukan batasan makanan manis, terutama makanan lengket seperti toffee dan permen karet sebagai cara mengatasi lidah kuning.

Baca Juga: Waspada Kanker Mulut, Ini Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Area Mulut

3. Untuk Mengobati Mulut Kering

Dokter akan meresepkan obat atau menyarankan untuk menggunakan obat kumur khusus untuk meningkatkan jumlah air liur di mulut. Jika obat menyebabkan mulut kering, maka tanyakan kembali ke dokter apakah Moms atau Dads dapat mengubah dosis atau beralih ke obat lain.

Selain itu cara mengatasi lidah kuning akibat mulut kering juga bisa dengan konsumsi air atau minuman bebas lainnya sepanjang hari, hindari kafein, tembakau dan alkohol yang dapat membuat mulut semakin kering, Kunyah permen karet tanpa gula untuk merangsang produksi air liur.

Jika Moms atau Dads bernapas melalui mulut di malam hari, nyalakan pelembab udara untuk menambah kelembapan udara di kamar tidur.

4. Untuk Mengobati Lidah Geografis

Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas atau gunakan obat kumur dengan obat bius untuk menghilangkan rasa sakit.

Dokter mungkin juga meresepkan salep atau obat kumur kortikosteroid untuk mengobati ketidaknyamanan akibat kondisi tersebut.

5. Untuk Mengobati Penyakit Kuning

Jika infeksi seperti hepatitis menyebabkan penyakit kuning, dokter mungkin memberi obat untuk mengobatinya.

Untuk penyakit kuning yang disebabkan oleh kelainan darah seperti anemia sel sabit, transfusi darah atau obat khelasi yang mengikat zat besi mungkin menjadi bagian dari perawatan Anda.

Hindari atau kurangi jumlah alkohol yang minum untuk melindungi hati dari kerusakan lebih lanjut. Untuk penyakit hati yang parah, transplantasi hati dapat menjadi pilihan.

6. Untuk Berhenti Merokok

Mintalah saran dokter tentang cara berhenti. Bisa juga dapat mencoba produk pengganti nikotin, seperti patch, permen, permen karet, atau semprotan hidung. Produk-produk ini membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti varenicline (Chantix) atau bupropion (Zyban) untuk meredakan gejala putus nikotin.

Dalam beberapa kasus menurut Medical News Today,terutama jika disertai dengan gejala yang nyata, lidah kuning bisa menjadi tanda komplikasi kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit kuning.

Moms dan Dads harus segera menemui paramedic untuk lidah kuning jika gejala penyakit kuning, termasuk menguningnya kulit dan bagian putih mata, memar, demam, muntah, mual, demam, diare berdarah, dan sakit perut

Kekhawatiran atas munculnya perubahan warna lidah atau perubahan lidah lainnya, warna tidak hilang dengan penyesuaian gaya hidup dasar, pengobatan rumahan, atau bertahan lebih dari 2 minggu

Rasa sakit, gejala yang menjadi lebih buruk tanpa alasan yang jelas sel-sel kulit yang sangat tebal dan menonjol di lidah (papil) yang terlihat seperti lapisan bulu. Jadi, tetaplah waspada jika mengalami lidah kuning.

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320022#when-should-people-see-a-doctor
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28582901/ - Technology Health Care
  • https://www.hindawi.com/journals/ecam/2015/804085/
  • https://www.mayoclinic.org/symptoms/yellow-tongue/basics/causes/sym-20050595
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21072-yellow-tongue
  • https://granddental.com.au/yellow-tongue-should-i-be-worried/
  • https://www.healthline.com/health/yellow-tongue#prevention
  • https://www.mayoclinic.org/symptoms/yellow-tongue/basics/causes/sym-20050595
  • https://www.drugs.com/mcs/yellow-tongue
  • https://www.belmarrahealth.com/yellow-tongue-causes-treatment-and-home-remedies/
  • https://www.medicoverhospitals.in/symptoms/yellow-tongue
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait