Kesehatan

3 Juni 2021

Catat! Ini 12 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Ini cara sederhana yang bisa Moms lakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Asam lambung sering sekali dikeluhkan dan datang secara tiba-tiba. Jika sudah kambuh, maka muncul rasa mual, tenggorokan serasa terbakar, dan tidak nyaman.

Asam lambung atau GERD adalah penyakit kronik pada sistem pencernaan. Melansir Missouri Medicine, GERD terjadi karena asam lambung terus menerus dan teratur mengalir ke kerongkongan.

Kerongkongan juga bisa disebut sebagai pipa makanan atau kerongkongan dan merupakan saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut.

Asam di kerongkongan menyebabkan mulas dan gejala lainnya, serta kemungkinan kerusakan jaringan. Moms sakit asam lambung tidak boleh diabaikan dan dianggap sepele. Hal ini karena bisa mengakibatkan kematian.

Jika asam lambung terjadi secara tiba-tiba, ada beberapa cara pertolongan pertama saat asam lambung naik yang bisa Moms lakukan.

Kira-kira apa saja ya pertolongan pertama saat asam lambung naik? Mari kita simak.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Asam Lambung pada Anak yang Harus Dihindari

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Asam lambung merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat. Namun, penyakit ini sering diabaikan sebab gejalanya muncul hanya sebentar.

Moms diharapkan mengetahui pertolongan pertama saat asam lambung naik, karena bisa mencegah kondisi kesehatan yang bisa berakibat fatal.

Berikut ini pertolongan pertama saat asam lambung naik.

1. Longgarkan Pakaian

melanggorkan celana

Foto: Orami Photo Stock

Pertolongan pertama saat asam lambung naik adalah longgarkan pakaian. Salah satu pemicu asam lambung naik, yaitu terdapat tekanan pada perut.

Moms bisa menghilangkan segala tekanan pada perut dengan melonggarkan pakaian atau celana. Tak hanya itu, naiknya asam lambung membuat mual sehingga perut terasa sesak.

Dengan melonggarkan pakaian atau celana, Moms bisa bernafas dengan lega dan tidak merasakan sesak.

2. Mengunyah Permen Karet

Cara sederhana yang bisa Moms lakukan sebagai pertolongan pertama saat asam lambung naik adalah menguyah permen karet.

Melansir Journal of Dental Research, mengunyah permen karet dapat bekerja mengurangi asam di kerongkongan.

Tindakan mengunyah dapat meningkatkan produksi air liur dan menyebabkan menelan lebih banyak. Ini memungkinkan setiap keasaman di mulut dapat dibersihkan lebih cepat.

Mengunyah permen karet juga dapat memberikan kelegaan lebih. Permen karet dapat menetralkan asam yang ada di kerongkongan.

3. Meninggikan Posisi Bantal

tidur

Foto: Orami Photo Stock

Moms tak jarang naiknya asam lambung terjadi ketika sedang berbaring di atas kasur. Jika mengalami kondisi ini, Moms bisa meninggikan posisi bantal.

Jika meninggikan posisi bantal dirasa belum cukup, Moms bisa meninggikan posisi pinggang dan kepala. Hal yang terpenting adalah bagian kepala hingga pinggang harus lebih tinggi daripada kaki ya Moms.

4. Berdiri

Penyebab naiknya asam lambung sangat beragam, salah satunya postur tubuh. Jika Moms mengalami kondisi ini, pertolongan pertama saat asam lambung naik adalah berdiri tegak dan jangan tiduran.

Cara ini dapat mengurangi tekanan pada otot kerongkongan bagian bawah sehingga dapat menghilangkan rasa sakit akibat naiknya asam lambung.

Baca Juga: 4 Penyakit Ini Ternyata Muncul karena Gangguan Asam Lambung

5. Minum Cuka Sari Apel

sari cuka apel

Foto: Orami Photo Stock

Cuka sari apel mentah adalah cairan fermentasi yang terbuat dari apel, bakteri baik, dan ragi yang dihancurkan. Ini kaya protein dan enzim yang dapat membantu memecah bakteri jahat dalam makanan.

Cuka sari apel mentah dapat mengurangi gejala asam lambung yang naik.

Moms bisa mempraktikkan pertolongan pertama saat asam lambung naik ini dengan mencampurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas kecil air.

Mengonsumsi cuka sari apel secara berlebihan memang dapat merusak enamel gigi. Untuk meminimalkan hal ini, minum mnggunakan sedotan.

6. Mengonsumsi Jahe

Jahe dikenal luas karena sifat anti-inflamasi, kandungan ini dapat mengurangi peradangan akibat asam lambung.

Melansir Food Science & Nutrition, jahe sudah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan alternatif untuk naiknya asam lambung.

Moms bisa mengolah jahe dengan mengiris, memarut, atau dijadikan teh. Saat ini, jahe juga tersedia sebagai suplemen oral tetapi ada baiknya Moms konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

7. Mengonsumsi Madu

madu

Foto: Orami Photo Stock

Pertolongan pertama saat asam lambung naik selanjutnya adalah mengonsumsi madu murni.

Madu memiliki khasiat antimikroba yang dapat menghilangkan gejala naiknya asam lambung. Mengonsumsi madu untuk mengatasi asam lambung adalah cara terbaik mengurangi sensasi terbakar pada tenggorokan karena madu membantu melapisi esofagus.

Cara mengonsumsinya, yaitu mencampurkan 1 sendok teh madu dengan segelas air hangat atau teh. Moms bisa melakukan cara ini sehari dua kali ya.

Baca Juga: 3 Jenis Obat Asam Lambung dan Cara Kerjanya, Wajib Tahu!

8. Makan Sayuran Hijau

Sayuran hijau dikenal rasanya yang pahit. Moms ternyata rasa pahit tersebut bisa menjadi pertolongan pertama saat asam lambung naik, lho.

Rasa pahit pada sayur menggairahkan sistem pencernaan dan mengingatkan tubuh bahwa makanan kompleks sedang dimakan. Ini seperti jam alarm untuk sistem pencernaan, ia memberi sinyal pada tubuh untuk mengeluarkan asam lambung, enzim pencernaan, dan empedu.

Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran, seperti bayam, kangkung, arugula, dan dandelion. Hal ini karena tanaman tersebut dikenal memiliki rasa yang pahit.

9. Kunyah Makanan

mengunyah makanan.jpg

Foto: mogrendental.com

Naiknya asam lambung sering terjadi ketika sedang makan. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengunyah makanan secara menyeluruh.

Mengunyah makanan dapat memengaruhi cara tubuh mencerna makanan dengan baik. Pertolongan pertama saat asam lambung naik ini juga lebih merangsang enzim pencernaan, sehingga menghilangkan gejala naiknya asam lambung.

10. Mengonsumsi Suplemen HCL

Seiring bertambahnya usia, perut menghasilkan lebih sedikit pepsin. Pepsin adalah enzim yang memecah protein dan membantu pencernaan.

Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang sering mengalami naiknya asam lambung.

Untuk mengatasinya, Moms bisa mengonsumsi suplemen HCL, yaitu suplemen yang membantu cara kerja enzim pencernaan sehingga mencegah gejala asam lambung.

Baca Juga: 5 Makanan Untuk Redakan Gejala Asam Lambung Pada Anak

11. Hindari Makanan Olahan

Junkfood

Foto: Orami Photo Stock

Moms, makan memang mencegah naiknya asam lambung. Namun, perlu diperhatikan juga asupan yang dikonsumsi.

Makanan olahan dan gula dapat menyebabkan peradangan di perut, menurunkan aktivitas asam, dan memicu gejala naiknya asam lambung.

Tak heran jika Moms sering merasakan naiknya asam lambung ketika makanan olahan atau junkfood.

Mulai saat ini, pertimbangkan untuk menerapkan pola makan yang sehat dapat meningkatkan proses pencernaan, memungkinkan perut untuk memecah makanan secara memadai dan menyerap protein penting ke dalam tubuh.

12. Kurangi Porsi Makan dan Makan Lebih Sering

Makan dengan porsi besar sering kali membuat pencernaan stres dan menyebabkan naiknya asam lambung. Karena asam adalah bagian penting untuk benar-benar memecah makanan di perut.

Semakin besar porsi makanannya, semakin banyak asam yang perlu diproduksi. Kondisi ini dapat meningkatkan gejala naiknya asam lambung saat berbaring untuk tidur. Jika Moms sulit tidur di malam hari, angkat kepala tempat tidur sekitar 30 derajat.

Hindari minum banyak air saat makan karena ini akan mengencerkan cairan lambung.

Selain itu, untuk mencegah naiknya asam lambung Moms lebih baik mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit dan makan lebih sering.

Nah itu dia Moms pertolongan pertama saat asam lambung naik yang bisa Moms lakukan.

Jangan lupa jaga pola makan dan olahraga ya Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6341159/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6140167/
  • https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/154405910508401118
  • https://www.healthline.com/health/how-to-increase-stomach-acid#outlook
  • medicalnewstoday.com/articles/how-to-increase-stomach-acid
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait