Kesehatan

28 April 2021

Ketahui Kondisi Penyebab Tangan Gemetar dan Cara Mengatasinya

Tingkat keparahan tergantung dari faktor yang memicunya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Dalam satu kesempatan, Moms mungkin pernah mengalami kondisi tangan yang bergetar, atau tremor. Ada banyak hal yang menjadi penyebab tangan gemetar.

Mengutip Medicine Net, tremor biasanya disebabkan oleh masalah dengan area otak yang mengontrol gerakan.

Penyebabnya bisa karena masalah neurologis, atau oleh masalah metabolisme dan racun (seperti alkohol) yang memengaruhi otak dan sistem saraf.

Biasanya, tangan yang alami tremor ringan bukan kondisi yang serius. Tetapi, tergantung pada tingkat tremor ringan atau berat, serta penyebab yang mendasarinya, tangan gemetar mungkin jadi pertanda adanya kondisi kronis.

Baca Juga: Ramai Kasus George Floyd, Ini 4 Cara Mengajari Anak Agar Tak Rasis

Penyebab Tangan Gemetar

Banyak orang yang menghubungkan tangan yang mengalami tremor dengan penyakit Parkinson. Tetapi, perlu dicari tahu lebih lanjut tentang apa yang jadi penyebab tangan gemetar.

Mengutip Cleveland Clinic, penyebab paling umum dari tangan yang gemetar sebenarnya adalah tremor esensial (essential tremor).

Tremor esensial ini paling umum memengaruhi orang dewasa, tetapi tidak dipahami dengan baik.

Diperkirakan disebabkan oleh gangguan pada fungsi di beberapa bagian sistem saraf pusat, seperti otak kecil.

Selain itu, ada juga kondisi lain yang bisa menjadi penyebab tangan mengalami tremor. Berikut ini beberapanya:

1. Kejang-kejang

penyebab tangan gemetar-1

Foto: Orami Photo Stock

Kejang-kejang bisa menjadi salah satu penyebab tangan gemetar. Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan perilaku, gerakan atau perasaan, dan tingkat kesadaran.

Mengutip Mayo Clinic, ada banyak jenis kejang dengan tingkat keparahan yang berbeda.

Kebanyakan kejang berlangsung dari 30 detik hingga dua menit. Kejang yang berlangsung lebih dari lima menit termasuk dalam darurat medis.

Baca Juga: Selain Epilepsi, 3 Hal Ini Juga Bisa Jadi Penyebab Kejang Pada Anak

2. Penyakit Huntington

penyebab tangan gemetar-2

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit Huntington dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk masalah dengan kesehatan mental, perilaku, gerakan dan komunikasi. Kondisi ini juga menyebabkan tangan gemetar.

Menurut National Health Service, gejala penyakit Huntington biasanya mulai pada usia 30 hingga 50 tahun, tetapi dapat mulai lebih awal. Ketika mulai muncul gejala, biasanya akan bertambah secara bertahap, meliputi:

  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Penyimpangan memori
  • Depresi, termasuk suasana hati yang murung, kurang minat terhadap sesuatu, dan perasaan putus asa
  • Kerap tersandung dan kikuk
  • Perubahan suasana hati, seperti lekas marah atau perilaku agresif

3. Efek Samping Obat

penyebab tangan gemetar-3

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Healthline, konsumsi obat tertentu seperti obat psikiatris, anti epilepsi, anti asma, dan imunosupresan bisa jadi penyebab tangan gemetar. Meskipun sebagian besar tremor dirasakan di tangan, tetapi juga dapat terjadi di:

  • Lengan
  • Kepala
  • Wajah
  • Pita suara
  • Kaki

Tremor yang disebabkan oleh obat dapat menyebabkan kepala mengangguk tak terkendali.

Kondisi ini mungkin tidak terjadi sepanjang waktu, tetapi kemungkinan besar akan terjadi dalam satu jam pertama setelah minum obat.

Baca Juga: Mengenal Jenis Tremor pada Anak. Moms Perlu Tahu!

4. Overdosis Kafein

penyebab tangan gemetar-4

Foto: Orami Photo Stock

Untuk Moms atau Dads yang gemar mengonsumsi kopi atau minuman berenergi, nampaknya perlu mengurangi porsi untuk mencegah overdosis kafein. Overdosis kafein bisa menyebabkan tangan yang gemetar.

Dalam British Medical Journal, gejala lain dari keracunan kafein termasuk sakit kepala, demam, mual, muntah, takikardia, pusing, tinitus, kecemasan, lekas marah, insomnia dan kejang.

5. Gula Darah Rendah

penyebab tangan gemetar-5

Foto: Orami Photo Stock

Gula darah rendah, atau hipoglikemia, adalah kondisi lain yang bisa menyebabkan tangan mengalami tremor atau gemetar.

Dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, jika hipoglikemia tidak segera diperbaiki, maka akan cepat memburuk karena otak kekurangan glukosa.

Dalam kasus hipoglikemia yang parah, seseorang bahkan mungkin kehilangan kesadaran, kejang, atau koma.

Baca Juga: 6 Pertolongan Pertama Kejang Demam pada Anak yang Bisa Moms Berikan

Cara Mengatasi Tangan Gemetar

Cara Mengatasi Tangan Gemetar

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip National Health Service, tangan gemetar yang dapat dikatakan masih dalam batas wajar/normal, jika terjadi karena seiring bertambahnya usia, tangan gemetar akibat sedang stres, lelah, cemas atau marah, setelah minum kafein (misalnya, dalam teh, kopi, cola atau merokok), saat cuaca sangat panas atau dingin, dan adanya pengaruh obat tertentu yang menyebabkan tremor.

Di luar dari beberapa kondisi di atas, Moms mungkin perlu waspada jika mengalami tangan gemetar. Moms bisa saja membutuhkan perawatan medis sehingga tangan gemetar yang dialami dapat teratasi.

Menurut National Tremor Foundation yang dikutip dari Healthline, berikut obat-obatan yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi tangan gemetar.

  • Propranolol (Inderal)
  • Primidon (Mysoline)
  • Propranolol, beta-blocker yang dirancang untuk mengobati aritmia, detak jantung cepat, dan hipertensi, sedangkan primidone adalah obat antiseizure

Baca Juga: Mengenal Jenis Tremor pada Anak. Moms Perlu Tahu!

Jika ini tidak berhasil untuk mengatasi tangan gemetar yang Moms alami, dokter mungkin akan merekomendasikan obat lain. Perawatan lain yang dimaksud, antara lain:

  • Obat beta-blocker lainnya

Metoprolol (Lopressor) dan atenolol (Tenormin) juga beta-blocker yang dapat digunakan untuk mengobati tremor esensial. Dokter mungkin meresepkan salah satu obat ini jika obat lain tidak membantu tremor, tetapi mungkin tidak bekerja sebaik propranolol.

  • Obat antiseizure lainnya

Gabapentin (Neurontin) dan topiramate (Topamax) adalah obat lain yang terutama digunakan untuk mengobati kondisi neurologis atau kejiwaan, seperti kejang atau nyeri neuropatik. Mereka mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan tremor esensial.

  • Obat anti cemas

Alprazolam (Xanax) digunakan untuk mengobati kecemasan dan gangguan panik, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin pengobatan yang efektif untuk tremor esensial. Obat ini harus diminum dengan sangat hati-hati karena diketahui dapat membentuk kebiasaan.

  • Botoks

Toksin botulinum tipe A (Botox) menjanjikan sebagai pengobatan untuk tremor esensial di tangan. Obat ini dapat menyebabkan kelemahan otot yang signifikan saat disuntikkan, jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang potensi risiko dan manfaatnya.

Manfaat suntikan yang berhasil dari salah satu jenis obat di atas bisa bertahan hingga 3 bulan untuk mengatasi tangan gemetar. Namun perlu Moms ketahui bahwa, suntikan selanjutnya mungkin diperlukan untuk mencegah kambuh.

Terapi untuk Mengatasi Tangan Gemetar

terapi-tangan-gemetar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain dengan konsumsi obat-obatan tertentu, tangan gemetar yang Moms alami mungkin bisa diatasi melalui terapi yang melibatkan perubahan gaya hidup.

Dokter akan merekomendasikan satu atau lebih perubahan gaya hidup sebagai cara untuk membantu meringankan gejala tremor esensial, yaitu:

  • Gunakan benda yang lebih berat. Moms mungkin perlu mengganti beberapa benda yang ringan atau halus, seperti kacamata, peralatan makan dari perak, atau piring, dengan versi yang lebih berat. Berat ekstra pada benda-benda bisa membuat barang lebih mudah diangkat atau dipindahkan dengan tangan gemetar (tremor).
  • Gunakan perkakas yang dirancang khusus. Menggenggam dan mengontrol pulpen, pensil, peralatan berkebun, dan peralatan dapur mungkin sulit dilakukan apabila Moms memiliki tangan yang gemetar. Salah satu cara mengatasinya mungkin Moms perlu mencari versi dari barang-barang ini yang dirancang untuk individu dengan masalah cengkeraman dan kendali. Ada banyak opsi perkakas adaptif.
  • Kenakan beban pergelangan tangan. Beban ekstra di lengan dapat membuat kontrol lebih mudah.

Sementara dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan merekomendasikan pasien dengan tangan gemetar ini untuk melakukan pembedahan (operasi). Operasi yang dilakukan dikondisikan dengan usia dan seberapa parah tangan gemetar yang dialami.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait