Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Anak | Jul 9, 2018

Ketahui Plus Minus Gadget Bagi Perkembangan Anak dan Durasi Pemakaian Sesuai Usia

Bagikan


Gadget memang tidak bisa dihindari dari hidup kita saat ini, termasuk dari kehidupan anak. Pasti Moms juga pernah melihat anak yang tidak bisa lepas dari gadget-nya kan? Atau bahkan anak Moms sediri juga seperti itu?

Sebenarnya gadget memiliki banyak manfaat bagi Si Kecil, baik untuk menambah pengetahuan juga kemampuan visualnya. Tapi tentunya penggunaan gadget secara berlebihan juga memiliki dampak yang kurang baik untuknya.

Oleh sebab itu, Kara Handali, M.Psi, psikolog dari Tiga Generasi membagikan manfaat dan dampak buruk gadget bagi perkembangan anak. Mari kita simak!

Manfaat Gadget Bagi Anak

1. Mudah belajar keterampilan baru

Dengan gadget, Si Kecil bisa mengakses informasi juga berbagai video dan game edukatif. Jika Moms mengawasinya dengan baik, anak dapat mempelajari berbagai keterampilan dan keahlian baru dari tayangan dan permainan yang mereka akses.

Bahkan anak juga bisa sekaligus mempelajari bahasa asing melalui internet, video, dan game yang ia mainkan, lho.

2. Bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan efisien

Anak-anak biasa memiliki rasa ingin tahu yang besar, makanya mereka bisa menggunakan internet untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di benaknya.

Tentunya hal ini tetap harus dilakukan atas pengawasan Moms atau Dads ya, jangan sampai mereka mengakses sesuatu yang belum pantas untuk usianya.

3. Meningkatkan kemampuan visual dan spasial

Dengan berbagai warna dan bentuk gambar pada gadget, kemampuan visual anak pun akan meningkat. Mereka akan bisa membedakan bentuk gambar satu dari yang lainnya, juga mempelajari berbagai warna.

Jika anak mempunyai kemampuan visual spasial yang bagus, itu artinya mereka bisa berpikir dan memproses dalam bentuk visual.

Mereka bisa langsung membayangkan berbagai informasi dalam bentuk visual dua dimensi maupun tiga dimensi pada pikirannya.

Kemampuan ini membuat mereka jadi lebih cepat tanggap dan bisa melakukan kegiatan yang rumit.

Baca Juga: 5 Trik Menyeimbangkan Kehidupan Online dan Offline Anak

Dampak Buruk Gadget Bagi Anak

1. Tidak bisa berpikir kritis dan kreatif

Akibat segalanya telah tersedia di internet, anak pun jadi malas untuk berpikir dan mengkreasikan hal-hal baru.

Mereka terbiasa menerima sesuatu yang sudah ada, sehingga pikiran kritis dan kreatif mereka menjadi tidak terasah.

2. Menurunkan kemampuan konsentrasi, daya ingat, dan ketekunan

Terlalu sering menggunakan gadget dapat mengurangi konsentrasi anak, apalagi ketika mereka sedang tidak memegang gadget.

Mereka pun jadi terdistraksi dan gelisah karena tidak bisa memakai gadget, sehingga tidak bisa fokus pada apa yang sedang dikerjakan saat itu.

Daya ingat pun akan menurun, karena mereka mengandalkan gadget untuk menyimpan informasi-informasi yang harus mereka ingat.

Selain itu konsentrasi dan daya ingat, ketekunan juga bisa berkurang. Hal ini disebabkan anak jadi malas belajar dan mencari tahu jawaban dari suatu masalah, karena semuanya bisa dengan mudah mereka dapatkan dari internet.

3. Menghambat perkembangan keterampilan sosial

Anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya bersama gadget, makanya mereka jadi tidak bergaul dengan teman-teman sebayanya.

Keterampilan sosial mereka pun jadi terhambat, sehingga mereka akan susah bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain.

Selain kemampuan sosial, rasa percaya diri juga akan ikut terpengaruh. Mereka bisa merasa minder karena tidak terbiasa bertemu orang lain.

Baca Juga: Gadget Sebabkan Anak Terlambat Bicara, Benarkah?

Durasi Pemakaian Gadget untuk Anak

Kebanyakan memakai gadget juga bisa membuat anak kekurangan waktu dan kualitas tidur. Makanya Moms harus membatasi durasi pemakaian gadget supaya anak tetap bisa beraktivitas dan bersosialisasi selayaknya anak seusianya.

“Untuk anak usia 2-5 tahun, sebaiknya cukup pakai gadget 1-2 jam per hari. Sedangkan anak di atas 6 tahun bisa menggunakan gadget lebih lama, tapi diselingi dengan aktivitas fisik minimal 60 menit per hari,” jelas Kara.

Meski itu adalah durasi ideal, masih banyak anak yang memakai gadget lebih dari waktu yang ditentukan. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Moms harus lebih mengawasi penggunaan gadget bagi anak agar tidak berlebihan dan berdampak buruk pada hidupnya.

(INT)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.