Rupa-rupa

18 Juni 2021

Ketahui Penyebab Utama dan 11 Cara Menghilangkan Bau Kaki

Usahakan untuk sering mengganti sepatu yang kita gunakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Cara menghilangkan bau kaki ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya. Namun, jangan sampai hanya tau cara meghilangkan bau kaki saja dan mengabaikan penyebabnya ya, Moms!

Seharian menggunakan sepatu dan beraktivitas, ketika melepaskan sepatu, pasti ada bau tidak sedap yang muncul. Meskipun telah memakai kaos kaki baru, tetap saja bau kaki tidak bisa dihindari.

Bau kaki ini bukanlah masalah medis, namun tetap saja keberadaannya tetap mengganggu, tidak hanya kita namun orang-orang di sekeliling kita juga.

Meskipun sepatu yang kita gunakan memiliki ventilasi pun masih memiliki kemungkinan untuk menimbulkan bau kaki. Dan seringkali baunya ini sangat menusuk.

Masalah bau kaki ini pada akhirnya akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Dan enggan melepaskan sepatunya di tengah orang banyak. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau kaki?

Baca Juga: 2 Gangguan Kulit Mengganggu karena Sepatu Bayi

Penyebab Bau Kaki

cara menghilangkan bau kaki

Dikutip dari Canadian Journal of Microbiology, masalah bau kaki ini memiliki istilah medis. Istilah medisnya adalah bromodosis yang biasanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di kaki.

Memang sebenarnya hal ini merupakan hal yang normal karena semua orang memiliki bakteri yang hidup di bagian kaki. Namun jika jumlahnya berlebihan, biasanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

"Apa yang orang tidak ketahui adalah bahwa bau kaki sebenarnya disebabkan oleh bakteri, dan bakteri ini hidup di dalam kaus kaki, sepatu, dan di kaki kita," kata Luke Lombardo, pelatih lari bersertifikat RRCA dan triathlete Ironman.

Menurutnya tidak hanya penting untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ada di sepatu kita, tetapi juga penting untuk membunuh bakteri yang hidup di sepatu. Jika tidak, bakteri tersebut akan menyebabkan infeksi dari waktu ke waktu.

Dilansir dari National Health Service, biasanya hal yang bisa bikin kaki menjadi bau. Kombunasi antara kaki yang berkeringat dan memakai sepatu yang sama setiap hari bisa menjadi penyebabnya.

Semua orang bisa memiliki kaki yang berkeringat di temperatur apapun dan kapanpun.

Namun remaja dan wanita hamil lebih sering mengalami kaki yang berkeringat karena perubahan hormon. Hal tersebutlah yang bisa membuat kaki mereka menjadi berkeringat lebih banyak.

Kita juga bisa mengalami kaki yang berkeringat yang lebih dari biasanya jika kita bertelanjang kaki, memakai sepatu yang terlalu sempit, terlalu stres atau memiliki kondisi kesehatan yang bernama hyperhidrosis.

Kaki biasanya akan menjadi bau ketika keringat menyerap ke sepatu dan keringat tersebut tak juga kering sebelum kita memakai kembali sepatu tersebut.

Nah, jangan sampai kita minder, berikut cara menghilangkan bau kaki yang tepat!

Baca Juga: Kenapa Tangan dan Kaki Sering Berkeringat?

Cara Menghilangkan Bau Kaki

1. Sepatu yang Nyaman

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: zodeals.com

Cara menghilangkan bau kaki dan juga mencegah bau kaki adalah dengan mempertimbangkan ukuran sepatu. Jika masalahnya adalah keringat berlebih pada kaki, sebaiknya kita menggunakan sepatu yang memiliki ventilasi atau menyerap keringat. Hal ini akan membantu mengurangi timbulnya keringat pada kaki.

Jangan memilih sepatu yang tertutup, seperti sepatu yang terbuat dari bahan plastik, karena akan membuat kaki jadi mudah berkeringat dan tidak bisa diserap. Keringat inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan bau kaki.

2. Mengganti Kaos Kaki

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: socksaholic.com

Seperti yang sudah disebutkan, bakteri juga bisa tumbuh di kaos kaki. Jadi, tidak mengganti kaos kaki selama berhari-hari juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau kaki.

Karenanya, kita harus rutin mengganti kaos kaki ya. Jangan lupa juga untuk memakai bahan kaos kaki yang menyerap keringat untuk mengurangi bau.

Baca Juga: Sebenarnya Apa Penyebab Bau Kaki?

3. Gunakan Semprotan Sepatu

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: tokopedia.com

Biasanya sepatu yang sering digunakan juga akan menimbulkan bau jika tidak dijemur. Sebagai solusinya, kita bisa menggunakan semprotan anti bakteri atau disinfektan untuk digunakan pada sol bagian dalam sepatu.

Baca Juga:Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut pada Anak

4. Mengganti Sepatu

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: purelyb.com

Sebisa mungkin, gantilah sepatu setiap hari. Jangan menggunakan sepatu yang sama selama seinggu berturut-turut. Gunanya agar sepatu diistirahatkan dan mendapat kesempatan untuk bernapas.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Rendam Kaki dengan Air Garam

bau kaki, masalah bau kaki

Foto: healthextremist.com

Selain itu, penting juga bagi kita untuk merawat kaki. Caranya dengan merendam kaki dengan air garam. Hal ini berguna untuk mengelupas kulit mati pada kaki dan mehilangkan bakteri pada kaki. Jadi air garam bisa dijadikan salah satu cara untuk menghilangkan bau kaki nih, Moms!

Caranya siapkan ember dengan air hangat, lalu masukan garam secukupnya. Rendam kaki kita selama 10-20 menit.

Baca Juga: Temukan 10 Manfaat Kesehatan dari Teh Hitam di Sini

6. Rendam Kaki di Teh Hitam

cara menghilangkan bau kaki

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu cara menghilangkan bau kaki adalah dengan merendamkan kaki di air rendaman teh hitam. Teh hitam bisa dijadikan salah satu cara yang baik karena memiliki kandungan asam tanat.

Kandungan asam tanat sendiri dipercaya bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau kaki dan mengurangi produksi keringat di kaki.

Untuk menggunakan teh hitam sebagai cara menghilangkan bau kaki, Moms bisa menyeduh 2 kantong teh hitam dengan dua liter air. Cobalah hingga suhu air menjadi suhu yang cukup dan ideal untuk merendam kaki.

Jika seduhan teh hitam sudah jadi, Moms hanya perlu merendamkan kaki selama 30 menit.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

7. Tepung Maizena

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Foto: healthline.com

Tahukah Moms kalau ternyata tepung maizena tak hanya enak untuk dikonsumsi namun juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau kaki?

Cara penggunaan tepung maizena untuk menghilangkan bau tak sedap pada kaki pun sangat mudah Moms. Moms hanya perlu menaburkan teping maizena pada kaki sama seperti Moms menggunakan bedak di kulit.

Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Cegukan, Mulai dari Jeruk Nipis hingga Menjulurkan Lidah!

8. Oleskan Air Perasan Jeruk Nipis

cara menghilangkan bau kaki

Foto: Orami Photo Stock

Nah, ternyata jeruk nipis juga bisa bisa dijadikan salah satu alternatif cara menghilangkan bau kaki.

Moms hanya perlu memotong 1 buah jeruk nipis menjadi dua. Setelah itu, oleskanlah jeruk nipis yang sudah dibelah pada kaki hingga merata. Setelah itu biarkan jeruk nipis beberapa menit untuk menghilangkan bau kaki. Jika sudah, silakan dibilas Moms.

Baca Juga: Bikin Kulit Cerah, Yuk Simak Manfaat dan Cara Membuat Masker Jeruk Nipis!

9. Rendam Kaki di Air Lemon

cara menghilangkan bau kaki

Foto: Orami Photo Stock

Moms bisa memanfaatkan lemon sebagai cara menghilangkan bau kaki. Langkah yang bisa dilakukan pun mudah sekali, Moms!

Moms hanya perlu merendam kaki selama 15 menit di dalam perasan air lemon. Lemon sendiri dipercaya mampu mengatasi dan membunuh bakteri penyebab bau kaki. Hal tersebut dikarenakan lemon sendiri memiliki kandungan antibakteri.

Air perasan lemon sendiri pun bisa membantu Moms untuk mengatasi kelebihan keringan yang menjadi sumber dari bau kaki.

Baca Juga:Cegah Kanker dengan Konsumsi Cuka Apel? Ini Faktanya!

10. Rendam Kaki di Cuka Apel

cara menghilangkan bau kaki

Foto: Orami Photo Stock

Nah, Moms! Bahan dapur seperti cuka apel bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau kaki, lho! Cuka apel pun bisa membunuh bakteri dan mengatasi keringat berlebih yang dialami oleh kaki.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kaki yang selalu berkeringat bisa menjadi salah satu penyebab bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki dengan menggunakan cuka apel adalah dengan cukup menambahkan 1/2 cangkir cuka apel dengan satu liter air hangat, Moms. Rendamlah kaki selama 10 hingga 15 menit.

Jika sudah, bilaslah kaki hingga bersih. Moms bisa terus mengulangi rutinitas ini selama 3 kali dalam seminggu hingga bau kaki benar-benar hilang.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

11. Rendam Kaki di Air Baking Soda

cara menghilangkan bau kaki

Foto: Orami Photo Stock

Baking soda juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau kaki, Moms! Moms hanya cukup menggunakan 1/4 gelas baking soda dan mencampurkannya dalam air secukupnya untuk merendam kaki.

Pastikan air yang berada di dalam tempat penampungan sendiri cukup untuk merendam kaki ya, Moms!

Jika dirasa belum ampuh, Moms juga bisa menambah air perasan lemon atau jeruk nipis untuk mengoptimalkan usaha menghilangkan bau kaki.

Ikuti cara-cara di atas ya Moms. Meski bau kaki tidak pergi 100%, setidaknya akan berkurang bau tidak sedapnya. Cara menghilangkan bau kaki secara alami memang tidak bisa langsung menghilangkan aroma tak sedapnya, Moms! Jadi, Moms perlu bersabar dan melakukannya beberapa kali hingga bau benar-benar hilang.

Namun, jangan hanya tahu cara menghilangkan bau kaki, Moms! Moms juga perlu menghindari hal yang bisa membuat bau kaki seperti memakai kaus kaki ketika lembap. Yuk, jaga kebersihan diri mulai sekarang Moms!

  • https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-avoid-smelly-feet/
  • http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1013.4047&rep=rep1&type=pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait