Kesehatan

18 Juni 2020

Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar di Tangan

Simak caranya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Jedi Satu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, luka bakar bisa terjadi di bagian kulit mana saja, salah satunya luka bakar di tangan. Misalnya, terkena tetesan lilin, terciprat air panas atau minyak panas. Biasanya sih, kejadiannya di dapur, saat kita tengah menyiapkan makanan untuk keluarga.

Jadilah kulit melepuh dan meninggalkan luka bekas lecet. Untuk menghindari bekas luka, sekaligus mengurangi rasa nyeri atau panas akibat terbakar, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Jangan Gunakan Bahan-bahan Ini untuk Penyebuhan Luka Bakar. Berbahaya!

Tindakan Pertama untuk Mengatasi Luka Bakar di Tangan

Mari lakukan pengobatan sederhana untuk mengurangi luka bakar di tangan!

1. Jangan Gunakan Es

Es batu untuk Sakit Gigi berlubang

Jangan tempelkan es di atas luka bakar. "Es akan membuat Anda merasa lebih baik, tetapi es dapat menyebabkan pendarahan yang lebih dalam karena menyebabkan penyempitan pembuluh darah," jelas Angela Gibson, MD, PhD, yang berspesialisasi dalam perawatan bedah luka bakar dan trauma di UW Health's Burn Center.

Cara yang benar, diamkan dulu luka bakar sekitar 3 menit. Setelahnya, barulah dinginkan dengan aliran air dingin selama 10-15 menit.

2. Tomat

Tomat sangat bermanfaat mengandung beberapa bahan alami yang dapat menyembuhkan luka bakar di tangan secara efektif. Potong tomat dan tempelkan di atas luka bakar sampai mengering.

Baca Juga: Ini Perawatan Luka Bakar yang Tepat Dilakukan untuk Si Kecil

3. Putih Telur

Putih telur dapat menghilangkan rasa panas. Oleskan putih telur pada kulit yang terbakar dan biarkan sampai kering. Anda perlu mengoleskannya berkali-kali untuk menghilangkan nyeri. Putih telur juga baik jika digunakan untuk luka inflamasi.

4. Kunyit

Kunyit punya kemampuan ajaib, mampu menyerap rasa sakit dari segala jenis luka, termasuk luka bakar di tangan. Haluskan beberapa kunyit dan tempelkan pada luka bakar sampai mengering. Kemudian bilas dan oleskan kembali ramuan kunyit itu.

5. Lidah Buaya

lemon lidah buaya.jpg

Lidah buaya dapat bekerja sebagai pereda rasa sakit. “Tumbuhan yang satu ini dapat menghentikan rasa sakit, peradangan, mengurangi pembengkakan dan merangsang pertumbuhan kulit,” kata Kent Marcuson, M.D., direktur medis di Sentara Wound Healing Center di Williamsburg.

Baca Juga: Tips Mengatasi Luka Bakar yang Memutih

6. Jangan Gunakan Odol

"Mengoleskan pasta gigi pada area luka bakar di tangan adalah obat yang paling umum. Namun, alih-alih memberikan bantuan apa pun, itu hanya memperburuk masalah. Karena pasta gigi mengandung bahan kimia berbahaya seperti kalsium dan peppermint, itu meningkatkan risiko tertular infeksi dan juga mempengaruhi jaringan tubuh. kulit, "kata Dr Ankur Bhatnagar dari departemen beda.

Nah, itu dia Moms pertolongan pertama untuk luka bakar di tangan yang bisa dilakukan. Cepat sembuh ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait