Kehamilan

KEHAMILAN
9 Maret 2020

Perubahan Bentuk Pusar selama Kehamilan, Seperti Apa?

Penasaran mengapa pusar Moms terkadang menonjol?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan seringkali dikaitkan dengan sejumlah perubahan fisik, yang sebagian besar mungkin tidak kita sadari hingga mulai terjadi pada tubuh kita.

Payudara dan perut akan menjadi lebih besar saat kehamilan, dan hormon akan membuat kita lebih sensitif terhadap aroma dan rasa tertentu. Bahkan pusar Moms juga akan berubah ukuran dan bentuknya saat memasuki trimester kedua kehamilan.

"Perluasan perut dapat menyebabkan beberapa perubahan bentuk pada pusar, tetapi tidak ada banyak perubahan dalam struktur pusar itu sendiri," kata Karen Marie Jaffe, dokter kandungan di Rumah Sakit Universitas Cleveland. Dan setelah lahir, pusar sering memendek ke bentuk semula.

Perubahan Bentuk Pusar selama Kehamilan

bentuk pusar selama kehamilan

Foto: momjunction.com

Jika Moms penasaran, apa saja perubahan bentuk pusar selama kehamilan yang bisa terjadi, lihat di bawah ini yuk.

1. Pusar Rata

Perubahan bentuk pusar pada ibu hamil yang pertama adalah menjadi rata.

Saat perut membesar bersama bayi, kita mungkin memperhatikan bahwa pusar menjadi rata dan kencang di kulit. Hal ini normal dan akan kembali ke keadaan semula begitu bayi Moms lahir.

2. Pusar Masuk ke Dalam

Jika Moms memiliki bentuk pusar yang masuk ke dalam, Moms akan menemukan bahwa bentuk pusar ini tidak akan bertahan lama, karena pusar akan mulai menyembul keluar sekitar minggu ke-26 kehamilan atau sekitar trimester kedua.

3. Pusar yang Menonjol

Bentuk pusar Moms akan mulai menonjol seiring bertambahnya usia kehamilan karena rahim akan membesar selama kehamilan, yang mendorong perut maju dan keluar.

Pusar Gatal Selama Hamil

bentuk pusar selama kehamilan

Foto: todaysparent.com

Selain perubahan pada bentuk pusar, Moms juga mungkin akan mengalami yang namanya pusar terasa gatal.

Berdasarkan jurnal American College of Obstetrics and Gynecologists, kulit yang terasa gatal di sekitar pusar merupakan hal yang normal. Karena kulit akan semakin melebar, jadi mungkin menimbulkan iritasi dan rasa gatal.

Biasa hal ini akan terjadi sementara saja dan Moms bisa mengurangi rasa gatalnya dengan mengaplikasikan lotion.

Apa yang Harus Dilakukan Terhadap Bentuk Pusar?

bentuk pusar selama kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada yang dapat Moms lakukan untuk mencegah perubahan pada bentuk pusar selama kehamilan. Hampir setiap pusar pasti akan menonjol keluar di beberapa waktu selama kehamilan.

Seperti banyak gejala kehamilan lainnya, pusar yang keluar tidak berbahaya. Namun, jika pusar Moms mengalami iritasi karena bergesekan dengan pakaian, kita dapat menggunakan penutup perut yang dirancang khusus untuk menyamarkan dan melindunginya.

Produk penunjang kehamilan seperti korset kehamilan atau pembentuk perut juga dapat melindungi pusar yang keluar.

Kapan Bentuk Pusar akan Kembali Normal?

bentuk pusar selama kehamilan

Foto: smartparenting.com.ph

Bentuk pusar Moms akan segera kembali ke posisi semula beberapa bulan setelah melahirkan, meskipun mungkin terlihat agak melar atau membekas. Jadi jangan terlalu khawatir ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait