Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Janin Minggu Ke-21

Bagikan


Perkembangan Janin Minggu Ke-21

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini sekitar 18-20 cm dan berat badan janin sekitar 300 gram. Pertumbuhan dan perkembangan janin sudah mulai melambat minggu ini.

Janin masih tetap bersemangat untuk menendang-nendang dan mencari posisi yang lebih nyaman. Beberapa janin sudah memposisikan dirinya dengan kepala di bawah pada akhir trimester ini, namun beberapa janin baru akan memiliki posisi kepala di bawah pada akhir kehamilan.


Proses menelan yang dilakukan janin saat ini akan membantu pertumbuhan dan perkembangan sistem pencernaannya berfungsi dengan baik setelah lahir. Usus bayi sudah cukup berkembang sehingga ia sudah mampu menyerap atau menelan gula dari cairan lalu dilanjutkan melalui sistem pencernaan menuju usus besar.

Cairan ketuban yang ditelan oleh janin juga berperan dalam memberikan sejumlah kalori untuk kebutuhan nutrisi. Jenis lemak yang disebut dengan brown fat akan mulai terakumulasi di tubuh janin yang berfungsi menjaga kehangatan dan mengatur suhu tubuh janin.

TUBUH MOMS

Peningkatan produksi kelenjar minyak dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Karenanya, selalu bersihkan wajah Moms setelah bepergian. Jangan menggunakan obat anti jerawat karena beberapa dari obat tersebut berbahaya bagi kehamilan. Bersabarlah karena jerawat ini akan hilang setelah persalinan.

Selain itu, semakin besar kehamilan maka akan terjadi peningkatan tekanan di pembuluh darah vena kaki. Kadar progesteron yang tinggi juga dapat menyebabkan relaksasi pembuluh vena di kaki sehingga semakin memudahkan terjadinya varises.

TIPS: HINDARI VARISES

  • Berolahragalah secara teratur.
  • Naikkan kaki Moms lebih tinggi ketika sedang beristirahat.
  • Secara rutin istirahatkan kaki Moms apabila sudah berdiri dalam jangka waktu tertentu.
  • Pakai sepatu atau sandal yang nyaman dan tidak memiliki hak.
  • Kenakan pakaian yang tidak menghambat sirkulasi pada lutut atau paha.
  • Jangan menyilangkan kaki Moms karena menggangu sirkulasi.

 

Narasumber: dr. Ariefandy Pambudi, SpOG (RSIA Kendangsari MERR Surabaya)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.