Home & Living

24 Agustus 2021

Inspirasi Desain Pintu Geser Kayu untuk Rumah, Berikan Kesan Minimalis Nan Mewah

Pintu geser kayu dikenal sebagai pintu yang sangat mudah digunakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Hunian yang nyaman merupakan impian setiap keluarga. Salah satu cara mewujudkannya ialah dengan memilih desain rumah yang tepat, seperti menggunakan pintu geser kayu yang memberikan efek hangat pada rumah.

Tak hanya desainnya yang berbeda dengan pintu pada umumnya, pintu geser kayu juga memiliki beberapa kelebihan.

Pertama, pintu geser kayu memungkinkan rumah memiliki ventilasi yang baik karena memungkinkan cukup udara dan sinar matahari di dalam rumah, terutama jika dibuat dengan kaca.

Kedua, pintu jenis ini dapat menghemat tagihan listrik karena dapat membuat rumah Moms tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas.

Ketiga, pintu geser kayu juga mudah untuk dibuka dan ditutup hanya dengan dorongan lembut.

Baca Juga: Pilihan Desain Tangga Rumah yang Cocok untuk Hunian Keluarga

Desain Pintu Geser Kayu

Apabila Moms tertarik menggunakan pintu geser kayu untuk rumah, berikut beberapa pilihan desainnya yang bisa dijadikan referensi.

1. Pintu Geser Ganda

pintu geser ganda.jpg

Foto: shutterstock.com

Pintu geser ganda terdiri dari dua pintu yang terbuka di tengah dengan lipatan ke samping.

Desain pintu geser kayu ini menciptakan bukaan yang lebar sehingga cocok untuk pintu depan dan pintu masuk ruang tamu rumah Moms.

Pintu geser ganda dapat menggunakan kayu maupun kaca berbingkai, kedua desain pintu geser ganda tersebut akan menghadirkan kesan megah pada rumah Moms.

Baca Juga: Jenis Meja Dapur yang Bisa Moms Pilih

2. Pintu Geser Saku

pintu geser saku.jpg

Foto: shutterstock.com

Desain pintu geser kayu berikutnya adalah pintu geser saku. Pintu geser saku ini cukup unik karena bisa bersembunyi di balik dinding.

Pintu geser ini cocok diterapkan pada hunian dengan ruangan yang terbatas.

Biasanya, pintu geser saku banyak digunakan untuk pintu lemari, dapur, atau kamar tidur. Semuanya bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi Moms.

Pintu geser saku sendiri hadir dalam banyak tampilan unik yang berbeda. Moms akan dapat menemukan pintu geser saku dari kayu tradisional dengan berbagai sentuhan kayu yang berbeda.

Pintu-pintu ini awalnya populer selama era Victoria sehingga Moms mungkin bisa mencari referensi desain dari desain interior era tersebut melalui internet atau bantuan ahli desain interior.

Baca Juga: 7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

3. Pintu Geser Dua Lipat

pintu geser dua lipat.jpg

Foto: fineline-windows.co.uk

Pintu geser dua lipat ini akan bergeser ke satu sisi saat Moms membukanya, lalu memadatkan kedua bagian pintu satu sama lain.

Banyak orang menikmati estetika yang diciptakan oleh pintu geser kayu dua lipat. Jika Moms ingin memiliki tampilan pintu lipat ganda sambil tetap ingin menikmati kenyamanan memiliki pintu geser, maka ini adalah pilihan yang bagus.

Namun tentunya, membutuhkan ruangan yang cukup luas untuk memasang pintu geser ini. Pintu geser kayu dua lipat akan bekerja dengan baik untuk dapur atau lemari.

Pintu-pintu ini juga dapat dipasang dengan sangat cepat sehingga tentunya nyaman dan mudah digunakan.

Baca Juga: 10 Inspirasi Kamar Minimalis untuk Rumah Mungil

4. Pintu Geser Shoji

pintu geser shoji

Foto: idfdesign.com

Moms yang memiliki ketertarikan dengan rumah-rumah tradisional ala Jepang mungkin akan menyukai pintu geser kayu yang satu ini.

Pintu geser kayu bernama Shoji sebenarnya memiliki cara kerja layaknya pintu geser pada umumnya. Perbedaan besar antara pintu Shoji ini dengan jenis pintu geser lainnya adalah tampilannya yang unik dan menggunakan kertas sebagai pengganti kaca.

Tentu saja, menggunakan kertas berarti membuat Moms harus berhati-hati dengan pintu ini. Bingkainya akan cukup kuat, tetapi kertasnya sendiri mungkin akan mudah sobek jika Moms tidak hati-hati.

Pintu geser kayu Shoji mungkin bukan pintu yang baik untuk dipasang di rumah jika Moms memiliki anak-anak yang sangat aktif dan mudah penasaran.

Pintu jenis ini adalah pintu yang paling cocok untuk dipasang di rumah yang penuh dengan orang dewasa yang akan menghargai keindahan pintu dan merawatnya dengan hati-hati.

Pintu Shoji bekerja dengan sangat baik untuk membantu membawa sedikit cahaya ke rumah.

Mayoritas orang senang menempatkan pintu-pintu ini sebagai pintu masuk ke area taman, tetapi juga bisa digunakan untuk pintu ruangan lainnya.

Baca Juga: 15 Aplikasi Desain Rumah, Yuk Mulai Rancang Rumah Idaman!

5. Pintu Geser Kaca

pintu geser kaca.jpg

Foto: directdoors.com

Pintu geser kayu cocok dipadupadankan dengan bahan lain, seperti kaca. Moms bisa memilih pintu geser kayu dengan full kaca atau memberikan sekat atau bingkai di beberapa sisi tengahnya.

Namun jika ingin memilih material kaca sebagai pintu geser, disarankan untuk membeli kaca tempered yang lebih kuat dibanding kaca biasa.

Kaca tempered memiliki kekuatan lebih kuat 4-5 kali lipat dari kaca biasa. Jadi, akan memiliki ketahanan waktu yang cukup lama apabila tidak sengaja terbentur saat pintu geser dibuka atau ditutup.

Baca Juga: 10 Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu Kecil

6. Pintu Geser Teras

pintu geser teras.jpg

Foto: shutterstock.com

Pintu teras mungkin merupakan jenis desain pintu geser yang paling banyak dikenal. Sesuai dengan namanya, pintu geser kayu yang satu ini memang sangat cocok digunakan untuk area teras rumah.

Moms dapat menemukan banyak desai pintu geser teras, tetapi yang paling umum digunakan akan menampilkan satu panel pintu tetap dan pintu geser yang berfungsi sebagai pintu masuk.

Desain pintu geser ini menghubungkan ruang tamu dengan teras di ruma dan memungkinkan sinar matahari alami memenuhi ruangan jika dibuka.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Pembersih Lantai Kamar Mandi yang Bisa Bikin Kinclong!

7. Pintu Geser Bypass

pintu geser bypass.jpg

Foto: emeralddoors.co.uk

Salah satu jenis pintu geser termudah yang bisa Moms gunakan di rumah adalah pintu bypass. Jenis pintu bypass yang paling umum terbuat dari kayu.

Pintu bypass memiliki panel tetap yang digantung berdekatan satu sama lain. Trek ditempatkan di atas dan di bawah kusen pintu. Moms bisa membuka pintu dengan menggesernya ke satu arah dan umumnya sangat mudah digunakan.

Pintu geser ini cukup populer digunakan untuk pintu lemari atau bahkan sebagai cara untuk memisahkan dua ruang tamu untuk alasan privasi. Penggunaan umum lainnya dari pintu geser bergaya bypass juga dipasang pada kamar tidur.

Baca Juga: Macam-macam Rumput Hias yang Buat Taman Makin Cantik!

8. Pintu Geser Kayu Tradisional

pintu geser kayu tradisional.jpg

Foto: shutterstock.com

Moms juga bisa memilih pintu geser kayu dengan konsep desain tradisional untuk ruangan di rumah.

Pintu kayu solid ini memiliki desain khas seperti gudang atau lumbung yang membuatnya unik.

Bagian terbaik tentang pintu ini adalah biaya pemasangan dan perawatannya yang relatif terjangkau.

Desain pintu geser kayu tradisional mudah dipasang dan fleksibel untuk berbagai keperluan, baik untuk pintu kamar tidur atau hanya sekat ruangan pada umumnya.

Tampilan pintu geser dari kayu ini cocok dengan gaya rumah tradisional kontemporer.

Nah, itu dia beberapa desain pintu geser kayu yang bisa Moms jadikan referensi. Apakah Moms sudah menemukan jenis pintu geser yang cocok untuk di rumah?

  • https://www.homestratosphere.com/types-of-sliding-doors/
  • https://stylesatlife.com/articles/sliding-door-designs/
  • https://www.archify.com/my/archifynow/five-types-of-sliding-door-design-for-your-home
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait