Pernikahan & Seks

PERNIKAHAN & SEKS
12 Februari 2021

22 Penyebab Mandul Pria, Jangan Diabaikan!

Penyebab mandul pria paling umum diantaranya adalah usia hingga obesitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Pria juga dapat berkontribusi pada infertilitas pada pasangan.

Faktanya, pria ditemukan sebagai satu-satunya penyebab atau penyebab masalah infertilitas pada pasangan di sekitar 40% kasus menurutEunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development.

Untuk mengandung seorang anak, sperma laki-laki harus bergabung dengan sel telur perempuan.

Testis membuat dan menyimpan sperma, yang diejakulasikan oleh penis untuk mengirimkan sperma ke saluran reproduksi wanita selama berhubungan seksual.

Penyebab mandul pria yang paling umum adalah masalah yang memengaruhi cara kerja testis.

Masalah lain penyebab mandul pria adalah ketidakseimbangan hormon atau penyumbatan atau ketiadaan beberapa saluran di organ reproduksi pria.

Faktor gaya hidup dan faktor terkait usia juga berperan sebagai penyebab mandul pria.

Penyebab Mandul Pria

Dilansir dari Mayo Clinic, hampir 1 dari 7 pasangan tidak subur, yang berarti mereka belum bisa hamil meskipun mereka sudah sering melakukan hubungan seksual tanpa pelindung selama setahun atau lebih.

Pada hampir setengah dari pasangan ini, ketidaksuburan pria setidaknya berperan sebagian. Lalu, apa penyebab mandul pria?

1. Gangguan Sperma

Penyebab mandul pria, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Masalah paling umum penyebab mandul pria adalah membuat dan menumbuhkan sperma.

Sperma dapat tidak tumbuh sepenuhnya, berbentuk aneh, tidak bergerak kea rah yang benar, dibuat dalam jumlah yang sangat rendah (oligospermia) dan tidak dibuat sama sekali (azoospermia).

Masalah sperma bisa berasal dari sifat Dads sejak lahir. Pilihan gaya hidup dapat menurunkan jumlah sperma.

Penyebab mandul pria lainnya adalah dari jumlah sperma yang rendah termasuk penyakit jangka panjang (seperti gagal ginjal), infeksi masa kanak-kanak (seperti gondongan), dan masalah kromosom atau hormon (seperti testosteron rendah).

Kerusakan sistem reproduksi dapat menyebabkan sperma rendah atau tidak ada sama sekali.

Sekitar 4 dari setiap 10 pria dengan total sperma kekurangan (azoospermia) mengalami penyumbatan (penyumbatan) di dalam saluran yang dilalui sperma.

Cacat lahir atau masalah seperti infeksi dapat menyebabkan penyumbatan.

2. Umur

Penyebab mandul pria selanjutnya adalah usia pria. Anggapan bahwa pria bisa bereproduksi hingga usia lanjut sama sekali tidak benar.

Jurnal yang dikeluarkan oleh Public Library of Science mengungkap setelah usia 35, potensi reproduksi pria menurun tajam, karena DNA dalam nukleus terpecah.

Setelah usia 40 tahun, kemungkinan laki-laki menjadi ayah dari anak tanpa mutasi genetik menurun 11 persen setiap tahun.

Anak-anak dengan ayah yang berusia lebih dari 50 tahun secara signifikan lebih mungkin menderita dari kondisi termasuk Down Syndrome, Neurofibromatosis, Autism, dan Kleinfelter Syndrome.

3. Varicoceles

Penyebab mandul pria, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Varicoceles adalah pembengkakan pembuluh darah di skrotum. Mereka ditemukan di 16 dari 100 dari semua pria. Mereka lebih sering terjadi pada pria tidak subur (40 dari 100).

Mereka merusak pertumbuhan sperma dengan menghalangi drainase darah yang tepat.

Mungkin varikokel menyebabkan darah mengalir kembali ke skrotum dari perut Dads. Testis menjadi terlalu hangat untuk menghasilkan sperma. Ini bisa menyebabkan jumlah sperma rendah serta penyebab mandul pria.

Baca Juga: Sering Mengonsumsi Ibuprofen Bisa Membuat Pria Mandul?

4. Ejakulasi Retrograde

Ejakulasi retrograde adalah ketika air mani masuk ke dalam tubuh. Mereka masuk ke kandung kemih Dads, bukan keluar penis.

Ini terjadi ketika saraf dan otot di kandung kemih tidak menutup saat orgasme (klimaks).

Air mani mungkin memiliki sperma yang normal, tetapi air mani tidak dikeluarkan dari penis, sehingga tidak dapat mencapai vagina.

Ejakulasi retrograde dapat disebabkan oleh pembedahan, pengobatan, atau masalah kesehatan sistem saraf.

Tanda-tandanya adalah urine keruh setelah ejakulasi dan lebih sedikit cairan atau ejakulasi "kering".

5. Infertilitas Imunologis

ketidaksuburan pria

Foto: Orami Photo Stock

Terkadang tubuh pria membuat antibodi yang menyerang spermanya sendiri.

Antibodi paling sering dibuat karena cedera, pembedahan, atau infeksi. Mereka mencegah sperma bergerak dan bekerja secara normal.

Belum diketahui persis bagaimana antibodi menurunkan kesuburan.

Namun, diketahui mereka dapat mempersulit sperma untuk berenang ke tuba falopi dan memasuki sel telur. Ini bukan penyebab mandul pria secara umum.

6. Infeksi

Beberapa infeksi dapat mengganggu produksi sperma atau kesehatan sperma atau dapat menyebabkan jaringan parut yang menghalangi jalannya sperma.

Ini termasuk peradangan pada epididimis (epididimitis) atau testis (orkitis) dan beberapa infeksi menular seksual, termasuk gonore atau HIV.

Meskipun beberapa infeksi dapat menyebabkan kerusakan testis permanen, seringkali sperma masih dapat diambil.

Baca Juga: 7 Mitos Seputar Infertilitas

7. Antibodi yang Menyerang Sperma

penyebab pria tidak subur

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab mandul pria selanjutnya adalah antibodi anti-sperma yaitu sel sistem kekebalan yang secara keliru mengidentifikasi sperma sebagai penyerang berbahaya dan berusaha menghilangkannya.

8. Tumor

Kanker dan tumor non-ganas dapat memengaruhi organ reproduksi pria secara langsung, melalui kelenjar yang melepaskan hormon yang berhubungan dengan reproduksi, seperti kelenjar pituitari, atau melalui penyebab yang tidak diketahui.

Dalam beberapa kasus, pembedahan, radiasi, atau kemoterapi untuk mengobati tumor dapat memengaruhi kesuburan pria atau menjadi penyebab mandul pria.

9. Testis Tidak Turun

testis tidak turun

Foto: Orami Photo Stock

Pada beberapa pria, selama perkembangan janin, satu atau kedua testis gagal turun dari perut ke dalam kantung yang biasanya berisi testis (skrotum).

Penurunan kesuburan lebih mungkin terjadi pada pria yang pernah mengalami kondisi ini.

10. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab mandul pria juga dapat disebabkan oleh kelainan pada testis itu sendiri atau kelainan yang memengaruhi sistem hormonal lain termasuk hipotalamus, hipofisis, tiroid, dan kelenjar adrenal.

Testosteron rendah (hipogonadisme pria) dan masalah hormonal lainnya memiliki sejumlah kemungkinan penyebab.

Baca Juga: 9 Tanda Pria Mandul, Segera Cek Yuk Dads!

11. Cacat Tubulus yang Mengangkut Sperma

ketidaksuburan pria

Foto: Orami Photo Stock

Banyak tabung berbeda membawa sperma. Mereka dapat diblokir karena berbagai penyebab, termasuk cedera yang tidak disengaja akibat operasi, infeksi sebelumnya, trauma, atau perkembangan abnormal, seperti fibrosis kistik atau kondisi bawaan serupa.

Penyumbatan dapat terjadi di semua tingkat, termasuk di dalam testis, di saluran yang mengalirkan testis, di epididimis, di vas deferens, di dekat saluran ejakulasi atau di uretra.

12. Cacat Kromosom

Gangguan bawaan seperti sindrom Klinefelter yaitu di mana seorang laki-laki dilahirkan dengan dua kromosom X dan satu kromosom Y (bukan satu X dan satu Y) menyebabkan perkembangan abnormal pada organ reproduksi laki-laki.

Sindrom genetik lain yang terkait dengan infertilitas termasuk fibrosis kistik dan sindrom Kallmann.

13. Masalah dengan Hubungan Seksual

Penyebab mandul pria, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab mandul pria ini dapat termasuk kesulitan menjaga atau mempertahankan ereksi yang cukup untuk seks (disfungsi ereksi), ejakulasi dini, hubungan yang menyakitkan, kelainan anatomi seperti memiliki lubang uretra di bawah penis (hipospadia), atau masalah psikologis atau hubungan yang mengganggu seks.

14. Penyakit Celiac

Penyakit celiac adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kepekaan terhadap protein yang ditemukan dalam gandum yang disebut gluten.

Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab mandul pria. Kesuburan dapat meningkat setelah menjalankan diet bebas gluten.

15. Obat-obatan Tertentu

obat-obatan penyebab pria mandul

Foto: Orami Photo Stock

Terapi penggantian testosteron, penggunaan steroid anabolik jangka panjang, obat kanker (kemoterapi), beberapa obat maag, beberapa obat arthritis dan obat tertentu lainnya dapat mengganggu produksi sperma dan menurunkan kesuburan pria.

Baca Juga: Penyakit Celiac Bisa Sebabkan Kebotakan? Begini Penjelasannya

16. Operasi

Operasi tertentu dapat mencegah sperma Dads saat ejakulasi, termasuk vasektomi, operasi skrotum atau testis, operasi prostat, dan operasi perut besar yang dilakukan untuk kanker testis dan rektal, antara lain.

17. Bahan Kimia Industri

Penyebab mandul pria, Foto : Orami Photo Stock

Paparan yang lama terhadap bahan kimia tertentu, pestisida, herbisida, pelarut organik, dan bahan pengecatan dapat mengakibatkan jumlah sperma rendah, sehingga menjadi penyebab mandul pria.

18. Eksposur Logam Berat

Paparan timbal atau logam berat lainnya juga dapat menjadi penyebab mandul pria.

19. Radiasi

radiasi bisa menyebabkan ketidaksuburan

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun terdapat perdebatan yang signifikan dalam literatur ilmiah tentang dampak iradiasi ponsel pada penyebab mandul pria dan hanya satu studi meta yang menyajikan data signifikan tentang efeknya yaitu Jurnal Andrology.

Tapi sangat disarankan agar pria tidak meletakkan ponsel dekat dengan skrotum dan testis untuk mengurangi risiko.

Penyebab paparan radiasi yang kurang dapat dihindari adalah pengobatan kanker seperti kemoterapi.

Dalam hal ini, protokol pelestarian kesuburan mencakup pembekuan sperma dan metode lanjutan lainnya seperti biopsi testis atau ekstraksi dan pembekuan sel induk spermatogonial.

20. Testis Terlalu Panas

Suhu yang tinggi dapat mengganggu produksi dan fungsi sperma.

Meskipun penelitian terbatas dan tidak meyakinkan, seringnya penggunaan sauna atau bak air panas dapat mengganggu jumlah sperma untuk sementara.

Duduk dalam waktu lama, mengenakan pakaian ketat atau bekerja di depan komputer laptop untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan suhu di skrotum Dads dan mungkin sedikit mengurangi produksi sperma. Tapi, penelitiannya tidak meyakinkan.

Baca Juga: 6 Makanan yang Dapat Mencegah Kemandulan

21. Obesitas

Penyebab mandul pria, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Indeks berat badan di atas 30 dapat berdampak pada kualitas sperma, karena timbunan lemak dapat membebani dan mempengaruhi metabolisme androgen (hormon yang berperan dalam sifat laki-laki dan aktivitas reproduksi), terutama testosteron.

Hal ini menyebabkan perubahan signifikan dalam perkembangan sperma dan DNA sperma di dalam nukleus.

22. Merokok dan Zat Adiktif

Zat yang dihirup dan zat adiktif memiliki efek negatif yang signifikan pada sperma karena reseptor nikotin dan kanabinoid di jaringan testis.

Nikotin menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh yang disebut stres oksidatif; ini mempengaruhi kualitas sperma dan potensi pembuahan. Kokain juga merusak perkembangan dan motilitas sperma.

Berhenti merokok dan penggunaan narkoba menyebabkan pembalikan sebagian besar kerusakan sperma hanya setelah beberapa bulan penghentian.

Baca Juga: Kaitan Hernia dan Disfungsi Seksual, Benarkah Memicu Kemandulan pada Pria?

Jika Dads serta Moms telah mencoba kehamilan selama 12 bulan tanpa hasil, hal terbaik yang dapat kalian lakukan adalah mengunjungi dokter atau klinik keluarga berencana.

Mandul adalah masalah pasangan. Meskipun satu pasangan memiliki anak dari hubungan lain, kedua pasangan harus menjalani tes. Infertilitas dapat menjadi tanda bahwa memiliki masalah kesehatan lain (mungkin tidak terdiagnosis), jadi harus memeriksakannya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait