Lain-lain

11 April 2021

7 Rekomendasi Playmat Bayi untuk Bermain dengan Aman dan Tips Memilihnya, Yuk Simak!

Apa saja pertimbangan Moms sebelum membeli playmat untuk bayi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat Si Kecil sudah mulai berguling dan bermain, playmat bayi adalah salah satu solusi agar ia bisa berguling dan bermain dengan aman.

Setelah sering melalui masa digendong, bayi juga harus dibiasakan untuk bergerak sendiri di kasur atau alas yang empuk. Sebab, selama tahun pertama kehidupannya, bayi akan mengembangkan banyak keterampilan baru.

Playmat bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan bayi. Melalui alas yang lembut dan nyaman itu, Moms bisa memiliki cara lain unttuk bermain dengan bayi yang mudah, menyenangkan, namun tetap menstimulasi perkembangannya.

Salah satunya adalah dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman saat akan mengenalkan tummy time kepada bayi. Membiarkan bayi tengkurap selama beberapa menit atau tummy time, akan membantu melatih semua otot tubuh bagian atas, meningkatkan stabilitas tubuh dan kendali kepala.

"Ini akan membantu bayi membangun kekuatan punggung, kaki, lengan, dan lehernya. Ini membantu perkembangan lebih lanjut, seperti berguling dan duduk," kata Joanne Cox, M.D., seorang dokter anak di Children's Hospital Boston.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Pediatrics pada Mei 2020, tummy time juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung dan indeks massa tubuh. Sebaliknya, kurangnya tummy time dapat menunda bayi untuk mencapai perkembangan fisik .

Baca Juga: 5 Tips Membuat Tummy Time Bayi Menyenangkan, Yuk Dicoba!

Manfaat Menggunakan Playmat Bayi

Playmat Bayi -1

Foto: Orami Photo Stock

Saat tumbuh, playmat bayi dapat menjadi tempat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta dapat memberikan stimulasi dan cara yang menyenangkan untuk mulai menggunakan kemampuannya.

Berikut ini manfaat menggunakan playmat bayi:

  • Meningkatkan Koordinasi Tangan, Mata, dan Keterampilan Motorik. Playmat bayi menjadi alas bermain yang tidak hanya berfungsi sebagai alas, tapi juga banyak yang disertai dengan berbagai objek mainan dan desain yang menarik untuk bayi. Ada model yang memiliki mainan gantung kecil yang bisa digenggam oleh bayi, dan ini akan membuat tummy time lebih menyenangkan. Ini baik digunakan saat bayi mulai menggapai, menggenggam, berbalik, dan menendang, koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik bayi akan berkembang.
  • Merangsang Indra Bayi. Biasanya, playmat akan memiliki warna-warna kontras untuk menarik perhatian bayi. Ini akan merangsang perkembangan indra penglihatan bayi. Bayi juga akan mengasah keterampilan pendengarannya saat mendengarkan suara yang dibuat saat mengoceh, meremas, menarik, atau menendang berbagai mainan, kain, dan alat tambahan di dalam playmat. Ini akan memberikan stimulasi sensorik dengan berbagai macam tekstur yang terasa unik dan menarik bagi tangan Si Kecil.
  • Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Bermain dengan pola, warna, bentuk, suara, dan imajinas saat bermain di atas playmat, ini juga akan memicu perkembangan bahasa dan komunikasi, yang juga dapat bermanfaat bagi perkembangan otak.
  • Mendorong Kebebasan dan Gerakan. Selama perkembangan tahun pertamanya, bayi akan menjadi lebih aktif. Apalagi saat merasa sudah bisa mengembangkan gerakan dan keinginan sendiri. Playmat akan menjadi tempat yang aman untuk membiarkan bayi menendang, berlari, dan berguling-guling. Ini mendorong aktivitas yang setara dengan olahraga untuk bayi.
  • Tempat Beraktivitas Saat Dalam Perjalanan. Salah satu hal hebat tentang playmat adalah kenyamanannya. Alas mainan lembut dan perlengkapannya dapat dengan mudah dikemas dan dipasang kembali kapan pun dan di mana pun, bahkan saat sedang bepergian.

Baca Juga: Begini Perkembangan Panca Indra Bayi di Enam Bulan Pertama Kehidupan

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Playmat

4 Penyebab Bayi Tidak Suka Tummy Time, Sudah Tahu?

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin bertanya-tanya apakah sudah waktunya membeli playmat untuk Si Kecil. Karena sebagian besar baby gym memiliki alas bermain yang lembut, Moms dapat mulai membiarkan Si kecil merasa nyaman dengan alasnya begitu ia merasa tidak puas hanya dengan digendong dan dibedong.

Dikutip dari Kippins.co, ini biasanya terjadi dari enam minggu sampai dua bulan. Kemudian, mereka mungkin siap untuk mulai menghabiskan beberapa menit waktu bermain setiap hari.

Pada awalnya, usahakan untuk waktu tummy time yang singkat, yang berlangsung hanya beberapa menit. Saat bayi tumbuh dan menjadi lebih nyaman, Moms dapat menambah waktu satu atau dua menit setiap sesi.

Akhirnya, Si Kecil akan menikmati bermain gym bayi mereka secara teratur sekitar lima belas menit, hingga beberapa kali per hari.

Cara Memilih Playmat Bayi yang Aman Digunakan

Playmat Bayi -2

Foto: Orami Photo Stock

Saking banyaknya playmat bayi yang di jual di pasaran, kadang membuat Moms merasa kebingungan. Takutnya, saat ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil malah tidak sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, atau pun keinginan.

Sebelum merasa takut playmat tidak tepat atau bahkan membahayakan untuk bayi, ada beberapa tips yang bisa digunakan sebelum memutuskan untuk membelinya.

  • Playmat Tidak Bergelombang. Perhatikan bagian permukaannya. Karena akan menjadi area beraktivitas untuk Si Kecil, sebaiknya Moms memilih playmat yang permukaannya rata. Jika tidak, ada kemungkinan Si Kecil akan jatuh, terpeleset ataupun terluka.
  • Bahan Tidak Mudah Terkupas. Ini adalah hal yang penting. Sebab, basi masih dalam fase oral yang memungkinkannya memungut benda kecil dan memasukkannya ke dalam mulut. Jika playmat mudah terkelupas, ada kemungkinan bayi melakukannya tanpa Moms sadari.
  • Bahannya Tebal Tapi Lembut. Ini akan meningkatkan rasa aman padi bayi yang bergerak agar tidak cedera saat terbentur selagi bermain. Bahannya yang lembut juga akan meembuat bayi nyaman dan betah saat bergerak di atasnya.
  • Mudah Dibersihkan. Bayi bisa seharian bermain di atas playmat, bahkan bisa makan dan minum di atasnya. Kotoran tentunya tidak bisa dihindarkan. Memilih playmat bayi yang mudah dibersihkan adalah hal yang penting, agar kondisinya terjaga dengan baik dan tidak membuat iritasi.

Agar mendapatkan playmat bayi terbaik sesuai keinginan, Moms bisa melihat terlebih dahulu deretan playmat ini ya.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Karpet yang Benar agar Tidak Rusak

1. Rekomendasi Playmat Bayi: Parklon PE Roll Owl + Star (1.5cm)

Parklon PE Roll Owl + Star (1.5cm)

Playmat bayi ini tebal dan berat sehingga aman digunakan Si Kecil saat bermain. Selain itu, palymat ini terbuat dari bahan PVC yang lembut dan ramah lingkungan. Karena bahannya yang tebal, ini juga bisa melindungi bayi dari benturan.

Bahannya yang tahan air juga akan membudahkan Moms saat membersihkannya. Selain itu, bahannya yang BPA free juga aman saat terjilat oleh Si Kecil. Memiliki 3 ukuran yakni M (190 x 130 x 1.2 cm), L (210 x 140 x 1.5 cm), dan XL (230 x 140 x 1.6 cm), playmat ini cocok untuk kebutuhan Si Kecil

2. Rekomendasi Playmat Bayi: Lumba Playmat

Baby playmat ini memiliki jenis yang bisa dimodifikasi. Dapat digunakan sesuai kebutuhan, playmat ini memiliki beragam fungsi, yakni dapat menjadi playmat bayi, pagar pengaman, baby bedding, fence, ballpitt, dan playhouse. Lumba Playmat terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak walau sudah terkena gesekan beberapa kali.

Playmat ini memiliki ketebalan 5 cm dan beragam ukuran seperti ukutan posisi pagar tertutup atau box (100 x 150 x 50 cm) dan posisi posisi matras (200 x 200 cm). Karena fungsinya yang beragam, Moms bisa menghemat ruangan karena tidak perlu lagi membeli beragam tempat bermain.

3. Rekomendasi Playmat Bayi: Evamatt Puzzle Abjad Gambar

Evamatt Puzzle Abjad Gambar

Rekomendasi playmat bayi selanjautnya dari merk Evamatt Puzzle Abjad Gambar. Produk ini dapat menjadi alas bermain yang aman dan nyaman untuk Si Kecil. Playmat bayi ini bisa dipasang dan disusun sesuka hati, sehingga dapat disesuikan denga berbagai ruangan di rumah.

Hadir dengan motif abjad dan gambar yang edukatif yang bisa digunakan untuk mengenalkan huruf, matras ini juga tidak menimbulkan alergi karena bahan yang berkualitas. Selain aman digunakan, palymat bayi ini cocok digunakan bahkan hingga Si Kecil berusia 3 tahun ke atas.

4. Rekomendasi Playmat Bayi: CobyHaus Pure Living Baby Playmat Fisher Price ABC

Agar Si Kecil dapat bermain dengan aman dan nyaman di dalam rumah, Moms bisa menggunakan playmat bayi CobyHaus Pure Living Baby Playmat Fisher Price ABC. Playmat ini dibuat dengan warna yang cerah, sehingga akan membuat suasana ruangan menjadi ceria dan lebih menyenangkan.

Selain warnanya yang menarik perhatian, produk ini juga didesain dengan motif yang berbeda pada kedua sisinya, mudah dipasang di kamar atau ruangan rumah lainnya, serta mengandung material non-toxic (bebas racun) dan BPA-free sehingga aman untuk segala jenis kulit, termasuk bayi yang sensitif.

5. Rekomendasi Playmat Bayi: Parklon PE Roll Squirrel + Zig zag (1.5cm)

Parklon PE Roll Squirrel + Zig zag (1.5cm)

Jika mencari playmat bayi yang aman Parklon PE Roll Squirrel + Zig Zag (1.5cm) dapat menjadi pilihan. Sebab, produk ini terbuat dari material PE (Polyethylene) yang dikenal sangat aman digunakan karena juga dipakai pada kemasan makanan (food packaging).

Playmat berkualitas dengan double side print design yang memiliki sisi memiliki motif berbeda ini hadir dengan warna cerah yang menarik. Sehingga, Si Kecil dapat beraktivitas dan menghabiskan waktu tummy time dengan nyaman dan tetap aman.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

6. Rekomendasi Playmat Bayi: Foldaway Bumper Super Grand Mat

Tidak hanya berfungsi sebagai playmat bayi, Moms juga dapat menggunakannya untuk bumper mat, kolam bola, terowongan, pagar keamanan, dan ranjang portable. Selain itu, playmat ini juga terbuatdari bahan yang mudah dibersihkan, berkualitas tinggi, lulus uji tes dan tersertifikasi.

Playmat ini juga memiliki ketebalan 4 cm untuk menjamin keamanan Si Kecil saat bermain. Material yang digunakannya pun aman bagi bayi dan higienis, dan memiliki ukuran 200 x 120 cm saat dibuka. Selain aman, bahannya pun lembut karena terbuat dari kulit PU yang hygienis dan tidak beracun.

7. Rekomendasi Playmat Bayi: Foldaway PVC Standart Mat

Selain memperhatikan keamanan, Moms juga bisa sekaligus memberikan kenyamanan untuk Si Kecil dengan menggunakan playmat dari Foldaway PVC Standart Mat. Produk ini terbuat dari bahan yang lembut dan aman bagi Si Kecil saat beraktivitas.

Selain itu, playmat bayi ini juga memiliki dua sisi dan bisa dipakai bolak-balik sehingga tidak akan memakan tempat, karena tidak perlu lagi menggunakan banyak barang. Karena terbuat dari bahan PVC yang hygienis dan tidak beracun, produk ini juga mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan lap basah.

Jadi, playmat bayi mana yang menarik hati Moms untuk dibawa pulang ke rumah?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait