Parenting Islami

13 Pesantren di Tangerang untuk Referensi Pendidikan Agama Si Kecil

Pilih secara bijak pesantren di tangerang ini Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam non formal, tradisional dan tertua di Indonesia. Menjadi metode pendidikan yang khas, kini terdapat banyak sekali pesantren di seluruh Indonesia, tak terkecuali pesantren di Tangerang sebagai daerah penyangga ibu kota.

Dikutip International Journal of Nusantara Islam, pesantren memiliki tiga kategori; tradisional, modern, dan kombinasi. Pesantren juga memiliki rencana tersendiri, salah satunya untuk pembangunan pesantern sendiri maupun untuk pedesaan atau lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, selain ada yang mengkombinasikan pendidikan agama dan juga umum, banyak pesantren juga yang memiliki program kemasyarakatan tersendiri. Hal ini dapat dijadikan sebagai latihan bagi santri untuk mempraktekkan pendidikan keagamaan di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Pujian yang Tepat Pengaruhi Prestasi Anak di Sekolah

Referensi Pesantren di Tangerang

Pesantren di Tangerang -1.jpg

Foto: Daarelqolam3.sch.id

Tangerang memiliki lembaga pendidikan formal yang cukup lengkap, termasuk lembaga pendidikan pesantren. Jumlahnya cukup banyak dan tersebar di seluruh wilayah di Tangerang. Dan kebanyakan dari pesantren tersebut adalah pesantren menerapkan sistem modern.

Karena tidak hanya mengajarkan pendidikan agama Islam tapi juga mengajarkan pendidikan umum, kebanyakan di antaranya memiliki fasilitas penunjang seperti labolatorium unutk IPA dan bahasa, Perpustakaan, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa pesantren di Tangerang yang bisa dipilih bagi Moms yang ingin memasukkan Si Kecil ke pesantren. Catat ya Moms!

1. Pesantren Modern Daar El-Qolam

Pesantren di Tangerang yang pertama ini ini berlokasi di Desa Pasir Gintung dan Pangkat, Jayanti, Tangerang. Karakteristik pesantren ini adalah tidak terikat dengan satu aliran tertentu, golongan organisasi masyarakat (ormas) sosial, partai atau afiliasi politik tertentu.

Pesantren ini juga mengembangkan sistem pendidikan pondok modern. Selain dididik dan diajarkan pengetahuan agama, juga dibekali ilmu-ilmu pengetahuan umum yang menggunakan sistem dan kurikulum sekolah, selain penanaman disiplin hidup dan disiplin dalam beribadah.

2. Pesantren Modern Syahida

Pesantren di Tangerang ini memiliki dua pola pendidikan, yaitu pola ajar yang ditentukan jam dan waktunya melalui KBM dan juga pola pola asuh yang berlaku 24 jam. Para pengurus dan asatidz di sini melakukan pengawasan dan bimbingan terhadap santri mulai bangun tidur sampai santri tidur lagi.

Pesantren ini memiliki dua jenjang pendidikan, yakni SMP-SMA. Selain itu, terdapat 16 ekstra kulikuler yang bisa dipilih oleh santri. Salah satu kelebihan pesantren ini adalah seluruh tenaga pengajar dan pendidik adalah para sarjana yang berpengalaman.

3. Pesantren Attahiyyah

Pesantren di Tangerang ini memiliki pola pendidikan mental dan spiritual terpadu sejak dini yang berjenjang dan berkesinambungan sebagai persiapan untuk menjawab tantangan zaman. Di sini, para santri dibekali dengan sistem pendidikan yang berwawasan global namun tetap berorientasi lokal.

Pesantren yang berlokasi di Jl KH Ahmad Dahlan, Cantiga, Petir, Cipondoh , Tangerang ini juga menekankan pentingnya keselarasan keimanan dan ketakwaan. Ini ditunjang dengan keilmuan dan teknologi (iptek), dan juga mengedepankan metode pembelajaran kitab-kitab khas pesantren.

4. Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9

Pesantren di Tangerang ini dibangun di tanah wakaf seluas 1,5 hektar. Mengkhususkan santri putri, pesantren ini terletak di Kampung Mangga, Jalan Apel 2 No. 1 atas Pamulang Estate, Pamulang Timur, Pamulang, Tangerang Selatan.

Pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house, lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan banyak lagi. Sistem pendidikannya berfokus ke Pendidikan agama Dinsik untuk SLTP dan Kemenag untuk tingkat SLTA.

Baca Juga: Ketika Anak Sulit Berbaur dengan Teman Sekolahnya

4. Pesantren Insan Pratama

Pesantren di Tangerang -2.jpg

Foto: Insan-pratama.com

Pesantren di Tangerang ini dikelola oleh pengelola berpengalaman dengan kualifikasi S1 dan S2. Kurikulum yang diterapkan juga berkualitas dan berimbang antara kurikulum nasional dan kurikulum keagamaan yang dimiliki oleh pesantren.

Terdapat fasilitas belajar dan asrama yang representatif. Misalnya dengan menghadirkan kelas yang ber-AC, kursi dan meja belajar berstandar internasional yang dilengkapi dengan infocus. Ada juga program penunjang keahlian yang untuk menggali, membina dan mengembangkan minat dan bakat santri.

5. Pesantren Al-Fattah

Pesantren di Tangerang ini menerapkan sistem islamic boarding school atau asrama. Berlokasi di Jalan Arya Jaya Sentika, Pasir Bolang, Tigaraksa, Tangerang, santri juga bisa melanjutkan pendidikan formal di tingkat pendidikan SMP, SMA, dan SMK selain mendapatkan pendidikan khas pesantren.

Sistem asrama tersebut memungkinkan para ustadz untuk memantau perkembangan para santri. Adanya pendidikan formal juga dapat menjadi cara agar santri mendapatkan standar yang sama dengan pendidikan formal lainnya.

6. Pesantren Modern Darul Muttaqien

Pesantren Darul Muttaqien Tangerang memiliki 2 cabang pesantren, yakni di Cadas Sepatan Tangerang dan juga di Jalan Raya Cadas-Kukun, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Pesantren ini dimulai bagi santri yang telah lulus SD yang akan memasuki jenjang pendidikan SMP.

Memiliki jenjang pendidikan formal untuk SMP dan SMA, pesantren ini memiliki kurikulum pesantren salafiyah dan modern, serta kurikulum Depag dan Diknas. Selaiin itu, dengan fasilitas yang cukup lengkap, santri dapat mengembangkan diri melalui beragam kegiatan ekstrakurikuler.

7. Pesantren Al-Mansyuriyah

Pesantren yang terletak di di Mekarjaya, Sepatan, Tangerang ini menggabungkan kurikulum pesantren dan kurikulum nasional menjadikan santri tak hanya paham dengan ilmu agama, tetapi juga bisa melanjutkan pendidikan formal.

Sistem pembelajarannya memadukan antara kurikulum pesantren dengan kurikulum nasional, sehingga pembelajarannya lebih inofatif, variatif dan klasik. Terdapat beberapa jenjang pendidikan, yakni SMP Islam dan Madrasah Aliyah.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 4 Dampak Negatif Bila Anak Terlalu Sering Pindah Sekolah

8. Pesantren Al-Hasaniyah

Pesantren di Tangerang -3.jpg

Foto: Bantensatu.co

Pesantren yang telah berdiri sejak 1968 ini terletak di Jalan KH Muhammad Hasan, Rawalini, Teluknaga, Tangerang. Selain untuk memperdalam ilmu agama, santri juga dibekali pendidikan formal melalui lembaga pendidikan MTs dan MA yang ada di lingkungan pesantren.

Selain memiliki fasilitas pesantren dan sekolah yang lengkap, pesantren di Tangerang ini juga memiliki pusat bahasa dan komputer serta perguruan tinggi yang bernama STISNU Nusantara. Ini tentunya akan mendukung proses belajar para santri dengan baik.

9. Pesantren Salafiyah Nurul Iman Ashopi (NIAS)

Ini termasuk ke dalam pondok pesantren salafiyah yang berada di Kabupaten Tangerang, tepatnya di Jalan Sultan Hasanudin KM 1, Sarakan, Sepatan, Tangerang. Selain dapat memperdalam agama, ada juga pendidikan formal maupun nonformal yang juga bisa diakses oleh masyarakat sekitar.

Misalnya seperti SD, TPQ, PAUD, SMP, serta program kesetaraan paket A, B, dan C. ini membuat pesantren tersebut begitu diminati oleh masyarakat, karena dapat menjadi perpaduan yang baik antara ilmu agama, umum dan juga kemasyarakatan.

10. Pesantren Al-Hikmah

Pesantren di tangerang ini tepatnya berada di Kadu Jaya, Curug, Kabupaten Tangerang. Pesantren ini menggunakan kurikulum salafiyah yang mengedepankan ilmu nahwu dan shorof. Ini menjadi salah satu hal yang unik dan khas dari pesantren ini.

Selain itu, pesantren ini juga berfokus pada pendidikan Bahasa Arab, sehingga santri mampu menguasai Bahasa Arab sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bekal ini akan terasa saat memilih untuk meneruskan pendidikan daerah ke timur tengah.

11. Pesantren Al-Kamil

Pesantren di Tangerang selanjutnya ini memiliki beberapa program unggulan. Di antaranya program bahasa yang ingin memfasihkan bahasa Arab dan Inggris bagi santri, program tahfid atau menghafal Alquran, serta program kitab kuning sebagai ciri khas kurikulum kepesantrenan.

Selain itu, pesantren yang mengharuskan para santri untuk masuk asrama ini juga memiliki program lain seperti muhadatsah yang menambah skill berbicara bahasa Arab, belajar malam, pencak silat, marhabaan dan juga pramuka.

12. Pesantren Al Adzkar

Pesantren di Tangerang ini merupakan lembaga pendidikan Islam berasrama yang mengajarkan ilmu keislaman, pengetahuan umum, dan teknologi secara terpadu, serta mengedepankan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.

Salah satu misinya yang dapat menjadi bahan pertimbangan adalah pesantren ini mengajarkan ilmu keislaman, pengetahuan umum, dan teknologi secara terpadu, serta menyelenggarakan pendidikan tahsin dan tahfidz Alquran, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris secara berkesinambungan.

13. Pesantren Asshiddiqiyah 2

Berlokasi di Jl Garuda, Batujaya, Batuceper, Tangerang ini merupakan salah satu pesantren besar di Indonesia. Pesantren ini melestarikan kebiasaan baik yang telah dilakukan sejak dahulu dan serta melakukan kebiasaan baru yang lebih baik.

Pesantren ini juga memiliki kerangka umum pendidikan formal dan kerangka khusus kurikulum kepesantrenan. Salah satu tujuan berdirinya pesantren ini adalah untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta membangun iman dan taqwa secara lebih mendalam.

Dengan mengetahui daftar nama pesantren di Tangerang ini diharapkan dapat mempermudah Moms dalam mencari referensi pesantren modern maupun pesantren salafiyah, dan juga memudahkan untuk memutuskan akan memasukkan anak ke pesantren yang terbaik.

  • https://www.kuwaluhan.com/2019/08/9-pondok-pesantren-terbaik-dan-terbesar-di-tangerang.html
  • https://www.researchgate.net/publication/291221385_The_Roles_of_the_Institution_of_Pesantren_in_the_Development_of_Rural_Society_A_Study_in_Kabupaten_Tasikmalaya_West_Java_Indonesia
  • https://syahida.ponpes.id/3-pesantren-pilihan-di-tangerang/
  • https://attahiyyah.com/
  • https://darunnajah.com/pondok-pesantren-putri-pertama-di-tangerang-selatan/
  • https://www.insan-pratama.com/home.html
  • https://www.infopesantren.com/2019/12/pesantren-di-tangerang.html
  • https://aladzkar.sch.id/
  • https://pesantrenalkamil.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait