Kesehatan

21 September 2021

10+ Penyebab Susah Tidur, Salah Satunya Pola Makan

Untuk menyembuhkannya, Moms perlu tahu dulu apa penyebab susah tidur yang Moms alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Susah tidur mungkin menjadi salah satu hal yang paling umum terjadi pada sebagian besar orang. Moms juga tentu pernah mengalaminya bukan? Penyebab susah tidur bisa bermacam-macam.

Namun, jika susah tidur terjadi hampir setiap hari, hal itu bukan hanya sekedar menyebalkan tapi juga membahayakan. Aktivitas bisa terganggu dan mungkin pekerjaan jadi berantakan.

Jika susah tidur sudah mengganggu aktivitas harian, Moms perlu mengetahui penyebab susah tidur untuk segera di atasi. Jangan dibiarkan berlarut dan malah menyusahkan Moms dan keluarga ya!

“Tidur diperlukan agar kita berfungsi dengan sebaik-baiknya, dan jika kita tidak mendapatkan kuantitas dan kualitas tidur yang memadai, kinerja dan fungsi kita pun tidak akan memuaskan," ungkap William Kohler, Direktur Medis dari Florida Sleep Institute.

"Suasana hati menjadi lebih tertekan, konsentrasi menurun, dan dalam jangka panjang akan ada pengaruh dalam kesehatan kita,” tambahnya.

Jadi sebenarnya, apa saja penyebab susah tidur?

Baca Juga: Insomnia? Berikut 13 Cara Cepat Tidur yang Bisa Dicoba

Berbagai Macam Penyebab Susah Tidur

Sebelum memutuskan untuk minum obat tidur, Moms perlu mengetahui penyebab susah tidur yang selama ini dialami. Jangan sampai ketergantungan obat dan menyulitkan di waktu mendatang.

Berikut berbagai macam penyebab susah tidur yang serting terjadi.

1. Terlalu Banyak Stimulasi Sebelum Tidur

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Alasan penyebab susah tidur yang pertama adalah Moms masih menstimulasi otak di waktu istirahat.

Seperti dikutip dari Alaska Sleep Clinic, otak menciptakan hormon yang disebut melatonin yang mengatur siklus tidur dan bangun seseorang.

Jika kita terlalu banyak melakukan stimulasi yang berhubungan dengan cahaya, seperti menonton televisi atau bermain handphone sebelum tidur, hal itu dapat memengaruhi produksi melatonin dan menipu otak untuk berpikir bahwa tubuh tidak siap untuk tidur.

Maka dari itu jauhi segala jenis kegiatan yang menstimulasi otak sesaat sebelum tidur.

Jika Moms sering bermain handphone sebelum tidur, coba untuk menguranginya dan lihat apakah ada perubahan dengan siklus tidur Moms.

2. Gaya Hidup Tidak Sehat

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dan sering merokok juga dapat menjadi penyebab susah tidur.

"Kafein adalah stimulan dan karenanya menghambat tidur," kata David C. Brodner, MD, direktur medis dari Center for Sleep, Allergy, dan Sinus Wellness di Boynton Beach, USA.

Kandungan kafein akan tetap di dalam tubuh untuk jangka waktu yang relatif lama, kurang lebih 6 jam untuk menghilangkan hanya setengah dari kafein yang dikonsumsi.

Jumlah konsumsi kafein yang normal adalah sekitar 250 miligram per hari, atau setara dengan tiga cangkir kopi.

Jika seseorang mengonsumsi lebih dari takaran normal tersebut, maka tubuh akan sulit untuk rileks, karena kerja jantung yang cepat efek dari kafein tersebut.

Nikotin juga merupakan stimulan, dan memiliki efek samping yang mirip dengan kafein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa perokok lebih sulit untuk tidur nyenyak dibandingkan yang bukan perokok. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan gangguan tidur lainnya.

Tak hanya itu, studi dari The American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa orang yang minum lebih dari 6 cangkir kopi sehari berisiko lebih tinggi alami penyakit kardiovaskular sebanyak 22 persen.

Jadi, Moms sebaiknya hati-hati dengan konsumsi kopi secara berlebihan dan di waktu yang salah, ya!

Baca Juga: Cari Tahu 5 Manfaat Kafein untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

3. Faktor Lingkungan

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab susah tidur adalah faktor lingkungan tempat kita tidur. Faktor lingkungan dapat berupa gangguan kebisingan atau kamar tidur yang tidak nyaman.

Jika rumah kita berada di pinggir jalan raya yang selalu aktif, akan ada kemungkinan kita menjadi susah tidur karena terlalu bising dengan suara mobil atau motor yang lewat.

Sebagian orang memang memiliki kesensitifan terhadap suara, dan bagi mereka hal seperti itu sangat mengganggu.

Selain itu kondisi kamar yang panas, pengap, atau justru sebaliknya, juga bisa membuat seseorang tidak nyaman dan membuatnya menjadi susah tidur.

4. Stres, Khawatir, Depresi

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Jika seseorang memiliki kondisi kekhawatiran yang berlebih, mereka tidak bisa tidur karena otak mereka terus bekerja, dan ini bisa menjadi penyebab susah tidur.

Sedangkan jika seseorang kurang tidur hal itu dapat menyebabkan stres lebih lanjut.

Menurut survei National Sleep Foundation, 43 persen orang berusia 13-64 tahun melaporkan terbangun di malam hari karena stres setidaknya sekali dalam sebulan terakhir.

Baca Juga: Gangguan Tidur karena Stres, Apa Penyebabnya?

5. Jadwal Kerja Tidak Teratur

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa profesi pekerjaan yang memiliki jam kerja tidak teratur, sebut saja seperti pilot, pramugari, pekerja hotel atau bangunan yang memiliki kerja shifting, dan beberapa pekerjaan lainnya.

Ketidakteraturan jam kerja dapat menjadi penyebab susah tidur atau insomnia, karena tubuh menjadi tidak memiliki jam tidur yang jelas.

Data baru dari survei terbaru tentang pramugari yang bekerja untuk maskapai Irlandia Aer Lingus mengungkapkan bahwa sebanyak sepertiga dari awak melaporkan menggunakan beberapa jenis obat tidur setidaknya sekali seminggu untuk membantu mereka tertidur dengan lelap.

6. Gangguan Tidur Seperti Insomnia atau Sleep Apnea

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab susah tidur lainnya adalah Moms mengalami gangguan insomnia atau sleep apnea.

Insomnia adalah gangguan tidur yang biasanya meliputi susah untuk tertidur, sering terbangun di malam hari dan kesulitan tidur kembali, bangun tidur terlalu pagi, sering merasa lelah saat bangun tidur.

Sedangkan sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius di mana pernapasan berulang kali berhenti saat tertidur.

Jika Moms mendengkur keras dan merasa lelah bahkan setelah tidur semalaman, Moms mungkin menderita sleep apnea.

7. Tidur Siang

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Tidur siang tidak selalu buruk. Tak bisa dipungkiri bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Namun, tidur siang yang salah bisa membuat Moms jadi kesulitan tidur di malam hari dan menjadi penyebab susah tidur.

Sebuah jurnal yang berjudul Nature and Science of Sleep menunjukan bahwa tidur siang yang terlalu lama atau terlalu sore bisa membuat kesulitan tidur, tidur malam tak berkualitas atau terbangun di tengah malam.

Sangat direkomendasikan untuk tidur siang selama 20 hingga 30 menit saja.

Moms juga perlu tidur siang di waktu yang sama setiap hari hingga tubuh merasa terbiasa dengan pola tersebut.

Baca Juga: Simak Manfaat Tidur Siang untuk Tubuh, Bukan Hanya Menghilangkan Lelah!

8. Pola Makan

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata ada hubungan antara pola makan dan juga kualitas tidur nih, Moms.

Dalam studi yang berjudul Effects of Diet on Sleep Quality menunjukkan bahwa produk susu, ikan, buah, dan sayuran bisa mempermudah untuk tidur.

Sedangkan, asupan karbohidrat yang tinggi dikaitkan dengan waktu tidur yang kurang nyenyak dan jangka waktu tidur yang lebih pendek.

Makan sebelum tidur juga bisa membuat Moms merasa sulit untuk tidur.

Makan camilan ringan sebelum tidur memang bukanlah masalah, tetapi ketika Moms makan terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan tubuh merasa tidak nyaman secara fisik saat berbaring.

Moms mungkin juga akan mengalami mulas, asam lambung makanan dari lambung ke kerongkongan setelah makan, yang akhirnya membuat sulit tidur.

9. Pengaruh Obat-obatan

minum obat

Foto: Orami Photo Stock

Tanpa disadari banyak obat yang dapat mengganggu tidur, seperti antidepresan tertentu dan obat untuk asma atau tekanan darah.

Banyak juga obat yang dijual bebas seperti beberapa obat penghilang rasa sakit, alergi dan obat flu, dan produk penurun berat badan mengandung kafein dan stimulan lain yang dapat mengganggu tidur.

Baca Juga: Mitos Tidak Bisa Tidur di Malam Hari dan Cara Mengatasinya Menurut Islam

10. Kondisi Medis

penyebab susah tidur

Foto: Orami Photo Stock

Bila sudah masuk ke tahap insomnia kronis, ada beberapa kondisi medis yang dapat menjadi penyebab susah tidur.

Contoh kondisi yang terkait dengan insomnia termasuk nyeri kronis, kanker, diabetes, penyakit jantung, asma, tiroid yang terlalu aktif, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

Selain beberapa hal di atas, ada lagi beberapa penyebab lain yaitu kafein, nikotin, dan alkohol. Kopi, teh, cola, dan minuman berkafein lainnya adalah stimulan.

Meminumnya di sore atau malam hari bisa membuat Moms tidak tertidur di malam hari.

11. Perubahan Aktivitas

perubahan aktivitas

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin kurang aktif secara fisik atau sosial. Dengan Moms kekurangan aktivitas, maka hal ini dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak.

Selain itu, semakin kurang aktif seseorang, semakin besar pula kemungkinan untuk tidur siang setiap hari, yang dapat mengganggu tidur di malam hari.

Baca Juga: 6 Tips Agar Tidur Bayi Lebih Nyenyak dan Berkualitas

12. Perubahan Kesehatan

gangguan tidur karena stres-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Nyeri kronis dari kondisi seperti radang sendi atau masalah punggung serta depresi atau kecemasan dapat mengganggu tidur.

Masalah yang meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari seperti masalah prostat atau kandung kemih juga dapat mengganggu tidur.

Moms mungkin mengalami perubahan kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas sehingga mengalami masalah susah tidur.

Nah ada beberapa cara yang bisa membuat Moms tertidur lebih cepat. Cara pertama, Moms bisa membuat ruangan menjadi dingin menggunakan air conditioner. Tidurlah dengan suhu 15-19 derajat Celcius.

Dilansir dari jurnal Frontiers in Neuroscience, suhu yang lebih dingin membuat Moms tidur lebih mudah.

Cara yang kedua adalah tidak bermain telepon genggam atau menonton TV sesaat sebelum tidur. Seperti yang tadi dibahas, hal tersebut bisa menjadi stimulasi otak agar terus bekerja.

Jika Moms merasa lingkungan terlalu berisik, gunakanlah earplugs agar tidur jadi lebih berkualitas. Moms juga bisa mulai melakukan aktivitas yang mebuat relaks seperti membaca, menulis jurnal atau meditasi.

Itu dia Moms, ragam penyebab susah tidur, terutama jika Moms merasa mata mengantuk tapi tidak bisa tidur.

Penyebab susah tidur memang banyak, mulai dari yang ringan hingga membutuhkan perawatan medis. Jangan sampai gangguan yang Moms rasakan saat ini dapat menjadi kondisi gangguan tidur berat ya.

Silakan konsultasikan ke dokter apabila gangguan tidur yang Moms alami sudah parah. Selamat beristirahat.

  • https://www.alaskasleep.com/blog/why-i-cant-sleep-6-common-reasons-and-fixes-to-help-you-sleep-thru-the-night
  • https://academic.oup.com/ajcn/article/109/3/509/5369955?login=true
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6491889/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322994
  • https://academic.oup.com/advances/article/7/5/938/4616727
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6491889/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait