Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Janin Minggu Ke-27

Bagikan


Perkembangan Janin Minggu Ke-27

PERKEMBANGAN JANIN

Pada minggu ini berat janin hampir mencapai 1.000 gram (sekitar 875-950 gram), dengan panjang badan dari kepala hingga tumit sekitar 36,6-38 cm.

Indera mata pun semakin sempurna, karena kelopak matanya terbuka dan retina berkembang semakin sempurna.

Sejalan dengan itu, bagian visual otaknya pun menjadi semakin aktif.  Salah satu indera yang mulai berkembang adalah indera perasanya.

Dia pun semakin pandai mengisap ibu jari. Uniknya, beberapa ahli percaya bahwa pada masa ini janin mulai bisa bermimpi manis.

Pergerakan janin yang semakin aktif pun membuat Moms semakin bisa berinteraksi dengannya. Bila Moms memberikan stimulasi berupa suara yang keras, bayi akan otomatis menendang.

TUBUH MOMS

Karena kondisi perut yang semakin membesar, makin kurang nyaman pula kondisi tubuh Moms. Biasanya minggu ini Moms semakin sering merasakan gerah dan mudah berkeringat.

Moms juga kadang sering merasa semacam sulit bernapas karena paru-paru tidak bisa mengembang seperti biasanya. Meskipun begitu, tubuh Moms akan cepat beradaptasi dengan perubahan-perubahan ini.

Tanda lain yang mungkin dialami adalah perut yang mulai terasa gatal, akibat meregangnya serat kolagen di lapisan tengah kulit.

Bagian areola pada payudara semakin gelap dan meliputi hampir setengah bagian payudara.

TIPS: Atasi Insomnia Pada Ibu Hamil

Karena tubuh yang mulai lelah, kadang Moms jadi susah untuk tidur. Belum lagi intensitas buang air kecil yang meningkat, dan otak yang lebih sering memikirkan kekhawatiran sehubungan dengan persiapan kelahiran.

Untuk membantu Moms mengatasi insomnia, coba lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Tidur dengan posisi menyamping untuk mengurangi nyeri punggung. Tidur di sisi kiri bisa membantu meningkatkan pasokan nutrisi darah ke plasenta Moms.
  2. Rajin mengikuti senam hamil, karena di situ Moms akan diajarkan tips mengenai relaksasi bagi ibu hamil.
  3. Hindari makanan pedas, gorengan, bumbu berlebihan, cokelat dan makanan mengandung kafein.
  4. Cobalah untuk mengonsumsi biskuit, roti atau segelas susu hangat untuk membantu Moms bisa tidur lebih baik.
  5. Coba cek suhu ruangan kamar Moms. Pastikan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas untuk kenyamanan Moms.

 

Narasumber: dr. Ariefandy Pambudi, SpOG (RSIA Kendangsari MERR Surabaya)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.