Kesehatan

16 Mei 2021

5 Manfaat Kacang Pistascio, Bisa Menurunkan Berat Badan!

Selain nikmat untuk dijadikan camilan, ternyata manfaatnya juga banyak lho Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Siapa yang tidak suka kacang pistascio? Pistachio merupakan camilan sehat yang paling mudah dibawa bepergian ke manapun. Kacang pistascio tidak hanya enak dan menyenangkan untuk dimakan tetapi juga sangat sehat.

Biji pohon Pistacia vera yang dapat dimakan ini mengandung lemak sehat dan merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan yang baik.

Terlebih lagi, mereka mengandung beberapa nutrisi penting dan dapat membantu menurunkan berat badan serta kesehatan jantung dan usus.

Menariknya, menurut The Journal of Nutrition, manusia sudah mengonsumsi kacang ini sejak 7000 SM. Kini kacang pistascio sangat populer di banyak hidangan, termasuk es krim dan makanan penutup.

Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam satu porsi atau sebanyak 28 gram (sekitar 49 buah kacang pistascio) terkandung beberapa nutrisi seperti:

  • Kalori: 159
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 6 gram
  • Lemak: 13 gram (90 persen adalah lemak tak jenuh)
  • Kalium: 6 persen dari rekomendasi harian
  • Fosfor: 11 persen dari rekomendasi harian
  • Vitamin B6: 28 persen dari rekomendasi harian
  • Tiamin: 21 persen dari rekomendasi harian
  • Tembaga: 41 persen dari rekomendasi harian
  • Mangan: 15 persen dari rekomendasi harian

Baca Juga: 8 Manfaat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kacang Pistascio untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beragam manfaat kacang pistascio yang perlu Moms ketahui:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat kacang pistachio

Foto: Orami Photo Stock

Meski merupakan makanan padat energi, kacang-kacangan adalah salah satu makanan paling ramah penurunan berat badan.

Beberapa penelitian juga telah melihat efek pistascio terhadap berat badan, dan hasil penelitian tersebut cukup menjanjikan.

Mengutip Journal of the American College of Nutrition, kacang ini kaya akan serat dan protein, yang keduanya meningkatkan perasaan kenyang dan membantu Moms makan lebih sedikit.

Dalam satu program penelitian penurunan berat badan 12 minggu, mereka yang makan 53 gram pistascio per hari sebagai camilan sore mengalami penurunan indeks massa tubuh dua kali lipat, dibandingkan dengan mereka yang makan 56 gram pretzel per hari.

Selain itu, studi 24 minggu lainnya pada individu dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 20 persen kalori dari kacang ini kehilangan 1,5 cm lebih banyak lingkar pinggang mereka daripada mereka yang tidak makan pistascio.

Salah satu faktor yang mungkin berkontribusi pada sifat penurunan berat badan pistascio adalah kandungan lemaknya mungkin tidak terserap sepenuhnya.

Baca Juga: 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus, Yuk Dicoba

Faktanya, penelitian telah menunjukkan malabsorpsi lemak dari kacang-kacangan. Ini karena bagian dari kandungan lemak mereka terjebak di dalam dinding sel mereka, sehingga mencegahnya dicerna di usus.

Terlebih lagi, kacang ini yang perlu dikupas baik untuk dimakan dengan hati-hati, karena mengupas kacang membutuhkan waktu dan memperlambat laju makan.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus

Kacang ini juga serat, dengan satu porsi saja sudah mengandung 3 gram serat. Serat akan bergerak melalui sistem pencernaan yang sebagian besar tidak tercerna, dan beberapa jenis serat dicerna oleh bakteri baik di usus, sehingga bertindak sebagai prebiotik.

Bakteri usus kemudian memfermentasi serat dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek, yang mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko gangguan pencernaan, kanker, dan penyakit jantung.

Jadi, makan pistascio telah terbukti meningkatkan jumlah bakteri penghasil butirat di usus lebih banyak daripada makan almond.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat kacang pistachio

Foto: Orami Photo Stock

Kacang ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan berbagai cara. Selain tinggi antioksidan, pistascio dapat menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan tekanan darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Banyak penelitian tentang kacang ini dan lipid darah dilakukan dengan mengganti sebagian kalori dalam makanan dengan pistascio.

Mengutip Acta Biomedica, hingga 67 persen dari penelitian ini telah menunjukkan penurunan kolesterol total dan LDL (jahat) dan peningkatan kolesterol HDL (baik).

Sementara itu, tidak ada dari penelitian ini yang mengamati bahwa makan pistascio merusak profil lipid darah.

Mengutip Journal of Nutrition, satu studi selama 4 minggu pada orang dengan kolesterol LDL tinggi membuat partisipan mengonsumsi 10 persen kalori harian mereka dari pistascio.

Studi tersebut menunjukkan bahwa diet menurunkan kolesterol LDL sebesar 9 persen. Terlebih lagi, diet yang terdiri dari 20 persen kalori dari pistascio menurunkan kolesterol LDL sebesar 12 persen.

Apalagi, kacang ini tampaknya lebih menurunkan tekanan darah dibandingkan kacang lainnya. Sebuah tinjauan terhadap 21 studi menemukan bahwa makan kacang ini mengurangi batas atas tekanan darah sebesar 1,82 mm / Hg dan batas bawah sebesar 0,8 mm / Hg.

Baca Juga: Mengenal 13 Jenis Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

4. Mengobati Diabetes

Meskipun memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi daripada kebanyakan kacang, pistascio memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar.

Sehingga mungkin tidak mengherankan, penelitian telah menunjukkan bahwa makan pistascio dapat membantu meningkatkan kadar gula darah yang sehat.

Satu studi dari The British Journal of Nutrition juga menunjukkan bahwa ketika 56 gram pistascio ditambahkan ke makanan kaya karbohidrat, respons gula darah individu yang sehat setelah makan berkurang 20-30 persen.

Dalam studi 12 minggu lainnya, individu dengan diabetes tipe 2 menunjukkan penurunan 9 persen gula darah puasa setelah makan 25 gram pistascio sebagai camilan dua kali sehari.

Selain kaya serat dan lemak sehat, kacang pistachio kaya akan antioksidan, karotenoid, dan senyawa fenolik, yang kesemuanya bermanfaat untuk pengendalian gula darah.

Kacang ini juga meningkatkan kadar peptida, hormon yang mengatur kadar glukosa pada penderita diabetes.

5. Tinggi Antioksidan

manfaat kacang pistachio

Foto: health.clevelandclinic.org

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan karena mereka mencegah kerusakan sel dan memainkan peran kunci dalam mengurangi risiko penyakit, seperti kanker.

Kacang ini mengandung lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan kacang dan biji-bijian lainnya. Dalam satu studi selama 4 minggu yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition, peserta yang makan satu atau dua porsi pistascio per hari memiliki kadar lutein dan γ-tokoferol yang lebih tinggi, dibandingkan dengan peserta yang tidak makan kacang ini.

Di antara kacang-kacangan, pistascio memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin tertinggi, keduanya merupakan antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Mereka melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh cahaya biru dan degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi di mana penglihatan sentral terganggu atau hilang.

Selain itu, dua kelompok antioksidan paling melimpah dalam kacang ini, yakni polifenol dan tokoferol dapat membantu melindungi dari kanker dan penyakit jantung.

Menariknya, antioksidan pada pistascio sangat mudah didapat di dalam perut. Oleh karena itu, mereka lebih mungkin diserap selama proses pencernaan

Baca Juga: 3 Resep Kacang Telur Renyah untuk Teman Nonton Film di Rumah

Itulah beberapa manfaat kacang pistascio untuk kesehatan. Nyatanya kacang ini bisa dinikmati dengan berbagai cara. Ini termasuk sebagai camilan, hiasan salad, atau topping pizza, atau bahkan dalam memanggang, menambahkan warna hijau atau ungu yang indah ke berbagai makanan penutup dan hidangan.

Seperti kacang lainnya, kacang ini bisa digunakan untuk membuat pesto atau selai kacang. Moms bahkan dapat mencoba menaburkannya di atas ikan panggang oven favorit, menambahkannya ke granola.

  • https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-pistachios
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322899
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18716178/
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170184/nutrients
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27163889/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19647416/
  • http://jn.nutrition.org/content/140/6/1093.full
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait