Kesehatan Umum

14 Juni 2021

Jangan Panik! Ini 5 Langkah Mudah Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut

Jangan panik! Ini pertolongan pertama anak sakit perut nih, Moms!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Pertolongan pertama anak sakit perut sangatlah penting untuk diketahui Moms dan Dads terlebih untuk yang baru memiliki anak. Apalagi, Si Kecil masih belum terlalu mengerti mengenai rasa sakit apa yang dirasakan.

Tahu dan paham mengenai pertolongan pertama anak sakit perut akan sangat dibutuhkan ketika Si Kecil benar-benar mengeluhkan rasa sakitnya.

Sementara itu, dilansir dari sebuah studi yang berjudul Relations Between Food Intake, Psychological Distress, and Gastrointestinal Symptoms, sakit perut pada anak sendiri bisa terjadi karena kesalahan makan atau juga efek psikologis.

Dengan Moms memahami penyebab dan bisa membedakan rasa sakitnya, Moms bisa mengetahui pertolongan pertama anak sakit perut yang cocok dan dibutuhkan oleh Si Kecil.

Lalu apa saja sih jenis sakit perut yang sering dialami Si Kecil? Lalu, apa saja yang bisa dilakukan oleh orangtua sebagai pertolongan pertama anak sakit perut? ini dia!

Baca Juga: Anak Sering Mengeluh Sakit Perut? Kenali 5 Penyebabnya Disini!

Jenis Sakit Perut pada Anak

pertolongan pertama anak sakit perut

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul An Approach to Functional Abdominal Pain in Children and Adolescents menyebutkan bahwa nyeri perut paling kronis pada anak-anak dan remaja bersifat fungsional. Sekitar 15% anak sekolah mengalami episode nyeri perut mingguan dan 8% dari presentasi tersebut pun melakukan konsultasi dengan dokter

Anak-anak memang sering kali mengeluh mengenai sakit perut. Ini adalah salah satu alasan paling umum orangtua mengantarkan anak mereka ke dokter dengan kasus darurat.

Sakit di perut sendiri bisa sulit untuk didiagnosa. Dokter pun akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk memeriksa Si Kecil. Namun terkadang masalahnya pun sangat jelas sehingga tak perlu melakukan tes apapun.

Namun jangan khawatir ya, Moms biasanya rasa sakit perut yang dirasakan oleh anak tidak membahayakan dan bisa dihilangkan dengan pertolongan pertama anak sakit perut.

Sakit perut anak bisa membaik dan menghilang dalam beberapa jam atau beberapa hari tanpa perawatan khusus. Dilansir dari Better Health, ini dia hal-hal yang membuat anak sakit perut.

  • Masalah usus: Semebelit, kolik, atau iritasi usus besar
  • Gastroenteritis: Infeksi ginjal, kandung kemih, atau infeksi bagian tubuh lain.
  • Masalah makanan: Terlalu banyak makan, keracunan makanan, alergi makanan
  • Sakit menstruasi: Anak perempuan bisa merasakan sakit sebelum mulai menstruasi

Nah, sekarang kita sudah mengetahui apa saja penyebab sakit perut yang terjadi pada Si Kecil. Selanjutnya, yuk ketahui pertolongan pertama anak sakit perut yang bisa dilakukan oleh orangtua!

Baca Juga: 4 Penyebab Sakit Gigi pada Orang Dewasa, Berbeda dari Anak-anak

Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut

pertolongan pertama anak sakit perut

Foto: Orami Photo Stock

Nah, Moms setelah mengetahui penyebab Si Kecil sakit perut, Moms juga perlu melakukan pertolongan pertama anak sakit perut, nih!

Jangan sampai Moms malah kebingungan dalam menghadapi situasi ini, ya! Si Kecil pastinya akan bergantung pada Moms dan Dads dalam memahami situasi yang tengah ia alami.

Jadi berikut hal yang bisa Moms dan Dads lakukan sebagai pertolongan pertama anak sakit perut!

Baca Juga: Apakah Sakit Perut Merupakan Tanda Usus Buntu pada Anak?

1. Pastikan Si Kecil Istirahat

Pertolongan pertama anak sakit nomor satu adalah pastikan Si Kecil untuk mendapatkan istirahat yang cukup, Moms. Sakit perut bisa membuat anak tak nyaman dan membuat mereka sulit untuk beristirahat.

Ketika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup maka bisa membuat imunitas menurun. Jadi, pastikan Si Kecil mendapatkan waktu tidur atau istirahat yang cukup.

2. Pastikan Minum Cairan yang Cukup

pertolongan pertama anak sakit perut

Foto: Orami Photo Stock

Pertolongan pertama anak sakit perut yang kedua adalah dengan memintanya minum banyak air putih. Hal yang satu ini jangan sampai terlewatkan ya Moms.

Moms perlu membuat Si Kecul paham bahwa tubuh membutuhkan cairan lebih banyak ketika sakit perut melanda. Moms juga bisa mengakalinya dengan memberikan jus buah untuk Si Kecil.

Baca Juga: 9 Obat Sakit Gigi Anak untuk Meredakan Nyerinya, Salah Satunya dengan Paracetamol!

3. Jangan Paksa Dia Makan

Walau aneh, namun jangan memaksa Si Kecil untuk makan. Ini adalah salah satu bentuk pertolongan pertama anak sakit perut, Moms! Meski Si Kecil membutuhkan makanan untuk sumber energinya, namun jangan paksa dia makan dan memarahinya ya. Cobalah untuk memberikan pengertian.

Jika Si Kecil lapar, Moms bisa memberikan makanan dengan tekstur halus seperti bubur atau jus buah yang bisa mengisi perut Si Kecil.

Mengonsumsi banyak cairan seperti air putih bisa menenangkan saraf yang sakit di bagian perut, Moms.

4. Kompres Menggunakan Air Panas

pertolongan pertama anak sakit perut

Foto: Orami Photo Stock

Pertolongan pertama anak sakit perut selanjutnya adalah dengan memberikan kompres. Moms bisa memanfaatkan handuk yang direndam di air hangat atau memberikan Si Kecil botol berisikan air panas untuk mengompres perutnya yang sakit.

Rasa panas yang diberikan oleh kompres bisa membantu tubuh melawan rasa sakit pada perut. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh obat pereda nyeri lainnya.

5. Berikan Obat, Namun....

Moms bisa memberikan obat seperti paracetamol sebagai pertolongan pertama anak sakit perut. Namun perlu diketahui bahwa dosis yang dibutuhkan oleh anak akan sangat berbeda dengan dosis orang dewasa.

Jadi lihatlah instruksi yang ada di kardus obat secara teliti ya, Moms!

Baca Juga: Sebabkan Kematian, Kenali 7 Gejala DBD Pada Anak dan Pertolongan Pertama yang Harus Diberikan

Kapan Harus Cek ke Dokter?

pertolongan pertama anak sakit perut

Foto: Orami Photo Stock

Jika memang sakit perut yang dialami oleh Si Kecil sangat parah dan pertolongan pertama anak sakit perut tidak berfungsi, maka Moms harus segera membawa Si Kecil untuk diperiksa ke dokter.

Cobalah untuk pergi ke dokter ketika;

  • Rasa sakit semakin buruk atau berpindah
  • Si Kecil jadi demam atau kedinginan
  • Si Kecil jadi pucat dan berkeringat
  • Muntah lebih dari 24 jam
  • Menolak makan atau minum
  • Ada darah di muntahan atau di kotoran saat buang air besar
  • Buang air kecil kurang dari 4 kali sehari
  • Adanya ruam kulit
  • Keluhan lainnya

Ketika pertolongan pertama anak sakit perut tak ampuh dilakukan dan jika memang dokter masih belum menemukan penyebab dari rasa sakit yang dirasakan oleh Si Kecil, maka biasanya dokter akan meminta izin untuk melakukan tes lebih mendalam.

Tes yang Akan Dilakukan Dokter

pertolongan pertama anak sakit perut

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang tadi sudah sempat disebutkan, tes untuk Si Kecil yang mengalami masalah sakit perut biasanya tidak diperlukan.

Namun jika memang dokter memerlukan untuk melakukan tes lebih lanjut, biasanya yang akan dilakukan adalah;

  • Tes darah
  • Tes urin
  • Sampel kotoran saat BAB
  • X-Rays
  • Review dari dokter spesialis

Ketika dokter memutuskan untuk melakukan tes, dokter akan menjelaskan hasil dari tes tersebut pada Moms. Beberapa hasil dari tes tersebut memerlukan beberapa hari untuk keluar.

Nah itu dia Moms beberapa langkah pertolongan pertama anak sakit perut. Yang pasti, jangan terlanjur panik ketika mengetahui Si Kecil sedang kesakitan ya. Kita harus tetap tenang agar Si Kecil pun bisa melewati ini dengan lebih tenang.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6683644/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3381269/
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/abdominal-pain-in-children
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait