Selebriti

3 November 2020

Penuh Liku, Ini Perjalanan Oscar Lawalata Mencari Jati Diri

Simak perjalanan Oscar hingga menjadi wanita seutuhnya ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Proses pencarian jati diri setiap orang berbeda-beda. Ada yang cepat, ada pula yang lama. Ada yang sudah tahu seperti apa ia di masa depan nantinya, ada pula yang masih ragu dengan dirinya sendiri.

Hal ini terjadi pada Oscar Lawalata, fashion desainer Indonesia, sekaligus anak dari artis senior Reggy Lawata, yang memutuskan untuk jadi wanita.

Oscar mengaku sudah merasa bahwa dirinya memang berbeda sejak ia menginjak Sekolah Dasar (SD). Mulai dari ia yang lebih suka bermain dengan anak perempuan, hingga dirinya yang tidak menyukai permainan anak laki-laki.

Baca Juga: Chelsea Olivia Melahirkan Anak Kedua di Tanggal Cantik, Selamat!

Bagaimana cara Oscar menjelaskan pada keluarganya tentang kondisi dirinya ini dan ingin memantapkan hati menjadi wanita seutuhnya?

Berikut kisahnya yang ditampilkan dalam video YouTube Orami Entertainment, berjudul “Proses Pencarian Diri Oscar Lawalata”.

Bergejolak dengan Diri Sendiri

Oscar Lawalata

Foto: YouTube Orami Entertainment

Menurut Oscar, dirinya juga memiliki ketakutan saat akan menceritakan kondisinya kepada ibu dan adiknya, Mario Lawalata. Namun jauh sebelum ini, dirinya sudah cukup banyak berbicara dengan dirinya sendiri.

“Waktu itu ketertarikan saya memang kepada laki-laki. Namun karena ini merupakan hal yang masih tabu, jadi hanya bisa sembunyi-sembunyi dan lebih banyak berbicara pada diri sendiri,” cerita Oscar.

Ia mengaku hal ini membuatnya sedikit kesulitan, karena pada akhirnya hanya berbicara pada diri sendiri.

Sudah di Bully sejak Kecil

Oscar Lawalata

Foto: YouTube Orami Entertainment

Memiliki tubuh laki-laki, namun di dalam dirinya sebetulnya berbeda adalah hal yang sulit untuk Oscar. Bahkan is mengaku ada banyak ketakutan dalam dirinya sejak kecil. Seperti misalnya saat ia harus naik kelas dan bertemu teman-teman baru, dirinya akan merasa nervous dalam pertemanan baru.

“Mau pindah naik kelas dan ketemu teman baru aja gugup rasanya, deg-degan. Karena aku sudah tahu, pasti aku akan dikatain deh,” kenang Oscar.

Baca Juga: 4 Potret Seo Ye Ji dengan Gaun Mewah di Buil Film Awards 2020

Begitu pula ketika ia beranjak dari SD ke SMP dan begitu seterusnya. Ia selalu gugup saat akan memasuki sebuah lingkungan yang baru.

Mulai Membuka Diri ke Sahabat melalui Surat

Oscar Lawalata

Foto: YouTube Orami Entertainment

Oscar mulai bercerita mengenai dirinya yang beda pertama kali adalah kepada sahabat SMA-nya. Ia mengaku saat itu ia bercerita melalui sebuah surat. Dari situ ia mulai berani terbuka dan menceritakan tentang apa yang dirasakan.

Mulai dari situ, saat menginjak bangku kuliah, Oscar pun mengaku bahwa dirinya mulai berani untuk berubah sedikit demi sedikit.

“Jadi mulai dari baju dulu, aku mulai dari gaya yang androgini, lalu kalau ingin pakai make up, mulai poleskan sedikit-sedikit. Jadi perubahan yang aku lakukan itu bertahap,” tutur Oscar.

Masih Bingung dengan Jati Dirinya

Oscar Lawalata

Foto: YouTube Orami Entertainment

Sampai ketika mengaku pada ibunya, Oscar mengaku ia masih bingung apa sebenarnya spectrum gendernya, apa yang ia inginkan.

“Aku cuma bilang sama mama kalau aku bukan heteroseksual, namun aku masih belum tahu, aku akan jadi apa ke depannya. Aku masih harus mencari jati diriku,” ujar Oscar.

Namun dari hal tersebut, Oscar sudah tidak melibatkan ibunya lagi karena sudah menceritakan kondisinya. Selanjutnya adalah tugasnya untuk mencari tahu apa yang ia inginkan.

Baca Juga: 5 Foto Transformasi Tya Ariestya setelah Menurunkan Berat Badan 20 kg dalam 4 Bulan

Oscar mengaku ia selalu membawa setiap keputusannya dalam doa. Saat merasa tidak pasti, ia juga terus berdoa untuk meminta jawaban atas pertanyaannya yang berlum terjawab.

Perjalanan Cinta yang Menyadarkannya

Oscar Lawalata Transgender

Foto: YouTube Orami Entertainment

Setiap manusia pasti ingin dicintai dan memiliki seseorang yang bisa mencintai kita apa adanya. Untuk Oscar, hal ini tidak di temukannya.

Ia mengaku saat menjadi laki-laki, pernah mencoba untuk menjalin sebuah hubungan, bahkan hal ini juga ia coba saat di luar negeri. Sayangnya pada akhirnya apa yang ia cari tidak ditemukan.

Ia mengaku juga mulai lelah berdiri di dalam dua sisi. Dari sinilah, ia memantapkan diri untuk hidup sepenuhnya sebagai seorang wanita.

“Dan puji Tuhan, semuanya dari prosedur hingga proses pemulihan, semuanya berjalan dengan lancar,” tutuo Oscar Lawalata.

Itu dia Moms kisah perjalanan seorang Oscar Lawalata dalam menemukan jati dirinya yang sesungguhnya. Moms juga bisa mencari tahu lebih lanjut di video berikut ini.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait