Fashion & Beauty

2 Juli 2021

Cari Tahu Perbedaan Essence, Ampoule, Serum & Emulsion

Cari tahu perbedaan antara ketiganya yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pecinta skincare Korea mungkin tidak asing dengan istilah essence, ampoule, serum & emulsion. Yups, empat produk ini emang sangat identik dengan perawatan wajah dari negeri ginseng Moms. Untuk pemula, mungkin akan sedikit bingung mencari perbedaan essence, ampoule, serum & emulsion. Karena, jika dilihat sekilas keempat produk ini memang sama.

Beberapa ahli menjelaskan, perbedaan essence, ampoule, serum & emulsion terdapat pada konsitensi dan juga kandungan yang ada di dalamnya.

Baca juga: 13+ Rekomendasi Serum Wajah Terbaik Buatan Lokal, Murah dan Berkualitas!

Perbedaan Essence, Ampoule, Serum & Emulsion

Perbedaan Essence, Ampoule, Serum dan Emulsion

Foto: freepik.com

Nah, biar tidak bingung lagi, yuk Moms caritahu perbedaan essence, ampoule, serum & emulsion berikut ini. Kira-kira apa saja sih essence, ampoule, serum & emulsion?

1. Essence

Perbedaan essence, ampoule, serum & emulsion yang pertama, beberapa orang beranggapan, essence dan serum memiliki manfaat yang sama. Hal ini pun menjadi kontroversi yang berkepanjangan.

Menurut seorang ahli perawatan wajah dari Korea, essence memiliki konsentrasi yang lebih ringan dari serum. Produk ini biasanya digunakan setelah toner untuk menambahkan lapisan hidrasi sebelum menggunakan serum.

Essence dan serum mengandung zat aktif untuk perawatan kulit. Keduanya produk ini juga memiliki khasiat yang sama, hanya saja tekstur yang sedikut berbeda. Saat ini beberapa brand kosmetik Korea juga menjual produk seperti pre-essence dan post-essence.

2. Ampoule

Perbedaan essence, ampoule, serum & emulsion selanjutnya, ampoule sebenarnya masih satu jenis dengan essence dan serum.

Ampoule adalah serum supercharged dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi yang seharusnya digunakan untuk waktu yang terbatas sebagai booster atau ketika mengalami semacam krisis kulit.

Ahli kosmetik Korea merekomendasikan untuk menggunaan ampoule sebelum essence atau serum. Kemasan ampoule biasanya lebih kecil dan dilengkapi dengan pippet untuk mengambilnya.

Baca juga: 5 Bahan Skincare yang Baik untuk Kulit Sensitif

3. Serum

Secara umum, serum mengandung beberapa bahan aktif utama untuk mengatasi masalah tertentu seperti mencerahkan, bintik hitam, kerutan dan lainnya.

Bahan aktif biasanya lebih terkonsentrasi daripada yang biasa ditemukan, seperti krim pelembap. Serum sedikit lebih kental dalam konsistensi atau teksturnya mirip dengan minyak.

Hampir semua brand mengemas serum dalam botol yang lebih kecil dari toner atau pelembap wajah. Seringkali botol memiliki penetes untuk mengeluarkan produk. Saat ini sudah banyak juga serum yang kemasannya mirip dengan lotion.

4. Emulsion

Emulsion adalah pelembab seperti susu dengan konsistensi seperti gel. Skincare ini berbahan dasar air, jadi Moms bisa menganggapnya sebagai krim pelembab yang lebih ringan.

Hal ini membuat emulsion menjadi alternatif ringan untuk krim tradisional dan minyak wajah. Sehingga kulit Moms tidak akan terasa lengket atau berminyak saat menggunakannya.

Baca juga: 9+ Bahan Skincare untuk Kulit Kering, Terbukti Melembapkan dan Menutrisi!

Manfaat Essence, Ampoule, Serum dan Emulsion

Manfaat Essence, Ampoule, Serum dan Emulsion

Foto: freepik.com

Setelah mengetahui perbedaan essence, ampoule, serum & emulsion, sekarang cari tahu manfaat dari produk-produk tersebut yuk Moms.

1. Manfaat Essence

Essence memiliki manfaat yang hampir sama dengan serum. Kandungan yang ada di dalamnya dapat bekerja untuk menembus kulit lebih dalam daripada pelembap kebanyakan.

Essence menggabungkan berbagai elemen dari rutinitas perawatan kulit dalam satu langkah, seperti menghidrasi dan menyeimbangkan kembali kulit sementara juga menggunakan tingkat bahan aktif yang sangat terkonsentrasi, memungkinkan penetrasi lebih dalam ke penghalang kulit.

Hidrasi ekstra ini memungkinkan kulit untuk menyerap semua kebaikan produk, bahkan lebih dari produk perawatan wajah pada umumnya.

2. Manfaat Ampoule

Ampoule merupakan produk yang sangat penting untuk peremajaan kulit Moms. Karena kandungan yang ada di dalam ampoule dapat membantu meningkatkan kolagen, menambah kelembapan pada kulit dan memperbaiki kesehatan kulit yang sudah mulai rusak karena usia.

Selain itu, ampoule juga memiliki manfaat untuk mempetahankan kulit dari polusi atau racun lainnya serta melembapkan kulit kering. Ampoule juga mengandung asam hialuronat yang berfungsi untuk memperbaiki kulit dan vitamin C untuk membantu mempertahankan kesehatan kulit dan mencerahkan.

Baca juga: Mengenal Alkohol Denat pada Skincare, Amankah?

3. Manfaat Serum

Jurnal Clinical and Aesthetic Dermatology menjelaskan serum sering dikaitkan dengan kerutan di wajah. Kandungan yang ada di dalam produk ini dapat meningkatkan fungsi penghalang stratum korneum untuk mencegah kerutan di wajah.

Selain itu, serum juga mengandung retinol topikal dan bahan-bahan yang meratakan warna kulit. Ketika dilapisi di bawah pelembab, serum bertindak sebagai pengobatan yang ditargetkan untuk kerutan, pigmentasi dan kemerahan.

4. Manfaat Emulsion

Manfaat emulsion berbeda tergantung dari jenis kulit Moms. Untuk kulit berminyak, emulsion dapat menjadi pelembap sebelum mengaplikasikan SPF. Jika Moms tinggal di daerah yang panas, emulsion juga bisa menjaga kulit agar selalu sejuk dan menjaga hidrasi kulit khususnya di tengah cuaca panas.

Untuk kulit kombinasi dan berjerawat, Moms dapat menggunakan emulsi untuk menargetkan minyak, noda, dan sebum berlebih. Ini dapat dilakukan dengan mengoleskan emulsi ke seluruh wajah atau ke area tertentu, seperti zona-T.

Jenis kulit normal tetap dapat memperoleh manfaat dari emulsion meskipun tidak memiliki masalah kulit yang ingin disembuhkan. Sementara untuk kulit sensitif, emulsi sangat cocok untuk mempromosikan kulit yang sehat dan ternutrisi tanpa mengiritasinya atau menembus cukup dalam untuk memicu peradangan dan kemerahan.

Baca juga: Jangan Salah Pilih Skincare, Begini Cara Mengetahui Tipe Kulit Kita

Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari

Kandungan Essence, Ampoule, Serum dan Emulsion

Foto: Freepik.com

Selain mengetahui perbedaan essence, ampoule, serum & emulsion dan juga manfaatnya, Moms juga perlu mengindari beberapa bahan yang ada di dalam produk perawatan kulit.

Beberapa bahan yang perlu Moms hindari saat membeli produk perawatan wajah, seperti parabens, phthalates, pewangi, natrium lauril sulfat, butylated hydroxytoluene, retinol, LED dan formaldehyde.

Moms juga perlu ingat saat menggunakan produk perawatan kulit pastikdan dalam satu rangkaian. Walaupun terkadang ada yang tidak cocok, tapi penting untuk Moms menggunakan produk perawatan wajah dari brand yang sama.

Jika terjadi sesuatu dengan wajah, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter sehingga tidak terjadi komplikasi atau gangguan lain pada kulit wajah.

Baca juga: Mengenal Retinol, Kandungan dalam Skincare untuk Mengatasi Kerutan di Kulit

Demikian penjelasan mengenai perbedaan essence, ampoule, serum & emulsion serta manfaat dari semua produk tersebut. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.calyxta.com/articles/skin/essence-vs-ampoule-vs-serum-vs-emulsion-whats-the-difference/
  • https://fashionista.com/2015/02/korean-skin-care-essence-serum
  • https://www.elle.com/uk/beauty/skin/articles/g31614/face-essences-all-you-need-to-know-and-which-to-buy/
  • https://www.today.com/style/what-serum-everything-know-about-face-serum-t149981
  • https://theklog.co/what-is-an-emulsion/
  • https://thefoxandshe.com/skincare-ingredients-to-avoid/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait