Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
NaN undefined NaN

Peradangan Kulit Pada Anak: Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya

Gejalanya juga bisa muncul di kuku dan di dalam mulut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Orami

Kasus lichen planus atau peradangan kulit pada anak memang termasuk jarang ditemukan, tapi kemungkinannya masih tetap ada.

Menurut ensiklopedia kesehatan University of Rochester Medical Center, lichen planus adalah penyakit tidak berbahaya yang lebih sering ditemui pada orang dewasa berusia setengah baya.

Supaya bisa tahu lebih banyak tentang kondisi kulit ini, silakan simak dulu informasi yang sudah kami rangkum berikut ya, Moms.

Gejala Lichen Planus Pada Anak

Peradangan Kulit Pada Anak Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya 1.jpg

Foto: ijpd.in

Seperti dijelaskan dalam laman National Health Institute, lichen planus adalah peradangan kulit pada anak yang bisa terjadi pada hampir semua area tubuh, termasuk kuku dan bagian dalam mulut. Nah, berikut adalah beberapa gejalanya:

  • Kulit: Beberapa benjolan gatal warna merah atau ungu mengkilap, yang terkadang disertai garis putih tipis atau sisik. Paling sering muncul di area pergelangan tangan, lengan, punggung, dan area mata kaki.
  • Mulut: Kumpulan titik putih yang saling berhubungan, bisa di bagian dalam pipi atau di lidah.
  • Kuku: Sebagian atau semua kuku terlihat menipis, bergerigi, mengelupas, atau tanggal.
  • Kulit Kepala: Area kulit berwarna kemerahan dan iritasi, biasanya disertai dengan benjolan-benjolan kecil. Pada beberapa kasus, rambut bisa menipis dan memicu rambut rontok dalam jumlah banyak.
  • Kelamin: Area kulit berwarna merah terang yang terasa sakit.

Penyebab Lichen Planus Pada Anak

Peradangan Kulit Pada Anak Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya 2.jpg

Foto: Freepik.com

Sayangnya, sampai sekarang belum diketahui secara pasti penyebab lichen planus. Bahkan meski sudah diketahui kalau peradangan kulit pada anak ini tidak ditularkan dari orang lain, tidak diturunkan secara genetik, tidak berkaitan dengan kondisi gizi, dan bukan merupakan bentuk kanker.

Meski begitu, diduga lichen planus ada hubungan dengan hepatitis C, konsumsi obat-obatan tertentu, reaksi terhadap tambalan gigi berbahan metal, atau reaksi autoimun.

Pengobatan Lichen Planus Pada Anak

Peradangan Kulit Pada Anak Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya 3.jpg

Foto: Riteaid.com

Ssterius, rupanya sampai saat ini belum ada pengobatan khusus untuk mengatasi lichen planus lho, Moms.

Namun menurut American Academy of Dermatology, kondisi peradangan kulit pada anak ini akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 6 bulan sampai 2 tahun.

Dokter biasanya hanya memberikan obat untuk mengatasi gejala yang muncul, seperti gatal, rambut rontok, atau kuku rusak.

Penyebab pasti peradangan kulit pada anak ini memang belum diketahui, tapi menjalankan pola makan, gaya hidup, serta kebersihan diri dan lingkungan yang sehat tentu dapat menguatkan daya tahan tubuh Si Kecil dari serangan berbagai masalah kesehatan.

Nah, apa Moms tahu masalah kulit lain yang sering dialami anak?

(WA)

Artikel Terkait