Bayi

18 Mei 2020

5 Perlengkapan yang Dibutuhkan Bayi Kembar, Catat!

Selain stroller dobel, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk bayi kembar?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika memiliki bayi Moms akan mempersiapkan beberapa perlengkapan, rasa-rasanya Moms harus membeli semuanya sedara dobel jika memiliki anak kembar, bukan begitu? Namun biasanya, Moms akan tergoda dengan warna dan tampilannya yang menggemaskan.

Untungnya, Moms tidak perlu membeli dua seluruhnya. Ada banyak item yang bisa digunakan bersama-sama atau bahkan Si Kecil tidak membutuhkannya sama sekali. Meskipun stroller adalah suatu keharusan, Moms tidak harus menggandakan setiap item.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), beberapa item memang penting, tetapi sebagian besar hal, meskipun menarik biasanya tidak diperlukan. Ada yang bahkan tidak berguna.

Baca Juga: 5 Tips Berhemat Saat Belanja Perlengkapan Bayi

Perlengkapan yang Dibutuhkan Bayi Kembar

Jadi, apa saja perlengkapan dasar untuk bayi kembar? Cari tahu di sini.

1. Dua Kursi Mobil

Ini 5 Perlengkapan yang Dibutuhkan Jika Memiliki Bayi Kembar -1.jpg

Foto: Twinstantrumsandcoldcoffee.com

Perlengkapan bayi kembar yang pertama adalah dua car seat. Saat berbelanja kursi mobil bayi, cari model dengan batas berat terendah di pasaran untuk mengakomodasi bayi prematur.

Karena banyak bayi kembar yang lahir prematur dan sebagian besar rumah sakit sangat merekomendasikan kursi mobil untuk bayi kembar.

Hal yang sama berlaku untuk kursi konversi setelah si kembar telah melampaui kursi bayi saat mereka melewati batas berat badan berkisar antara 9 hingga 15 kilogram. Tetapi bayi mungkin akan terlihat lebih tinggi sebelum mencapai berat maksimum tersebut.

2. Stroller Dobel

Ini 5 Perlengkapan yang Dibutuhkan Jika Memiliki Bayi Kembar -2.jpg

Foto: Honeykidasia.com

Perlengkapan bayi kembar yang selanjutnya adalah stroller dobel. Moms akan membutuhkannya sebelum si kembar bisa berjalan sendiri, karena hanya memiliki satu stroller saja tidak akan banyak menolong. Selama beberapa bulan pertama, pilih stroller yang memiliki rangka yang ringan dan mudah dilipat.

Selain itu, cari juga stroller yang memungkinkan Moms untuk mudah memindahkan bayi yang sedang tidur dari kursi mobil ke stroller tanpa mengeluarkannya dari kursi mobil. Ini akan sangat cocok untuk perjalanan ke mal atau toko kelontong ketika Moms membutuhkan kereta dorong yang ringkas.

Moms juga pasti ingin memiliki stroller sehari-hari yang tumbuh bersama bayi. Kereta tandem di mana satu kursi di depan yang lain akan lebih mudah untuk bermanuver melalui pintu dan di toko-toko, sementara opsi berdampingan cenderung lebih baik saat berada di taman. Tentu saja ini adalah masalah pilihan.

"Anda akan menghabiskan begitu banyak waktu dengan stroller, sehingga ini mungkin merupakan pembelian yang lebih penting daripada mobil Anda, karena akan memberikan penghematan," kata Caitlin F. Curtin, direktur eksekutif Manhattan Twins Club, sebuah organisasi keanggotaan yang mendukung orang tua dan pengasuh.

Baca Juga: Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibawa Saat di Rumah Sakit

3. Dua Boks

Ini 5 Perlengkapan yang Dibutuhkan Jika Memiliki Bayi Kembar -3.jpg

Foto: Pinterest.com

Perlengkapan bayi kembar yang selanjutnya adalah dua boks bayi. Jika Moms memiliki dua boks bayi sejak awal dan tinggal di rumah bertingkat, pertimbangkan untuk menyiapkan boks bayi di lantai yang berbeda, sehingga Moms tidak perlu membawa dua bayi naik tangga untuk setiap tidur siang.

Ini juga berlaku untuk cabinet, meja dan lemari penggantian popok. Moms akan mengganti banyak popok, sehingga memiliki meja ganti yang diisi penuh dan ember popok di setiap lantai sangat akan membantu.

Jika masih kecil, si kembar bisa diletakkan dalam satu boks bersama-sama. Jika mulai besar, pisahkan mereka dalam boks masing-masing untuk memaksimalkan ruang geraknya. Jangan lupa untuk memilih boks yang memenuhi semua spesifikasi keselamatan.

Boks baru harus memenuhi standar keselamatan, tetapi jika memilih boks bekas, periksa dengan hati-hati untuk memastikannya memenuhi standar yang sama.

4. Bantal Menyusui Dobel

Ini 5 Perlengkapan yang Dibutuhkan Jika Memiliki Bayi Kembar -4.jpg

Foto: Lucieslist.com

Perlengkapan bayi kembar yang selanjutnya adalah bantal menyusui dobel. Menyusui dua bayi pada saat yang sama memang memungkinkan, tetapi jauh lebih sulit dilakukan jika tanpa bantal menyusui yang baik.

Tergantung pada apa yang Moms rasakan paling nyaman, adala bantal menyusui yang lebih lembut yang menempel di punggung, ada pula yang yang lebih kencang yang membuat bayi tepat di tempat meletakkannya.

Bantal yang berbentuk M dan bukan berbentuk C sangat bagus untuk pemberian susu botol, karena Moms dapat menopang setiap bayi secara terpisah.

"Satu lagi yang harus dimiliki, jika Anda memberi susu botol, ini adalah tempat bagi anak-anak untuk duduk sambil menikmati susu botolnya, “ tambah dia.

Baca Juga: 7 Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Disewa Saja, Lebih Hemat!

5. Gendongan Khusus Bayi Kembar

Ini 5 Perlengkapan yang Dibutuhkan Jika Memiliki Bayi Kembar -5.jpg

Foto: Mumsgrapevine.com

Perlengkapan bayi kembar yang selanjutnya adalah gendongan khusus bayi kembar. Akan ada banyak waktu di mana satu-satunya cara Moms dapat melakukan sesuatu adalah dengan mengikat dua bayi ke dada Anda. Tergantung pada preferensi dan apa yang paling nyaman, Moms dapat memilih untuk carrier-style, menggandakan pada sling atau membeli carrier khusus yang dirancang untuk dua bayi.

Kenyamanan adalah hal yang paling utama, karena Moms akan menggendong dua bayi secara bersamaan.

"Saya menyadari akan sangat menyenangkan bisa memegang mereka berdua pada saat yang sama dan hanya berjalan keluar dari pintu dan tidak harus berurusan dengan kereta dorong," katanya.

Nah, itulah kebutuhan perlengkapan bayi kembar yang perlu Moms siapkan. Memilih peralatan untuk bayi kembar memang mengasyikan ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait