Parenting

1 Oktober 2021

9 Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak, Wajib Tahu!

Salah satu peran orang tua dalam mendidik anak hadir dalam momen penting anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting karena juga merupakan tanggung jawab terbesarnya. Mulai dari mengajari toilet training hingga makan buah dan sayuran sendiri, orang tua menunjukkan perannya.

Peran orang tua mendidik anak melibatkan lebih dari sekadar mmemberikan rasa aman saat mengantar dan menjemput mereka ke sekolah. Karena pendidikan pertama seorang anak dimulai dari rumah.

Baca Juga: 5 Tips untuk Orangtua dalam Mendisiplinkan Anak

Pentingnya Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan

Anak Tidak Naik Kelas, Ini Yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan mengarah pada keberhasilan anak yang lebih besar dan peningkatan kepercayaan diri, menurut National PTA.

Banyak orang tua keliru mempercayai bahwa pendidikan anak-anak mereka sepenuhnya berada di tangan guru. Tetapi penelitian dengan kuat mendukung pentingnya keterlibatan orang tua.

Penelitian lain dari National Coalition for Parent Involvement in Education menunjukkan bahwa tidak peduli pendapatan atau latar belakang orang tua, asal mereka terlibat dalam pendidikan anak akan membuat anak lebih baik.

Yakni anak lebih cenderung memiliki nilai ujian yang lebih tinggi, bersekolah secara teratur, memiliki keterampilan sosial yang lebih baik, menunjukkan perilaku yang lebih baik, dan beradaptasi dengan baik di sekolah.

Dukungan dan keterlibatan orang tua juga dapat bermanfaat bagi anak-anak dari segala usia pada tingkat perkembangan yang bahkan dapat melampaui nilai akademis.

“Ketika seorang anak dapat melihat bahwa orang tua mereka mendukung mereka, mereka cenderung mengambil risiko dan belajar sesuatu yang baru daripada tinggal di dalam kotak,” kata Ria Simon, pendidik anak usia dini dan spesialis akun junior di HiMama.

Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak

Era Digital Hambat Interaksi Antara Orang Tua dan Anak 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan peran orang tua dalam mendidik anak. Beberapa di antaranya yakni:

1. Hadir di Sekolah Jika Memungkinkan

Orang tua yang berusaha untuk hadir di sekitar sekolah menunjukkan kepada anak-anak bahwa mereka peduli dengan pendidikan mereka, dan itu cukup penting untuk mendapatkan perhatian anak.

Ruang kelas memiliki banyak kesempatan untuk terlibat, sehingga orang tua dapat memilih yang paling sesuai dengan jadwal mereka.

2. Tunjukkan Minat pada Tugas Sekolah Anak

Orang tua yang benar-benar tertarik dengan pendidikan akan mendukung perjuangan anak, misalnya dengan mendampingi anak saat mengerjakan tugasnya.

Peran orang tua dalam mendidik anak juga dapat ditunjukkan sebagai pihak yang mendukung saat sulit dan bersama saat berbagi kegembiraan atas keberhasilan anak.

3. Ajak Anak Menyukai Sekolah

Orang tua mungkin berpikir bahwa tindakan keras adalah cara yang tepat untuk menangani anak-anak yang mengatakan mereka tidak suka sekolah atau tidak ingin mengerjakan pekerjaan rumah.

Namun, orang tua yang menjaga sikap positif tentang pendidikan lebih cenderung memberikan pandangan cerah itu kepada anak.

Sebab, anak kecil khususnya masih membentuk pikiran dan perasaan mereka terhadap sekolah.

4. Jadilah Panutan

Anak-anak akan mudah terinspirasi oleh apa yang dilakukan orang tua. Jadi, peran orang tua dalam mendidik anak bisa ditunjukkan dengan menjadi contoh yang baik.

Orang tua adalah guru pertama anak-anak dan belajar hal pertama bersama-sama di rumah. Tunjukkan pada anak betapa menyenangkan kehidupan sekolah jika mereka memberikan yang terbaik.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

5. Awasi Aktivitas Anak

Penting untuk mengawasi aktivitas anak di sekolah dan di rumah. Karena ini bisa mempengaruhi dengan cara mereka menyerap pelajaran baik di rumah atau sekolah.

Beri nasihat dalam waktu yang tepat dan perbaiki setiap perilaku yang tidak baik sejak masa kanak-kanak. Bantu mereka untuk lebih teratur dengan rutinitas harian dan miliki cukup waktu untuk belajar.

6. Buat Suasana yang Menyenangkan

Peran orang tua dalam mendidik anak juga berhubungan dengan cara keduanya dalam membangun suasana yang menyenangkan, baik suasa untuk belajar ataupun kehidupan di dalam rumah yang hangat.

Orang tua harus memastikan bahwa anak-anak memiliki suasana yang damai dan menyenangkan di dalam rumah.

7. Jalan-jalan Sambil Belajar

Mengajak anak jalan-jalan sambil belajar merupakan ide yang baik, sambil memilih beberapa tempat yang berkaitan dengan pelajaran anak.

Melakukan perjalanan sesekali ke museum dan kebun binatang juga akan membantu mereka berinteraksi dengan alam dan mempelajari hal-hal yang baru.

8. Bangun Quality Time dengan Anak

Banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Namun, sisihkan waktu untuk anak dan jangan biarkan mereka kesepian di rumah. Hadir dalam setiap momen penting anak juga bisa menjadi quality time yang baik.

Buatlah ruang yang nyaman dengan menjaga hubungan yang baik antara orang tua dan anak. Makan bersama dan bermain dengan mereka di waktu luang akan menjadi waktu bonding yang efektif.

Baca Juga: Dampak Buruk Psikologis Anak Akibat Pertengkaran Orangtua

9. Berbagi Pengalaman Pribadi

Ide yang baik bagi orang tua untuk berbagi beberapa pengalaman kehidupan saat bersekolah. Ini akan menjadikan peran orang tua dalam mendidik anak sebagai sosok untuk berbagi perasaan.

Ini dapat mencakup pengalaman positif dan negatif untuk membantu anak untuk memahami pentingnya belajar. Juga menginspirasi dengan kisah sukses untuk mengajari mereka tentang pentingnya berusaha.

Itulah beberapa peran orang tua dalam mendidik anak. Memaksimalkan peran orang tua dalam mendidik anak akan menjadi suntikan berharga untuk tumbuh kembang anak yang baik.

  • https://www.rasmussen.edu/degrees/education/blog/parental-involvement-in-education/
  • https://www.pta.org/home/run-your-pta/National-Standards-for-Family-School-Partnerships/Report-The-Positive-Relationship-Between-Family-Involvement-and-Student-Success
  • https://www.responsiveclassroom.org/what-research-says-about-parent-involvement/
  • https://www.edsys.in/parents-play-role-education-children/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait