Resep

30 Agustus 2021

9+ Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah, Serupa Tapi Tak Sama!

Perbedaan gula aren dan gula merah bisa diketahui dari tekstur, rasa, hingga cara pembuatannya, lho!
placeholder

Foto: freepik.com/azerbaijan_stockers

placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, gula aren dan gula merah sama-sama populer dalam pembuatan kue dan terlihat sangat mirip. Jika, Moms memiliki mangkuk kecil berisi keduanya maka sulit melihat perbedaan gula aren dan gula merah secara visual.

Lalu, saat ini juga tengah viral penggunaan bahan tersebut untuk meracik resep boba maupun campuran kopi, bukan? Sehingga Moms tidak bisa langsung menggeneralisasikan bahwa semuanya hanya memakai brown sugar. Bisa jadi, mereka memakai gula aren atau bahkan gula merah.

Lalu, apa perbedaan gula aren dan gula merah? Bisa dibilang perbedaan terbesar antara gula aren dan gula merah adalah bagaimana dan terbuat dari apa. Gula aren dibuat dengan mengambil sari atau nira dari pohon aren. Sedangkan, gula merah dibuat dari sari atau nira batang pohon palem ataupun kelapa.

Masih banyak lagi persamaan dan perbedaannya, mulai dari rasanya hingga cara pemakaiannya yang mungkin bisa Moms ketahui.

Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah

Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah

Foto: Orami Photo Stock

Dibanding menebak-nebak tanpa ketahui kebenaran pastinya. Berikut ini perbedaan gula aren dan gula merah yang bisa Moms kenali:

1. Bahan Baku Pembuatan

Dilansir dari coffeeland, dari segi pembuatan gula aren dibuat dari nira pohon aren sedangkan gula merah terbuat dari nira kelapa atau palem. Nira merupakan cairan manis yang didapat dari proses sadapan batang tanaman atau tandan bunga tumbuhan palem seperti kelapa, aren, kurma atau sagu.

2. Proses Pembuatan

Moms, proses pembuatan juga menjadi perbedaan gula aren dan gula merah. Didalam proses pembuatannya, gula aren biasanya dicetak menggunakan batok kelapa dengan bentuk yang pipih dan bundar, biasanya gula ini mendapatkan penambahan bahan lain seperti gula pasir.

Di sisi lain, gula merah yang dibuat dengan bahan dasar nira pohon kelapa yang merupakan cairan manis yang berasal dari proses penyadapan batang tanaman pada tumbuhan jenis palem seperti kurma, aren, sagu, dan kelapa.

Nira tersebut kemudian akan diolah dengan cara direbus hingga berbentuk seperti caramel dan pada akhirnya dicetak atau dibentuk hingga menyerupai silinder dan berbentuk seperti batok kelapa.

Baca Juga: Hati-Hati! 6 Penyakit Karena Konsumsi Gula Pada Minuman Setiap Hari

3. Indeks Glikemik

Perbedaan gula aren dan gula merah terletak pada indeks glikemiknya. Glikemik indeks gula aren nilainya 70. Angka ini adalah 2 kali lebih besar dibandingkan nilai glikemik indeks gula kelapa yang niainya 35.

Dalam sebuah penelitian yang bertujuan untuk menilai indeks glikemik gula, gula aren memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula merah. Artinya gula aren meningkatkan kadar glukosa darah pada tingkat yang lebih lambat. Namun, temuan ini tidak dapat disimpulkan.

Menurut American Diabetes Association, indeks glikemik dapat menjadi alat yang membantu ketika mengelola gula darah. Perlu diingat bahwa indeks glikemik dapat bervariasi pada setiap orang. Seperti kebanyakan makanan, gula bukan jenis produk yang berdampak pada kesehatan. Melainkan jumlah produknya yang memengaruhi kesehatan. Sehingga jika berlebihan mengonsumsinya, akan memberi dampak pada kesehatan

4. Warna

Perbedaan gula aren dan gula merah selanjutnya yaitu terletak di warna. Gula aren memiliki warna yang jauh lebih terang dibandingkan dengan gula merah. Jika dibandingkan dengan gula merah warna gula aren lebih lebih terang yakni kuning kemerahan.Sementara, gula merah memiliki tampilan warna cokelat gelap terkadang kemerahan. Warnanya yang khas yaitu cokelat gelap kemerah-merahan.

Baca Juga: Manis Legit nan Legendaris, Ini 6 Jajanan Tradisional dari Gula Merah Khas Indonesia

5. Tekstur

Tekstur dan rasa juga memperlihatkan perbedaan gula aren dan merah. Ketika gula aren memiliki tekstur yang lebih empuk dibanding gula merah dan mudah dihaluskan, di sisi lain gula mearh cenderung memiliki tekstur yang keras. Moms bisa melihat perbedaan ini saat memegang permukaannya.

Sekilas rasa gula aren dan gula merah tampak sama saja. Namun, Moms harus mencermati dan merasakan bahwa gula aren jauh lebih manis dibandingkan gula merah. Aroma dari gula aren pun lebih kuat dibanding gula merah.

6. Cita Rasa

Meski nyaris sama, gula aren terasa lebih legit dibandingkan gula jawa. Aroma dari gula aren pun terasa lebih kuat. Kesimpulannya, gula aren memiliki rasa dan aroma yang lebih spesial dan unik dibandingkan gula jawa. Aroma nira yang kuat jadi ciri khas gula aren.

Mengingat kemungkinan besar Moms akan menggunakan gula aren yang mengandung banyak gula tebu, gula aren dapat digunakan sebagai pengganti gula merah. Ini akan memiliki banyak nada yang sama bersama dengan sedikit smokiness yang seharusnya melengkapi profil rasa hidangan yang membutuhkan gula kelapa.

Gula merah akan menjadi pengganti gula aren yang lumayan, tetapi akan kekurangan aroma berasap dari gula aren murni. Meski begitu, catatan karamelnya harus bekerja di sebagian besar aplikasi gula aren. Ini akan menjadi pertandingan yang lebih dekat daripada kebanyakan pemain pengganti lainnya meskipun itu tidak akan sempurna.

Baca Juga: 5 Manfaat Baik Gula Untuk Tubuh, Wajib Tahu Nih!

7. Cara Menggunakan

Karena aroma dan rasanya yang kuat, gula aren cenderung kerap digunakan sebagai campuran minuman dan makanan manis. Gula aren kerap digunakan sebagai campuran cendol atau dawet karena warnanya le.bih cantik jika berpadu dengan santan. Bahkan di zaman sekarang ini, gula aren dijadikan sebagai campuran dalam resep kopi

Sementara gula merah lebih sering menjadi bahan campuran makanan tradisional seperti resep gudeg, semur, atau pembuatan kecap manis. Ini karena rasa dan aroma gula merah tidak terlalu kuat sehingga tidak banyak memengaruhi rasa asli masakan.

Baca Juga: Ternyata Segini Takaran Gula yang Bisa Dikonsumsi per Hari

8. Sifat Organoleptik

Perbedaan gula aren dan gula merah juga terletak pada sifatnya. Bisa dibilang keunggulan dari gula aren adalah sifat organoleptiknya, Aroma gula aren sangat khas sehingga kerap digunakan untuk pembuatan beberapa minuman khas daerah seperti bandrek, juga digunakan sebagai pemanis dalam pembuatan kopi.

Dilansir dari foodguy, Gula aren kurang halus dibandingkan gula merah, yang berarti mempertahankan sejumlah kecil vitamin, mineral, antioksidan, asam amino, dan bahan nabati sehat lainnya.

Gula merah tidak memiliki sejumlah kecil vitamin, mineral, atau bahan sehat lainnya.

Terlepas dari itu, jika Moms melihat profil nutrisi dasar mereka, mereka hampir persis sama. Sejumlah kecil mineral hanya muncul dalam ukuran porsi besar, yang tidak ingin konsumsi dalam jenis gula apa pun.

Baca Juga: Selain Diabetes, Ini 4 Penyakit Akibat Konsumsi Gula Berlebih

9. Harga

Moms, soal harga juga menjadi perbedaan gula aren dan merah. Biasanya, harga gula aren lebih mahal ketimbang gula merah tergantung berat gula dan variasi lainnya.

10. Kandungan Gizi

Bisa dibilang perbedaan gula aren dan gula merah juga terletak pada kandungan gizinya. Gula aren memang lebih unggul. Kandungan gizi gula aren juga lebih tinggi. Dalam 100 gram gula aren mengandung kalori 268 kkal, karbohidrat 95 g, kalsium 75 mg, fosfor 35 mg, besi 3 mg, dan air 4 mg.

Itulah perbedaan gula aren dan merah. Kini, sudah tidak bingung lagi kan untuk membedakan gula aren dan gula merah. Jangan salah lagi ya!

  • https://paleoflourish.com/coconut-sugar-vs-coconut-palm-sugar
  • https://www.spiceography.com/palm-sugar-vs-coconut-sugar/
  • https://www.verywellfit.com/coconut-sugar-is-it-really-low-carb-2241843
  • https://www.24mantra.com/blogs/organic-food/know-the-difference-between-jaggery-brown-sugar-molasses-and-sugar/
  • https://www.sciencedirect.com/topics/engineering/sugar-production#:~:text=Cane%20sugar%20processing%20consists%20of,any%20remaining%20juice%20or%20syrup.
  • http://organiccoconutpalmsugar.com/coconut-sugar-and-brown-sugar-are-same-or-different/
  • https://www.titanbaking.com/articles/palm-sugar-dan-brown-sugar-apa-bedanya
  • http://www.bonafideanugerahsentosa.com/differences-brown-sugar-coconut-sugar-and-palm-sugar/
  • https://goodlife.id/brown-sugar-atau-gula-aren-mana-pilihanmu/
  • https://www.timesindonesia.co.id/read/news/278634/brown-sugar-and-palm-sugar-are-they-the-same
  • https://foodsguy.com/coconut-sugar-vs-brown-sugar/
  • https://www.msn.com/id-id/gayahidup/berita/masih-bingung-antara-gula-merah-dan-gula-aren-ini-perbedaanya/ar-BB1eli44
  • https://mommyasia.id/9287/article/cari-tahu-perbedaan-gula-aren-dan-gula-merah-yuk-moms
  • https://coffeeland.co.id/serupa-tapi-tak-sama-ini-perbedaan-gula-aren-dan-gula-merah/
  • https://www.organic-coconut-sugar.com/coconut-sugar-vs-palm-sugar/
  • https://nutritionfornonnutritionists.com/2021/05/ask-the-dietitian-is-there-any-nutritional-benefit-to-coconut-sugar-or-date-sugar/
  • https://care.diabetesjournals.org/content/26/8/2466
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait