Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
31 Maret 2021

7+ Pesantren Terbaik di Indonesia, Punya Sejarah dan Fasilitas Luar Biasa!

Ponpes Tebuireng termasuk pesantren terbaik di Indonesia hingga kini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Banyak orang tua yang memutuskan memasukkan anaknya ke pesantren agar membentuk karakter anak menjadi lebih religius namun bisa bersosialisasi. Hal ini juga membuat lahirnya pesantren terbaik di Indonesia.

Menurut KBBI, pesantren adalah asrama tempat santri atau tempat murid-murid belajar mengaji dan sebagainya. Namun, masih banyak juga yang menyangka bahwa pesantren terkesan kuno, kaku, radikal, dan sebagainya.

Padahal, banyak petinggi yang merupakan jebolan pesantren. Misalnya Hidayat Nur Wahid yang pernah menjadi ketua MPR, beberapa gubernur dan bupati, bahkan presiden Abdurrahman Wahid juga merupakan alumni pesantren dengan prestasi segudang.

Baca Juga: Tepatkah Mendidik Anak Berpuasa dengan Memberikan Hadiah?

Manfaat Belajar di Pesantren

Pesantren Terbaik di Indonesia -1.jpg

Foto: Ayosemarang.com

Sebelum mengetahui pesantren terbaik di Indonesia, tidak ada salahnya Moms memahami dulu manfaat belajar di pesantren. Pesantren pertama kali didirikan oleh Walisongo. Dan sesuai perkembangan zaman, pesantren mengalami banyak pembaharuan dan bersinergi dengan pendidikan modern untuk mencetak santriwan-santriwati yang tak hanya menguasai ilmu agama, namun juga ilmu-ilmu modern.

Namun hingga kini, masih banyak yang mengira bahwa pesantren hanya mempelajari ilmu-ilmu agama dan kitab kuning yang dianggap kuno dan dipandang sebelah mata. Padahal, di pesantren juga diajarkan sains dan tidak sedikit alumni pesantren yang menjadi ilmuwan dan teknokrat.

Bahkan, prestasi santri di bidang lain seperti sains juga tidak sedikit. tak diragukan lagi. Dilansir Jurnal PAI Tarbawi Unismuh Makassar, ada beberapa karakteristik pesantren di Indonesia sebagai lembaga pendidikan Islam yang juga dapat memberikan manfaat lain untuk santri, antara lain:

  • Memakai sistem tradisional yang mempunyai kebebasan penuh dibanding dengan sekolah modern, sehingga terjadi hubungan dua arah antara santri dengan kiyai.
  • Kehidupan di pesantren menampilkan semangat demokrasi, karena santri praktis bekerja sama mengatasi problem non-kurikulernya.
  • Sistem pondok pesantren mengutamakan kesederhanaan, idealisme, persaudaraan, persamaan, rasa percaya diri dan keberanian.
  • Adanya pondok tempat kiyai bersama santri, adanya masjid tempat kegiatan belajar-mengajar, adanya santri dan kiyai merupakan tokoh sentral dalam pesantren yang memberi pengajaran dan kitab-kitab Islam klasik menjadi ciri khas tersendiri yang memberi kesan positif.

Pondok pesantren tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam masyarakat, terutama yang mengakar kuat di Pulau Jawa. Hal ini salah satunya terjadi karena pesantren yang tumbuh bersama masyarakat dan memberikan manfaat untuk warga di sekitarnya.

Pondok Pesantren yang mendidik para santri dan santriwati agar bisa memahami Islam dengan benar tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia. Tak hanya di kota-kota besar, di kampung-kampung pun banyak didirikan pondok pesantren.

Dengan beragam manfaat belajar di pesantren, Moms dan Dads tentu sudah tidak ragu lagi untuk menyekolahan Si Kecil di pesantren terbaik di Indonesia. Mana saja pesantren terbaik di Indonesia, berikut ulasan lengkapnya!

Baca Juga: Pentingnya Menjadi Partner Guru di Sekolah dalam Mendidik Anak

Pesantren Terbaik di Indonesia

Pesantren Terbaik di Indonesia -2.jpg

Foto: Datdut.com

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pesantren terbaik di Indonesia yang bisa dipilih sebagai tempat bagi Si Kecil untuk menuntut ilmu. Jangan salah faham Moms, maksud terbaik ini berdasarkan popularitas.

Sebab, semua pesantren sama baiknya. Hanya saja sebagian pesantren memang kurang populer. Berikut beberapa pesantren terbaik di Indonesia tersebut:

1. Pesantren Modern Gontor

Pesantren terbaik di Indonesia yang pertama adalahPesantren Modern Gontor. Pesantren ini merupakan pelopor dan inovator pembuat pesantren modern yang terinspirasi oleh Sir Syed Ahmad Khan, founder Aligarh Muslim University di India yang melakukan modernisasi pendidikan Islam.

Berkatnya, banyak juga pesantren yang mengadopsi sistem yang djalankan di pesantren Gontor ini.

Sebelumnya, pesantren ini bernama Ponpes Darussalam Gontor. Setelah namanya diubah, banyak masyarakat di perkotaan yang tertarik untuk memasukkan anaknya ke sana. Padahal, dulu banyak orang enggan belajar di pondok pesantren karena terkesan tua dan kaku.

Kepopulerannya tidak hanya di dalam negeri, bahkan hingga ke mancanegara. Kini, pesantren ini mendirikan Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiah (KMI) yang setara dengan Sekolah Menengah, Institut Studi Islam Darussalam (ISID) yang disebut Darussalam University yang menyelenggarakan pendidikan hingga jenjang S3.

2. Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Ini adalah salah satu pesantren terbaik di Indonesia. Sebab, pesantren ini termasuk pesantren tertua di Indonesia tapi masih tetap berkembang hingga kini. Meski sudah memasuki era modern, pesantren ini tetap mempertahankan ciri khas kepesantrenannya.

Pesantren Sidogiri tetap mempertahankan sistem pendidikan salaf murni yang mengkaji ilmu agama. Inilah yang menjadi salah satu daya tariknya. Oleh karena itu, hingga kini pesantren ini berhasil mempertahankan jumlah santri yang terbilang banyak, yakni sekitar puluhan ribu santri putra dan putri.

Pesantren Sidogiri juga berhasil mandiri secara finansial berkat bisnis yang dikelola dengan baik. Salah satunya dengan membentuk minimarket yang bernama Koperasi Sidogiri, lembaga keuangan yang bernama Baitul Mal Wat Tamwil (BMT), serta masih banyak usaha lainnya.

3. Pesantren Langitan, Tuban

Pesantren terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Pesantren Langitan di Tuban. Pondok pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852. Ponpes ini adalah pesantren yang sangat berpengaruh di daerah Surabaya ke arah barat yang menjangkau Kabupaten Bojonegoro, Gresik, Cepu, Tuban serta Lamongan.

Figur yang sangat mempunyai kharisma tinggi di pesantren ini adalah adalah KH Abdullah Faqih, yang juga berkiprah di kancah politik nasional. Hal inilah yang menambah dikenalnya pesantren Langitan ini secara luas di kalangan masyarakat.

Pesantren ini sudah berdiri berpuluh-puluh tahun sebelum Indonesia merdeka. Luas komplek wilayah pesantren ini sekitar 7 hektar dan berasa di samping areal Bengawan Solo. Ini akan menjadi tempat belajar yang representatif bagi para santri untuk belajar dengan baik.

4. Pesantren Tebuireng, Jombang

Sebagai salah satu pesantren terbaik di Indonesia Pesantren Tebuireng didirikan oleh Kyai Haji Hasyim Asyari, dikenal sebagai sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Nahdatul Ulama (NU) pada tahun 1926. Hal inilah yang turut membuat pesantren ini terkenal di kalangan masyarakat.

Selain itu, cucu pendiri pesantren ini yaitu KH Abdurrahman Wahid alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat dan yang pertama berasal dari kalangan santri. Ini tentunya menunjukkan betapa kualitas pesantren tidak bisa lagi diragukan.

Disamping pelajaran ilmu syari’at, bahasa Arab dan agama Islam, pesantren ini juga memasukan pelajaran umum dalam struktur pembelajarannya. Para alumni pesantren ini sudah banyak memberikan kontribusi. Oleh karena itu termasuk kedalam katagori pesantren terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Ini 6 Peran Penting Ayah Dalam Mendidik Anak

5. Pesantren Al-Khairaat, Palu

Pesantren Al-Khairaat pesantren paling berpengaruh dan terpopuler di luar Jawa, khususnya di wilayah Sulawesi dan kawasan Indonesia Timur. Selain itu, pesantren ini juga didirikan dan diasuh langsung oleh seorang habib. Pesantren ini berdiri pada tahun 1963,

Pesantren ini memiliki banyak cabang yang tersebar di kawasan Indonesia Timur. Apabila ditotal, jumlah santri di pesantren ini mencapai angka puluhan ribu. Ini menunjukkan bahwa di kawasan tersebut, pesantren masih memiliki daya tarik bagi masyarakat.

Yang menjadikannya masuk dalam kategori pesantren terbaik di Indonesia adalah paket pendidikan yang bersifat holistik. Pola pendidikan yang diajarkan yakni kombinasi dari 4 jenis pola pendidikan, yaitu pendidikan formal, pendidikan bahasa Arab modern, kajian kitab kuning serta pendidikan tingkat madrasah diniyah.

6. Pesantren Darul Ulum, Banyuanyar-Madura

Pesantren terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Pesantren Darul Ulum di Banyuanyar Madura. Pesantren ini termasuk dari lima pesantren tertua di Indonesia. Didirikan oleh Kyai Itsbat pada tahun 1978, di kawasan Madura khususnya kabupaten Pamekasan, pesantren ini memiliki pengaruh yang sangat besar. Banyak alumni pesantren ini yang juga menjadi tokoh berpengaruh di masyarakat.

Pola pendidikan di pesantren ini memakai sistem kombinasi modern dan salaf. Penguasaan kitab kuning tetap dipelihara, namun pendidikan normal yang sesuai dengan kurikulum pemerintah juga dilakukan untuk memenuhi tantangan serta perkembangan zaman.

7. Pondok Pesantren Al-Khoitor, Malang

Pesantren terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Pondok Pesantren Al-Khoitor di Malang. Sistem pendidikan yang dipakai oleh pesantren Al-Khoirot merupakan kombinasi dari empat jenis pola pendidikan yang ada. Yaitu pendidikan madrasah diniyah, pendidikan formal, pendidikan bahasa Arab-modern, serta kajian kitab kuning atau gundul tingkat menengah.

Keempat kegiatan pendidikan ini merupakan aktivitas utama yang harus dilakukan oleh para santri. Sehingga saat lulus, selain mendapatkan ijazah juga memiliki kemampuan bahasa Arab yang lancar dan menguasai kitab kuning. Ada juga program tambahan menarik lainnya seperti Tahfidzul Alquran.

8. Pesantren Rasyidiah Khalidiah

Pesantren terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Pesantren Rasyidiah Khalidiah. Di wilayah Kalimantan, Pesantren Rasyidiah Khalidiyah merupakan yang paling populer. Terletak di wilayah Amuntai, Kalimantan Selatan, pesantren ini didirikan oleh Tuan Guru KH Abdurrasyid, alumnus Universitas Al Azhar Cairo dari tahun 1912-1922.

Ada beberapa jenis pendidikan yang dimiliki oleh pesantren ini. Yakni STAI Rakha, MA Islam Putra, MA Islam Putri, Mts Islam Putra, Mts Islam Putri, Ma’had Aly, Qismu Takhassus Diny, Raudhah Tahfidz Alquran, TPA/ TK Alquran, PAUD, RA Islam Terpadu, dan MI Terpadu.

Bagaimana, sudah tertarik menitipkan Si Kecil di pesantren terbaik Indonesia yang mana Moms? Jangan lupa untuk melihat kembali niat, kebutuhan dan kemampuan Si Kecil ya.

  • https://www.indopress.id/article/serbaserbi/ini-10-pondok-pesantren-terbaik-di-indonesia
  • https://islamic-center.or.id/12-pondok-pesantren-terbaik-di-indonesia/
  • https://kbbi.web.id/pesantren
  • https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/348

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait