Home & Living

27 Agustus 2021

5 Perbedaan Granit dan Keramik serta Cara Memilihnya

Perbedaan granit dan keramik dapat dilihat melalui berbagai aspek
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Perbedaan granit dan keramik memang sulit untuk dilihat secara sekilas ya Moms. Padahal material satu ini merupakan bagian penting yang dapat menentukan keindahan rumah Moms lho.

Pemilihan material yang digunakan untuk lantai harus benar-benar diperhatikan ya Mom. Secara umum, keramik dan granit sering digunakan sebagai lantai.

Keduanya memiliki karakteristik yang kuat dan bisa bertahan lama. Selain itu, memiliki beberapa aspek lain yang perlu diperhatkan ya Moms.

Nah, kalau Moms ingin membangun atau merenovasi rumah baru, yuk cari tahu perbedaan granit dan keramik dalam artikel berikut ini.

Baca juga: Rekomendasi Keramik Lantai untuk Ruang Tamu dan Dapur, Catat!

Perbedaan Granit dan Keramik untuk Lantai

Moms yang ingin mengetahui perbedaan granit dan keramik dapat melihat dari tampilan hingga cara pemakainnya berikut ini. Simak yuk Moms.

1. Penampilan

perbedaan granit dan keramik dari penampilan

Foto: instagram.com/oldeenglishtiles

Lantai keramik memiliki warna, motif, dan gaya yang beragam. Hal ini berbeda dengan granit yang lebih terbatas. Karena granit berasal dari batu alam sehingga warnamya lebih alami dan tidak memiliki banyak pilihan.

Biasanya granit memiliki warna, pola, yang tidak teratur layaknya bongkahan batu. Beberapa orang mungkin ada yang lebih menyukai ini dibandingkan pola warna warni dari keramik.

Selain motif, perbedaan granit dan keramik dari penampilan lainnya adalah keramik lebih mengkilat dibandingkan dengan granit. Biasanya granit akan lebi kesat sementara keramik lebih licin.

2. Perawatan

perbedaan granit dan keramik dari perawatan

Foto: instagram.com/ sixthreeflooring

Perbedaan granit dan keramik yang lain adalah cara perawatannya. Lantai keramik membutuhkan perawatan yang lebih rendah karena tidak mudah tergores dan terkena noda kotoran atau cairan.

Sementara untuk lantai granit sangat sulit perawatannya karena mudah sekali keropos. Selain itu, jika terkena noda akan lebih sulit untuk dihilangkan.

3. Harga Jual

perbedaan granit dan keramik dari harga jual

Foto: instagram.com/byxstone_granite_marble

Harga adalah salah satu aspek yang menjadi mempertimbangkan Moms saat memilih material. Dalam hal ini lantai keramik bisa dikatakan lebih unggul dari granit, karena memiliki harga yang lebih murah dibandingkan granit.

Namun, Moms perlu tahu kalau kualitas granit lebih baik daripada keramik sehingga harganya lebih mahal.

Baca juga: Serba-serbi Lantai Granit: Kelebihan dan Kekurangan, Hingga Harganya

4. Pemasangan

perbedaan granit dan keramik

Foto: instagram.com/gallery41desain

Perbedaan granit dan keramik selanjutnya adalah pemasangannya. Untuk pemasangan lantai granit memerlukan teknik yang lebih komperhensif dan membutukhan mesin khusus.

Karena itu, Moms mungkin membutuhkan biaya lebih saat memilih granit sebagai lantai di rumah. Karena terkadang, perlu pekerja khusus untuk memasangnya.

Sementara untuk memasang keramik, tidak memerlukan teknik khusus. Jadi Moms, bisa menghemat biaya jika memilih material yang satu ini ya.

5. Daya Tahan

perbedaan granit dan keramik dari daya tahan

Foto: instagram.com/floornigeriaisland

Daya tahan dan tingkat keawetan dari granit dan keramik juga berbeda lho Moms. Dalam hal daya tahan, lantai granit jauh berada di atas lantai keramik.

Karena granit lebih tahan terhadap benturan dan dan gesekan. Sehigga lebih tahan lama dibandingkan dengan keramik. Tidak heran kalau harganya juga lebih mahal ya Moms.

Baca juga: Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning, Mudah Moms!

Cara Memilih Granit dan Keramik

perbedaan granit dan keramik dan cara memilihnya

Foto: instagram.com/ sum2wansydesign

Saat akan memilih lantai rumah, Moms sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini ya. Yuk simak penjelasannya.

1.Sesuaikan dengan Desain Rumah

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan memilih material lantai rumah adalah desain. Pastikan jenis lantai yang dipilih sesuai dengan gaya rumah yang dipilih.

Moms dapat mencari rekomendasi untuk ini secara online atau majalah khusus rumah. Jadi, jangan sampai salah memilih ya Moms.

2. Ukuran Lantai

Selain mencari perbedaan granit dan keramik secara motif, Moms juga perlu memperharikan ukurannya. Lantai berukuran kecil biasanya cocok untuk area hunian kecil seperti dapur, kamar mandi, dan toilet. Sementara yang ukuran besar lebih cocok untuk ruang keluarga atau ruang tamu.

3. Ukuran Ruangan

Lantao dengan ukuran besar membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang. Menggunakan keramik atau granir di dinding akan membuat ruang tampak lebih kohesif, tetapi Moms tidak bisa menggunakan lanti khusus dinding di lantai.

Karena granit atau keramik untuk lantai memiliki glasir yang lebih keras dan akan terbuat dari bahan yang lebih keras karena diinjak setiap hari.

Di ruangan kecil, keramik atau granit berwarna terang akan membuat ruangan terasa lebih besar. Jika Moms memiliki ruangan besar dapat memilih dari ubin terang ke gelap.

4. Warna

Warna merupakan unsur penting dalam pemilihan keramik atau granit untuk lantai. Walaupun idak menjadi fokus ruangan, tetapi lantai dapat melengkapi fitur desain ruangan lainnya.

Di kamar mandi, Moms mungkin menginginkan suasana santai yang tenang, jadi pilihlah warna yang menyatu dengan baik. Di dapur mungkin menginginkan opsi yang lebih hidup, jadi pilihlah warna yang kontras.

Moms juga harus pastikan warna yang dipilih sesuai dengan ruangannya ya. Misalnya, untuk dapur pastikan Moms memilih warna natural agar terlihat lebih terang dan nyaman selama memasak ya.

Jadi, jangan menyepelekan warna keramik atau granit yang dipilih ya Moms. Karena ini sangat penting untuk mempercantik ruangan di rumah.

Baca juga: Rekomendasi Keramik Lantai untuk Ruang Tamu dan Dapur, Catat!

5. Nat (Semen Pemisah Lantai)

Selain warna keramik atau granit, jangan lupa pentingnya memilih warna nat yang tepat. Nat kontras akan menekankan garis dan desain, sementara nat dalam warna komplementer seperti lantai akan memberikan efek halus. Pastikan area grout disegel untuk mencegah pewarnaan.

6. Tekstur dan Pola

Tekstur dan pola dari keramik juga penting untuk diperhatikan lho Moms. Jangan sampai karena salah memilih pola atau tekstur, ruangan Moms akan terlihat tidak indah ya.

Untuk kamar mandi, pastikan Moms memilih yang mudah untuk tekstur yang mudah untuk dibersihkan ya. Begitu juga dengan bagian dapur.

Sebagai tambahan informasi granit adalah bahan yang banyak digunakan untuk gedung-gedung di Mesir, seperti yang dijelaskan dalam jurnal Radiation Protecyion Dosimetry.

Baca juga: 5+ Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi Agar Bersih Berkilau, Bye Kotoran!

Inilah perbedaan granit dan keramik serta tips memilihnya. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.yourhomeandgarden.co.nz/inspiration/interior-style/how-to-choose-the-right-tiles-for-your-interior
  • https://homeguides.sfgate.com/granite-vs-wood-foyer-floors-89772.html
  • https://mahaveermarblesindia.com/granite-vs-ceramic-tiles/
  • https://www.id.weber/en/blog/pilihanmu/ceramic-tile-vs-granite-tile-which-one-your-choice
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait