Kesehatan

KESEHATAN
29 Mei 2019

Wajib Tahu, Ini 8 Pilihan Makanan Anti-Aging yang Baik dan Buruk

Ini makanan yang bisa membuat Moms terlihat lebih muda
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bukan hanya produk kecantikan mahal yang dapat membuat Moms awet muda. Makan makanan tertentu juga bisa membantu Moms mempertahankan kesehatan kulit lho Moms.

Tetapi, sama seperti ada makanan yang membantu Moms tetap terlihat segar, ada beberapa yang sebaliknya.

Apa yang Moms letakkan di piring mungkin memengaruhi apa yang Moms lihat di cermin. Tetapi beberapa penyesuaian kebiasaan makan Moms, bisa membuat kulit Moms awet muda dan tubuh tetap sehat.

Mulailah memilih apa yang harus Moms konsumsi, batasi atau bahkan Moms hindari, demi mendapatkan kulit tubuh dan wajah yang tetap cantik mempesona.

Kira-kira, apa saja ya pilihan makanan anti-aging yang terbaik dan terburuk? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik untuk Mulai Menggunakan Produk Skincare Anti-Aging

Pilihan Makanan Anti-Aging Terbaik

Moms Perlu Tahu Ini Pilihan Makanan Anti-Aging yang Baik dan Buruk -1.jpg

Foto: Medicalnewstoday.com

1. Keju

Keju menjadi salah satu pilihan makanan anti-aging terbaik lho Moms. Kok bisa?

Kondisi gigi yang rusak akan membuat Moms terlihat lebih tua. Sebaiknya mulailah memakan lebih banyak keju. Sebuah studi tahun 2013 dari Academy of General Dentistry menyarankan agar Moms mengonsumsi keju setelah makan.

Hal ini dapat membuat gigi Moms tampak lebih putih. Mengapa? Karena kalsium dalam keju membantu membangun gigi yang kuat dan sedikit cheddar dapat menetralkan asam yang tertinggal setelah makan.

Tidak heran kan keju jadi salah satu pilihan makanan anti-aging sempurna untuk camilan setelah makan malam.

2. Tomat

Pilihan makanan anti-aging terbaik lainnya adalah tomat. Kulit awet muda bukan hanya hasil menggunakan tabir surya secara teratur, tetapi juga karena makan banyak tomat. Buah-buahan sehat ini kaya akan likopen, antioksidan dengan sifat tabir surya alami.

Sebuah studi 2010 dari British Journal of Dermatology menemukan pasta tomat sebenarnya adalah salah satu sumber terbaik untuk menemukan likopen, dan makan satu sendok makan sehari dapat membuat perbedaan besar pada kulit Moms.

Jangan ragu untuk menjadikan tomat sebagai salah satu pilihan makanan anti-aging terbaik ya Moms!

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun menjadi salah satu pilihan makanan anti-aging terbaik. Minyak zaitun akan membantu meningkatkan daya ingat dan membuat Moms terlihat awet muda.

Situs Olive Oil Source menyarankan pengunaannya untuk melembabkan kulit Moms. Minyak zaitun juga bisa digunakan pada rambut Moms sebagai conditioner dan menghilangkan ketombe.

Masalahnya adalah orang sering keliru saat akan mengkonsumsi minyak zaitun, karena khawatir berat badan bertambah. Banyak orang masih menghindari lemak karena takut kalori 'ekstra', namun lemak adalah nutrisi penting untuk kulit sehat.

"Lemak membantu menjaga kulit tetap lembab dan mengurangi peradangan. Lemak seperti extra-virgin olive oil kaya akan antioksidan, untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan," kata Rachael Hartley, ahli diet terdaftar dan penulis blog The Joy of Eating.

4. Semangka

Pilihan makanan anti-aging terbaik lainnya adalah semangka. Semangka mungkin mengandung 93 persen air, tetapi tetap memiliki vitamin dan antioksidan untuk membantu Moms menangkal penuaan dini.

Semangka kaya akan vitamin A yang dapat membantu mencegah jerawat dan menjaga kulit tetap lembab. Semangka memiliki tingkat likopen yang sangat tinggi, yang mampu melawan radikal bebas yang membuat kulit terlihat kusam.

Semangka juga mengandung karoten yang telah terbukti membantu mengurangi stres oksidatif, yang membuat kulit Moms semakin tua. Dia juga baik untuk pinggang, karena rendah kalori.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda 5 Selebritis Meski Sudah Berumur Setengah Abad!

Pilihan Makanan Anti-Aging Terburuk

Moms Perlu Tahu Ini Pilihan Makanan Anti-Aging yang Baik dan Buruk -2.jpg

Foto: Wickedbucks.com.au

1. Gula

Gula menjadi salah satu pilihan makanan anti-aging terburuk yang perlu Moms hindari. Permen tidak hanya merusak gigi, tapi juga bisa membuat kulit terlihat lebih tua.

Produksi kolagen secara alami berkurang seiring bertambahnya usia, tetapi mengonsumsi gula berlebih akan mempercepat proses ini. Dokter Naturopathic, Trevor Cates dalam bukunya Clean Skin from Within mengatakan bahwa gula meningkatkan efek merusak kolagen glikasi dan mempercepat penuaan kulit.

“Makan terlalu banyak gula juga dapat memicu jerawat. Berita baiknya adalah, ini belum terlambat, dan jika Anda mulai menghentikan kebiasaan gula, produksi kolagen dapat ditingkatkan kembali,” ujarnya.

2. Kafein

Kafein dalam kopi Moms mungkin akan membangunkan otak dan membuat Moms terjaga, tetapi jika Moms minum terlalu banyak akan berisiko menimbulkan beberapa kerutan tambahan. Tidak heran, kafein ini menjadi salah satu pilihan makanan anti-aging terburuk!

"Kafein memiliki efek pada penuaan karena fakta bahwa itu memicu pelepasan kortisol," kata Melissa Lorch, ilmuwan olahraga dan olahraga dan pendiri Fit4mum.

Kortisol adalah hormon stres yang dapat berkontribusi pada penambahan lemak dan penuaan. Tapi jangan khawatir, Moms tidak harus menghentikan kebiasaan minum kopi sepenuhnya. Moms hanya direkomendasikan mengkonsuminya 300 miligram sehari dan minum banyak air.

3. Makanan yang Dibakar

Tahukah Moms, makanan yang dibakar/panggang merupakan salah satu pilihan makanan anti-aging terburuk? Makanan seperti steak atau sate atau daging panggang mengandung hidrokarbon pro-inflamasi yang dapat menyebabkan kolagen kulit Moms menjadi rusak.

"Jika Anda menginginkan kulit yang bercahaya, batasi daging panggang," kata Dr. Cates.

Moms tidak harus membuang makan malam panggang Moms di tempat sampah, namun, cukup gesek bagian yang sudah dihitamkan setelah dimasak dan gosok alat BBQ untuk menghindari kontaminasi dalam penggunaan selanjutnya.

4. Garam

Tidak dapat disangkal bahwa garam adalah bahan penting untuk banyak hidangan. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi (lebih dari 2.300 miligram per hari yang direkomendasikan) dapat berbahaya tidak hanya bagi tubuh, tetapi juga untuk kulit Moms.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Science Translational Medicine menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi garam memicu respons peradangan dari sistem kekebalan tubuh, yang dapat memicu atau memperburuk eksim.

Nah, karena garam merupakan salah satu pilihan makanan anti-aging terburuk, konsumsinya perlu dibatasi ya Moms.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda ala Cleopatra

Itulah beberapa pilihan makanan anti-aging terbaik dan yang terburuk. Mulai beralih ke pola hidup sehat yuk Moms, demi mendapatkan kulit yang sehat, segar dan mampu menangkal radikal bebas dan toksik yang membahayakan tubuh.

Jangan anggap remeh pilihan makanan anti-aging ya Moms.

(FAR)

Artikel Terkait