Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Rupa-rupa | Jun 14, 2018

Siap-siap, Ini 7 Pertanyaan Menyebalkan Saat Lebaran dan Cara Cerdas Menjawabnya

Bagikan


Lebaran tinggal menghitung hari ini nih, Moms. Artinya, tidak lama lagi kita akan bertemu dengan keluarga besar. Sebagian dari Moms pasti sudah mulai deg-degan nih karena takut ditanya yang aneh-aneh.

Lebaran memang merupakan momen silaturahmi bagi keluarga dan sahabat. Tapi di sisi lain, Lebaran juga jadi momen untuk melontarkan pertanyaan-pertanyaan usil.

Sudah pada siap belum untuk menerima dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut? Ada baiknya kita menyiapkan segala kemungkinan pertanyaan dan jawabannya. Dengan begitu, saat ditanya nanti, Moms sudah lancar menjawab.

Apa saja kira-kira pertanyaan menyebalkan saat Lebaran dan cara cerdas menjawabnya?

1. Pertanyaan “Kapan?”

Pertanyaan yang diawali dengan kata “kapan” memang jadi pertanyaan paling menyebalkan ketika Lebaran. Bayangkan saja, ditanya kapan nikah, kapan punya anak, kapan punya anak lagi, kapan lulus kuliah, kapan menyusul ke pelaminan, dan kapan-kapan lainnya.

Ingin rasanya menjawab, “Hanya Tuhan yang tahu”. Tapi kesannya jadi tidak sopan ya? Kalau ada pertanyaan kapan, lebih baik dijawab dengan “Mohon doanya ya”. Singkat dan padat, sehingga tidak membuat kita makan hati untuk menjawabnya.

2. Mana THR-nya?

Dulu waktu kecil, pertanyaan ini paling sering kita tanyakan ke oom dan tante. Nah, saat giliran kita yang jadi oom dan tante, rasanya berat menjawab pertanyaan para keponakan tersayang itu.

Apalagi kalau ternyata kita masih berjuang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. “Nanti” sambil tersenyum bisa jadi cara jawab paling diplomatis.

Baca juga: 6 Rahasia Makeup Agar Cantik Bercahaya Ala Syahrini di Momen Lebaran

3. Sendiri Saja? Sama yang Kemarin Gimana?

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan sama sanak saudara yang kepo berat. Buat yang punya pasangan, pertanyaan ini bisa dijawab dengan lantang dan penuh percaya diri.

Tapi, buat yang masing jomblo atau baru putus, rasanya berat atau kagok untuk menjawabnya. Cukup jawab dengan santai, “Iya nih, sendiri juga asyik kok, masa harus dibawa ke mana-mana?”

4. Kapan Lulus?

Jika saat ini kita sedang menjalani kuliah, pertanyaan mengenai kelulusan, skripsi, atau thesis bisa menjadi sesuatu yang sangat senstif.

Daripada kita kesal, jawab saja dengan senyuman dan meminta doa dari para saudara. Tak perlu menghabiskan waktu kita untuk menjawab serius pertanyaan usil semacam itu ya!

5. Wah, Kok Gemukan?

Pertanyaan menyebalkan saat Lebaran lainnya adalah yang mengomentari kondisi fisik kita. Baik ukuran tubuh, juga warna kulit.

Kalau kita mau balas dengan jawaban yang tidak kalah menusuk, bisa jawab dengan “Lho, tante juga jadi gemuk ya!” Dijamin saudara kita akan kesal dan berhenti menanyakan tentang fisik kita.

Baca juga: 5 Tips Pintar Membeli Baju Lebaran yang Mudah Dipadupadan dan Bisa Digunakan Kapan Saja

6. Bawa Oleh-oleh Apa Nih?

Ditanyakan oleh-oleh setelah belasan bahkan puluhan jam terjebak dalam kemacetan arus mudik sudah pasti bikin gondok.

Kalau yang satu ini sih tidak perlu dibalas, tapi kita perlu menenangkan diri dulu dengan duduk sejenak, barulah bagikan oleh-oleh tersebut. Jika kita tidak bawa oleh-oleh juga santai saja, tidak usah merasa bersalah ya!

7. Kerja di Mana Sekarang?

Pertanyaan kerja di mana pasti masuk dalam bursa pertanyaan untuk para fresh graduate ataupun yang sudah bekerja. Kalau Moms ternyata bekerja di perusahaan besar yang namanya dikenal oleh seluruh anggota keluarga, pertanyaan ini tidak perlu dikhawatirkan.

Tapi, buat yang bekerja di perusahaan yang tidak terkenal, siap-siap dapat pertanyaan lanjutan “Itu perusahaan apa ya?”. Dan jika kita belum kerja, lebih baik meminta doa atau sekalian minta dicarikan pekerjaan.

Sudah terbayang kan pertanyaan menyebalkan saat Lebaran dan jawabannya. Sudah saatnya dihafalkan biar lancar menjawabnya. Selamat mencoba!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.