Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
2 April 2021

9 Pesantren di Bogor Terlengkap dan Modern untuk Pendidikan Si Kecil, Catat!

Ada yang tradisional, ada juga yang beertaraf internasional lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Semakin banyaknya pesantren yang bermunculan membuat Moms harus selektif untuk memilihnya. Karena harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Jika Moms tinggal di Kota Hujan, beberapa pesantren di Bogor ini bisa menjadi pilihan.

Banyak orang tua yang menjadikan pesantren sebagai pilihan pendidikan anak-anaknya karena pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan agama yang tradisional khas Indonesia. Salah satunya disebabkan adanya norma dan peraturan tertentu yang menjadi ciri khas pesantren.

Baca Juga: Haruskah Anak Diberi Hadiah Supaya Mau Belajar?

Mengenal Pesantren

Pesantren di Bogor -1.jpg

Foto: Pesantrenmodenrnattaqwa.ac.id

Sebelum masuk pada daftar pesantren di Bogor untuk referensi pendidikan Si Kecil, tidak ada salahnya Moms mengenal dulu apa itu pesantren.

Pesantren merupakan salah satu lembaga masyarakat yang tumbuh karena masyarakat membutuhkan pendidikan. Beragam ciri khas yang dimiliki pesantren menjadi daya tariknya. Kini, pesantren tidak hanya menyediakan pendidikan agama, tapi juga banyak yang bertitel pesantren modern.

Sebagai bahan pertimbangan terkait pesantren, International Conference on University and Intellectual Culture (ICUIC) UIN Jakarta mencatat, pesantren memiliki budaya pendidikan dan keunggulan komparatif yang mendukung pencegahan kerusakan lingkungan.

Selain itu, pesantren juga berperan aktif dalam menanggulangi kerusakan lingkungan sesuai karakteristik daerahnya masing-masing. Sebab, komponen yang berada di dalam pesantren seperti kyai, santri, masjid, dan pondok saling berkaitan untuk menjaga lingkungan.

Hasil lainnya juga menunjukkan bahwa pesantren sebagai lembaga pendidikan agama memiliki fungsi ganda. Yakni sebagai lembaga pendidikan yang dapat mengembangkan pengetahuan dan penalaran, keterampilan dan kepribadian usia muda.

Bukan hanya itu, pesantren juga merupakan sumber acuan nilai-nilai keislaman bagi masyarakat yang berada di sekitarnya. Para santri menjadi model yang menunjukkan bagaimana Islam ditunjukkan sesuai yang dipelajari dalam pendidikan di pesantren.

Selain itu, institusi sosial di pedesaan yang memiliki peran sosial dan mobilisasi yang mumpuni dalam kemandirian dan prakarsa masyarakat, mampu memperbaiki lingkungan yang berkenaan dengan spiritual dan fisik.

Baca Juga: Penyebab Utama Anak Tidak Suka Belajar

Daftar Pesantren di Bogor

Pesantren di Bogor -2.jpg

Foto: Akuratnews.com

Ada beberapa pilihan pesantren di Bogor yang bisa masuk dalam pertimbangan sebelum memasukkan Si Kecil untuk bersekolah di sana. Di antaranya:

1. Pesantren Tahfidz Madinatul Qur'an Bogor

Sesuai dengan namanya, salah satu pesantren di Bogor ini bisa menjadi pilihan bagi Moms yang ingin meningkatkan kemampuan hafalan Alquran Si Kecil. Berlokasi di Desa Singasari, Jonggol, Bogor, pesantren ini memiliki lingkungan yang asri dan alami yang memudahkan santri untuk berkonsentrasi.

Pesantren ini didedikasikan untuk membangun generasi yang cinta Alquran dan mengamalkannya. Ada beberapa jenjang pendidikan yang dimiliki, yakni SD Tahfidz, SMP Tahfidz, SMA Tahfidz, Tahfidz dan Bahasa Arab, serta Ma'had Aly (S1).

Program beasiswa juga disediakan bagi santri yang memiliki keterbatasan dalam biaya pendidikan. Program Tahfidz dan Bahasa Arab bagi ikhwan dan akhwat, serta Program Mahad Aly khusus Ikhwan merupakan program beasiswa yang bisa dipilih di pesantren di Bogor satu ini.

2. Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor

Pesantren di Bogor selanjutnya adalah Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor. Berlokasi di Jl. Moh Noh Noer Kecamatan Leuwiliang, Bogor, nama Ummul-Quro diambil dari julukan kota Mekkah. Sistem pesantren modern dengan kurikulum integrasi dianggap menjadi pilihan rasional untuk merealisasikan visi dan misi yang dimiliki oleh pesantren ini.

Santri diberi modal ilmu agama serta umum agar setelah lulus bisa berbaur dengan masyarakat. Program pendidikan di pesantren ini meliputi jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Pada satu tahun pertama, para santri akan melalui kelas persiapan untuk memperdalam ilmu agama juga bahasa Arab dan Inggris.

Berkat sistem pendidikan ini, alumni dari pesantren ini bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri. Beberapa di antara alumninya ada yang meneruskan kuliah di Mesir, Yaman, Oman, Libia, Sudan, Maroko hingga wilayah Eropa, seperti Turki dan Jerman.

3. Pesantren Modern At-Taqwa Gunungputri Bogor

Pesantren di Bogor ini memiliki dua lembaga pendidikan di bawah naungan Kemendikbud, yaitu pendidikan tingkat SMP dan SMA. Dalam pembelajarannya juga mengkombinasikan pelajaran Diknas dengan pelajaran khas pesantren seperti pengkajian kitab-kitab.

Seluruh santri diasramakan agar bisa lebih mandiri, bertanggung jawab serta memperoleh pendidikan secara integral, sehingga kemampuan santri bisa terlihat, baik saat mengikuti pelajaran maupun dalam penerapannya, yang utamanya adalah praktek ibadah.

Berlokasi di Desa Nagrak Kecamatan Gunung Putri Bogor, pesantren ini memiliki gedung asrama untuk SMA dan juga untuk SMP. Terdapat juga gedung pembelajaran SMA dan SMP yang strategis untuk pemenuhan kebutuhan akademis para santri.

Baca Juga: Kenali Metode Belajar Anak, Apakah Gaya Belajar Visual, Audio, atau Kinestetik?

4. Pesantren Darussalam Bogor

Di salah satu pesantren di Bogor ini, pendidikan dan pengajarannya mengacu pada manhaj atau kurikulum Pondok Modern Gontor, yakni secara nasional dan juga tradisional. Berada di Jl Raya Taman Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Bogor, berada dalam lokasi seluas seluas 6.400.

Sejak berdirinya pada 1993 hingga saat ini, pesantren ini telah meluluskan alumninya yang kini telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai profesi dan kegiatan. Ada beberapa program unggulan yang dimiliki oleh pesantren ini.

Misalnya program peningkatan kompetensi santri yang dikhususkan bagi santri tingkat akhir dengan melakukan Amaliyat al-Tadris atau praktek mengajar, Fath al-Kutub atau kajian kitab-kitab klasik, serta penulisan karya Ilmiah sebagai upaya peningkatan keilmuan dan keterampilan menulis.

5. Pesantren Al Andalus Islamic International Boarding School Bogor

Jajaran pesantren di Bogor yang menarik lainnya adalah pesantren ini. Memiliki jenjang pendidikan seperti SMPIT untuk putra dan putri, SMAIT untuk putra dan putri. Berbasis tradisional dan modern, para siswa nanti akan memperoleh 2 ijazah, yaitu ijazah negara dan ijazah pesantren.

Bagi yang ingin masuk ke pesantren ini, diwajibkan untuk mengikuti I’dad Lughawiy untuk lulusan SMP selain SMPIT Al-Andalus. Ini merupakan program Bahasa Arab, Alquran dan pengenalan dasar-dasar agama intensif selama 1 tahun sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan ke SMAIT Al-Andalus.

Bukan hanya itu, pesantren yang berlokasi di Sukadamai Bogor ini memiliki beragam ekstra kurikuler yang bisa diikuti oleh setiap siswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Misalnya wushu, panahan, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, multimedia, jurnalistik, futsal, basket, tata boga dan tata busana.

6. Pesantren Fitrah Islamic World Academy Bogor

Pesantren di Bogor ini adalah salah satu pesantren yang mengedepankan teknologi. Menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pesantren ini tidak hanya menerapkan pendidikan keagamaannya, tapi juga menyediakan pendidikan umum juga.

Berlokasi di Jl H Miing, Kecamatan Ciseeng, Bogor, pesantren ini diakui sebagai pesantren sunnah. Sesuai namanya, pesantren ini juga menyediakan pendidikan internasional Islam melalui pembinaan karakter Islam berdasarkan Alquran dan Sunnah Nabi Muhammad.

Melalui kurikulum global Islam yang ekstensif, seimbang dan menyegarkan, pesantren ini bertujuan untuk mengembangkan aqidah siswa berdasarkan pengetahuan Islam yang solid dan shahih, keterampilan kepemimpinan dan kewirausahaan serta perilaku yang Islami.

7. Pesantren Al Basyir Boarding School Bogor

Pesantren yang terletak di Jl. Kapten Dasuki Bakri, Kecamatan Cibungbulang, Bogor ini adalah salah satu pondok pesantren yang mencontoh pengembangan pendidikan Islam seperti yang di lakukan oleh Rasulullah SAW yang tidak memendang antara ras, suku, golongan dan yang lainnya.

Pesantren ini mengutamakan empat landasan yakni amanah, sidiqh, fathonah, tabligh. Hal ini juga yang menjadikan pesantren ini salah satu pesantren favorit di Bogor. Kurikulum yang dimiliki oleh pesantren ini dilakukan secara terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan pada tingkat SD, SMP dan SMA.

Terdapat pula pengembangan lima pilar pendidikan di sini, yaitu niat ibadah dalam belajar, bersyukur atas apa yang telah dicapai, kesungguhan dalam mencapai prestasi yang lebih tinggi, menjadikan kemanfaatan dalam setiap capaian, serta pengenalan kebesaran Allah dalam setiap pembelajaran.

8. Pesantren Modern Sahid Bogor

Pesantren ini adalah salah satu pondok pesantren bertaraf Internasional, mulai dari jenjang TK hingga perguruan tinggi. Terletak di Padepokan Sahid Wisata Gunung Menyun Pemijahan Bogor, pesantren ini memiliki beberapa unit pendidikan berasrama seperti MTS, MA dan SMK Jasa Boga.

Pesantren ini juga didukung dengan sarana prasarana yang lengkap, tenaga pendidik yang profesional, serta sistem manajemen yang modern. Sistem pendidikan di sini mengintegrasikan tiga pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah, dan lingkungan.

9. Pesantren Alkahfi Islamic Boarding School Bogor

Pesantren Terpadu Al Kahfi adalah bagian dari Yayasan Pedesaan Nusantara. Saat ini pesantren ini telah memiliki beberapa jenjang lembaga pendidikan, seperti TK, SMPIT, SMAIT, Madrasah Aliyah, Tahfidzul Quran, serta STTQ dan program pengasuhan santri.

Berlokasi di Jl. Desa Srogol, Cigombong, Bogor, hingga kini, pesantren ini telah menciptakan banyak alumni berprestasi, baik di dalam negeri dan luar negeri. Pengelolaan pesantren menunjukan peningkatan kualitas, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan fasilitas pendidikan maupun peningkatan kualitas SDM.

Melihat dari sarana dan prasarana yang dimiliki deretan pesantren di Bogor ini, Moms mau pilih yang mana untuk Si Kecil?

  • http://seminars.unj.ac.id/icuic/wp-content/uploads/2018/03/Contribution-Of-Education-Culture-In-Pesantren-In-Tackling-Environmental-Damage-In-Indonesia-Rihlah-Nur-Aulia-Izzatul-Mardhiah-Ade-Gunawan-Dian-Elvira-Nanda-Isnaini.pdf
  • https://madinatulquran.or.id/
  • http://pesantren.arridhosentul.com/profile/
  • http://pp-ummulquro.com/kurikulum-pendidikan/
  • http://darussalambogor.ac.id/
  • https://pesantrenmodernattaqwa.ac.id/prestasi/
  • https://www.infopesantren.com/2019/01/pesantren-di-bogor.html

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait