3-12 bulan

3-12 BULAN
6 Oktober 2020

Ketahui Pilihan Cemilan Bayi 8 Bulan yang Lezat Berikut Ini

Moms, berikut ini pilihan untuk cemilan bayi 8 bulan yang bisa dicoba
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, apa perkembangan yang paling terlihat ketika bayi berusia 8 bulan? Ia mulai mengoceh, bertepuk tangan, merangkak, dan mulai mengeksplorasi segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

Dilansir dari Raising Children, bayi 8 bulan akan mengalami pertumbuhan otak yang cepat. Kemampuan mengingatnya akan meningkat dan Moms bisa mengenali keterikatannya pada suatu benda favoritnya atau orang yang ia senangi.

Melihat perkembangannya semakin pesat, tentunya asupan gizinya tidak boleh ketinggalan. Jumlah makanannya juga harus meningkat dari bulan sebelumnya. Moms bisa memberikan rekomendasi cemilan bayi 8 bulan yang menyehatkan.

Rekomendasi Cemilan Bayi 8 Bulan

"Saat usia 8 bulan, tingkatkan jumlah makanan padat menjadi 6 sampai 8 ons per makanan, tiga kali sehari, dan 2 camilan sekitar 2 ons di antaranya. Bayi juga tetap harus mendapatkan nutrisi dari ASI atau susu formula,” ungkap Satya Narisety, asisten profesor dari Departemen Pediatri di Universitas Rutgers.

Nah, Moms tidak perlu bingung lagi. Berikut ini cemilan bayi 8 bulan yang bisa dipilih, yaitu:

1. Jagung Rebus

8 Cemilan Bayi 8 Bulan.JPG

Foto: babygaga.com

Jagung bisa diberikan kepada bayi setelah berusia 8 bulan. Namun, karena jagung adalah makanan yang cukup sulit dicerna, Moms harus pintar-pintar mengolahnya menjadi camilan yang lezat.

Nah, salah satu bentuk cemilan yang lezat dari jagung yaitu dengan menjadikannya jagung rebus atau puree. Moms juga bisa menambah cita rasanya dengan keju.

Kalau melihat dari segi nutrisi, tentunya jagung adalah cemilan yang sehat. Jagung termasuk makanan yang berkalori tinggi, jadi apabila Si Kecil bermasalah dengan berat badan yang kurang, maka coba berikan jagung.

Jagung juga kaya akan B kompleks, yaitu thiamin untuk mendukung perkembangan saraf dan otak; niacin untuk meningkatkan metabolisme; dan folat untuk membantu perkembangan sel baru. Ini bisa menjadi rekomendasi cemilan bayi 8 bulan.

Baca Juga: Resep Lumpia Jagung Keju, Pas untuk Camilan Keluarga!

2. Puding Pepaya

8 Cemilan Bayi 8 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Pepaya adalah salah satu buah yang mengandung serat tinggi. Untuk itu, ada baiknya Moms memberikannya sebagai cemilan bayi 8 bulan.

Jurnal National Center For Biotechnology Information menyebutkan, pepaya adalah buah yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan karena mengandung senyawa aktif seperti papain.

Selain itu, pepaya juga memiliki banyak air dan serat untuk mencegah sembelit. Pepaya juga dinilai mampu menjaga sistem imun tubuh karena kaya akan antioksidan.

Kreasi membuat cemilan bayi dari pepaya yaitu dengan membuat puding pepaya yang bisa dicampur dengan santan. Kreasi lainnya dengan menyajikan pepaya dan yoghurt, atau menjadikan pepaya berbentuk puree.

Sebaiknya, temukan varian yang tepat untuk bayi agar nafsu makannya juga terjaga dengan baik.

3. Muffin

8 Cemilan Bayi 8 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Saat bayi berusia 8 bulan, Moms perlu meningkatkan tekstur makanan yang dikonsumsinya agar melatih kemampuan mengunyahnya.

Nah, coba berikan muffin sebagai cemilan bayi 8 bulan yang lezat untuknya. Muffin yang masih bertekstur cukup lembut ini juga bisa menjadi finger food yang bagus untuk dicoba.

Jika ingin lebih praktis, ada banyak jenis muffin yang bisa Moms beli di pasaran. Pilih muffin yang dicampur dengan buah-buahan, seperti muffin rasa pisang, blueberry, atau stroberi. Bisa juga memilih muffin dengan variasi biji-bijian atau kacang-kacangan.

Muffin bisa menjadi cemilan yang mengenyangkan karena memiliki kalori yang cukup tinggi. Jadi, apabila Si Kecil masih sering sulit makan besar, Moms bisa mencoba muffin sebagai alternatif agar berat badannya tetap normal.

Baca Juga: Bayi Makan Pasta, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

4. Macaroni

8 Cemilan Bayi 8 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Macaroni termasuk ke dalam jenis pasta yang bisa mulai dikenalkan pada bayi berusia 8 bulan. Pasta sebenarnya merupakan makanan yang enak untuk mengenalkan bayi pada makanan padat.

Pasta yang terbuat dari gandum utuh tentunya menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk bayi. Ini juga bisa menjadi cemilan bayi 8 bulan yang mengenyangkan.

Asupan nutrisi lainnya yang bisa didapatkan dari macaroni yaitu zat besi, vitamin B1, B2, B3, serta folat. Lantas, bagaimana cara menyajikan cemilan lezat berbentuk macaroni untuk bayi? Moms bisa memasaknya sampai halus dan lembut sehingga mudah ditelan.

Macaroni juga bisa dicampurkan dengan keju yang disebut mac and cheese. Alternatif lainnya, coba campurkan macaroni dan labu yang sudah ditumbuk hingga menjadi cemilan yang sehat untuk bayi. Atau paling mudahnya menyajikan macaroni sebagai finger food untuk bayi.

Baca Juga: Resep Macaroni Schotel Teflon, Gampang!

5. Telur Orak-arik

8 Cemilan Bayi 8 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Telur orak-arik disebut juga scrambled eggs. Ya, telur masih menjadi pilihan yang praktis dan sehat untuk cemilan bayi 8 bulan.

Ada begitu banyak kreasi yang bisa terbuat dari telur, semua tergantung selera Moms saja. Terpenting, jangan ragu untuk memberikan telur sejak dini pada bayi karena takut dengan alergi telur.

Sebab, American Academy of Pediatrics justru merekomendasikan makanan pencetus alergi lebih awal, antara 6 sampai 11 bulan untuk mencegah terjadinya alergi. Telur orak-arik bisa menjadi cemilan yang lembut dan dapat dijadikan finger food juga untuk bayi.

Kalau kandungan nutrisi pada telur, rasanya tidak perlu diragukan lagi, ya, Moms! Selain menjadi sumber protein yang baik, telur juga kaya akan zat besi dan memiliki kandungan lemak, vitamin A, D, E, dan B12, serta kolin.

6. Pancake

8 Cemilan Bayi 8 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Pancake biasanya dikenal sebagai menu sarapan, namun Moms juga bisa membuatnya menjadi cemilan bayi 8 bulan yang lezat.

Pancake bisa dicampurkan dengan berbagai jenis buah-buahan yang segar seperti buah beri atau pisang. Nah, pancake yang terbuat dari gandum utuh juga mampu menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk Si Kecil.

Namun, hindari mencampurkan pancake dengan madu, ya, Moms! Madu tidak boleh dikonsumsi bayi di bawah usia 1 tahun.

National Health Service UK mengungkapkan, madu mengandung bakteri yang dapat menghasilkan racun di usus bayi, sehingga dapat menyebabkan botulisme bayi yang bisa berakibat fatal.

Sirup maple juga biasanya diberikan sebagai topping pancake, namun ada baiknya Moms membicarakannya pada dokter anak sebelum memberikannya pada Si Kecil.

Baca Juga: Resep Pancake Ubi dan Aprikot untuk Bayi 1 Tahun

7. Selai Kacang

8 Cemilan Bayi 8 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Moms, selai kacang juga bisa menjadi pilihan cemilan yang tepat. American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology menyarankan untuk memperkenalkan selai kacang pada bayi setelah makanan padat lainnya diberikan secara aman dan tidak menunjukkan gejala alergi.

Cara menyajikan selai kacang sebagai cemilan bayi 8 bulan yang bisa Moms coba yaitu mengencerkan dengan sedikit air hangat dan dibuat menjadi puree. Lalu, berikan sedikit demi sedikit pada bayi.

Coba perhatikan reaksi yang terjadi setelah Si Kecil mengonsumsinya. Beberapa tanda alergi kacang yang perlu diketahui, seperti gatal-gatal, mengi, muntah, kulit pucat, pembengkakan, atau sulit bernapas. Jika terjadi demikian, segera bawa anak ke dokter, ya, Moms!

Baca Juga: Bolehkah Bayi 6-12 Bulan Makan Selai Kacang?

8. Oats

8 Cemilan Bayi 8 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Oats menjadi cemilan yang bergizi dan mengenyangkan untuk Si Kecil. Ada berbagai varian yang bisa Moms sajikan, seperti menjadikannya cookies, puding, atau bubur. Coba tambahkan pisang atau wortel agar cita rasanya semakin kaya.

“Oats kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut ini membantu meningkatkan waktu transit usus dan mengurangi penyerapan glukosa,” ungkap Gargi Sharma, ahli nutrisi.

Nah, itulah beberapa cemilan bayi 8 bulan yang bisa Moms pilih. Intinya, tetap utamakan yang menjadi kebutuhan Si Kecil, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait