Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Keamanan Anak | Apr 26, 2018

Pilih Anak Diasuh Babysitter Atau Dititipkan Ke Daycare? Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Patut Moms Ketahui

Bagikan


Galau menjadi hal lumrah yang dirasakan Moms yang akan kembali bekerja setelah cuti melahirkan. Terlebih Moms yang baru punya anak pertama. Tinggal jauh dari orang tua dan sanak saudara pasti membuat Moms makin dilema untuk meninggalkan si baby.

Tidak sedikit Moms yang pada akhirnya memilih untuk berhenti bekerja dan fokus mengurus si buah hati. Tapi, banyak juga yang tetap bekerja dan mengandalkan bantuan untuk mengurus Si Kecil. Nah, para Moms bekerja ini, juga kembali menghadapi dilema. Apakah akan menitipkan anak di daycare atau mempekerjakan babysitter.

Setiap Moms punya kondisi dan preferensi sendiri. Nah, sebelum semakin bingung, pelajari dulu kondisi Moms, baru menentukan apakah akan menitipkan anak di daycare atau mempekerjakan babysitter saja. Banyak hal yang perlu Moms pertimbangkan secara matang sebelum sampai kepada keputusan final.

Baca Juga : 5 Kesalahan Yang Tanpa Sadar Dilakukan Orangtua Terhadap Anak

Daycare

daycare, kegiatan di daycare, pilih baby sitter atau daycare

Kelebihan:

1. Terdaftar

Daycare biasanya berada di bawah naungan yayasan yang terdaftar.

2. Kepastian jadwal

Daycare punya jadwal tersendiri. Mereka juga sudah memiliki jadwal kegiatan untuk Si Kecil selama berada di sana. Si Kecil tidak akan dibiarkan begitu saja.

3. Termonitor

Beberapa daycare menawarkan fasilitas CCTV online. Dengan begitu, Moms bisa mengintip Si Kecil dari jarak jauh.

4. Interaksi sosial

Bersama dengan anak-anak lainnya di daycare, Si Kecil akan belajar untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Perkembangan motorik dan skill Si Kecil juga bisa sangat pesat.

5. Fokus pada pendidikan usia dini

Karena dipegang langsung oleh profesional, anak-anak di daycare akan mendapat pendidikan yang baik. Banyak juga daycare yang juga pre-school sehingga anak-anak bisa dikenalkan pada pelajaran sederhana. Seperti mengenal benda, uruf, angka, warna, dan yang lainnya.

Kekurangan 

1. Kepastian jadwal

Kepastian jadwal bisa jadi plus, bisa juga jadi minus. Terlebih kalau Moms ternyata harus kerja lembur. Atau harus menghadiri acara kantor di hari libur saat daycare juga libur.

2. Bisa jadi sangat mahal

Moms, istilah harga tidak pernah bohong juga tepat disematkan pada daycare. Daycare dengan fasilitas bintang lima seperti kamar khusus, CCTV online, bertaraf internasional, berlokasi di pusat kota, memiliki kolam renang, jadwal kunjungan dokter, hingga pelajaran bahasa asing selain Inggris tentu harganya tidak murah ya Moms.

Jika memang berniat menitipkan anak di daycare, pastikan yang sesuai hati dan budget ya Moms. Jangan sampai gaji Moms bekerja malah habis untuk biaya daycare.

3. Kuman dan penularan penyakit

Berinteraksi dengan banyak orang akan membuka kesempatan untuk kuman dan penyakit menyebar. Jika salah satu anak di daycare sakit, bukan tidak mungkin anak lainnya akan tertular. Apalagi saat musim flu dan demam seperti sekarang ini Moms.

Babysitter

babysitter, pilih anak diasuh babysitter atau daycare

Kelebihan

1. Berpengalaman

Jika Moms mengambil babysitter dari agensi, Moms bisa dipastikan mendapatkan babysitter yang berpengalaman. Babysitter yang sudah menjadi babysitter keluarga sejak Moms kecil juga bisa jadi pilihan karena sudah mengenal keluarga Moms. Begitu juga sebaliknya.

2. Tidak perlu keluar rumah

Babysitter akan menjaga Si Kecil di rumah. Secara lingkungan, Si Kecil tentu sudah sangat akrab dengan rumah. Jadi, tidak akan muncul rasa insecure dari Si Kecil.

3. Jadwal bisa menyesuaikan

Karena tinggal di rumah, jadwal babysitter jadi sangat fleksibel. Tidak perlu khawatir jika Moms harus berangkat lebih pagi dan pulang lebih malam. SI Kecil tetap aman di rumah.

4. Bisa membantu pekerjaan rumah tangga

Tidak sedikit babysitter yang bisa dimintai tambahan pekerjaan mengurus rumah dan memasak.

5. Fokus mengasuh

Babysitter di rumah bisa fokus hanya mengasuh Si Kecil seorang. Ini yang membedakan dengan daycare yang satu babysitter bisa memegang hingga lima anak sekaligus.

Kekurangan

1. Minim pengawasan

Sekalipun Moms memasang CCTV untuk mengawasi babysitter dan Si Kecil, tetap saja Moms tidak mengetahui kondisi sebenarnya di rumah.

2. Minim interaksi dan pendidikan

Babysitter berbeda dengan guru di pre-school. Mereka tidak mengajari Si Kecil dengan intens. Karena hanya sendiri di rumah, interaksi Si Kecil dengan orang lainnya pun jadi sangat minim.

3. Extra budget

Menambah tugas babysitter juga artinyah menambah biaya ya Moms. Jika Moms meminta mereka untuk mengurus rumah dan memasak, mereka tentu akan memasang tarif lebih tinggi. Jika Moms punya leih dari satu anak, biaya ekstra juga harus di siapkan ya Moms. 

Jadi, bagaimana Moms? Sudah mendapat pencerahan? Sudah memutusakan untuk memilih daycare atau babysitter? Semuanya tentu kembali kepada kondisi Moms ya

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.