Newborn

1 Juli 2021

Anak Cut Meyriska Jatuh Hingga Makan Nasi Bekas saat Diasuh Babysitter, Ini Plus Minus Menggunakan Jasa Pengasuh

Pilih babysitter yang dapat bertanggung jawab mengurus Si Kecil
placeholder

Foto: Instagram.com/cutratumeyriska

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Baru-baru ini, Cut Meyriska membagikan pengalamannya menggunakan jasa babysitter. Namun, istri dari Roger Danuarta tersebut menyebutkan bahwa keputusannya menggunakan jasa babysitter justru mendatangkan hal-hal yang kurang menyenangkan.

Pasalnya sang anak laki-lakinya, Shaquille Kaili Danuarta, terjatuh dari dipan karena kelalaian sang pengasuh yang baru sekitar satu bulan bekerja.

"Jadi dipan kecil mirip sofa kecil, tapi gak ada pinggirannya, cuma lurus gitu aja. Dia tinggal disitu dan dia pergi. Alhasil jatuh, kena bangku yang bawahnya besi. Jadi kepalanya kena besi," jelas Cut Meyriska dalam chanel Youtube RogerChika Journey.

Cut Meyriska sadar betul bahwa anaknya sedang aktif-aktifnya, tetapi setelah mengecek bukti CCTV ternyata peristiwa tersebut benar-benar terjadi karena kelalaian babysitter.

Tak hanya sampai di situ, wanita yang akrab disapa Chika itu juga menceritakan bahwa anaknya selalu muntah saat diberi makanan hasil masakan babysitternya. Awalnya ibunda Shaquille berpikir bahwa mungkin anaknya mengalami GTM, hingga suatu ketika, suaminya Roger Danuarta mencoba untuk mencicipi makanan tersebut.

"Biasanya aku dan suamiku gak pernah coba, tapi hari itu suamiku coba dan asin banget. Dan dia bikin bubur buat Shaquille itu pake nasi orang dewasa yang buat kita, yang bekas kemarin." katanya seraya beristighfar.

Dari pengalaman Chika tersebut, memang perlu disadari bahwa jasa pengasuh selalu memiliki plus-minus. Meski bisa meringankan pekerjaan Moms di rumah, tetapi ada beberapa hal lain yang mungkin bisa menjadi kekurangannya.

Baca Juga: Begini Tips Mencari Pengasuh Anak ala Angkie Yudistia

Jika Moms memutuskan ingin mempekerjakan pengasuh bagi Si Kecil, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja kah plus-minus menggunakan jasa babysitter berikut ini.

Kelebihan Menggunakan Jasa Babysitter

shutterstock 640401019

Foto: Orami Photo Stock

1. Meringankan Tugas Moms

Kehadiran babysitter tentu membantu pekerjaan atau tugas sehari-hari Moms saat di rumah. Moms tak perlu kerepotan menyiapkan berbagai kebutuhan Si Kecil.

Moms pun takkan merasakan stres menjelang berangkat kerja lantaran babysitter akan mengambil alih tugas mengurus bayi.

Moms tak perlu khawatir, terlebih bila babysitter ini sudah cocok dan bisa dipercaya. Segala kebutuhan Si Kecil dari bangun tidur, makan, mandi, hingga tidur siang bisa dilakukan oleh babysitter.

Jadi, Moms tinggal memberikan delegasi tugas sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

2. Babysitter dapat Fokus Merawat Si Kecil

Sebagian Moms mungkin lebih memilih menitipkan Si Kecil di daycare. Akan tetapi, di tempat penitipan kita tak tahu bagaimana perhatian petugas terhadap anak-anak, bagaimana mereka bisa fokus mengasuh dan merawat masing-masing anak dengan kebutuhannya yang berbeda.

Nah, dengan menggunakan jasa babysitter, ia akan bisa lebih fokus merawat dan mengasuh Si Kecil. Apalagi bila kita sudah menyusun daftar kebutuhan bayi, apa saja yang perlu dilakukan, jam berapa, dan bagaimana caranya sehingga babysitter tinggal menjalankan instruksi yang Moms sudah susun tersebut.

Terkait hal ini, Naomi Langer, seorang arsitek di Los Angeles, mengungkapkan bahwa ia memilih jasa babysitter karena putrinya bisa dirawat dan diasuh secara individu.

Baca Juga: 6 Pertimbangan Penting Bagi Orang Tua Sebelum Menitipkan Balita di Daycare

3. Jadwal Lebih Fleksibel

Bila dibandingkan dengan jasa penitipan anak atau daycare, menggunakan jasa babysitter tentu akan lebih fleksibel jadwal atau waktunya.

Seperti kita tahu, penitipan anak memiliki jam waktu buka dan tutup setiap harinya.

Sementara babysitter boleh dibilang tidak terikat waktu secara khusus. Moms yang harus pulang lembur pun tak perlu khawatir karena Si Kecil telah dijaga dan diasuh oleh babysitter dengan baik.

Kekurangan Menggunakan Jasa Babysitter

shutterstock 593155226

Foto: Orami Photo Stock

1. Tanpa Pengawasan dan Susah Mencari Pengganti

Pastinya babysitter mengasuh dan merawat Si Kecil tanpa pengawasan Moms. Kecuali, bila di rumah juga ada orang tua atau saudara lainnya yang tinggal serumah atau menggunakan CCTV.

Nah, bila kondisinya tidak ada kerabat yang bisa mengawasi atau CCTV, tentu Moms perlu memilih babysitter yang benar-benar terpercaya. Karena itu, ketika memilih babysitter, Moms perlu berhati-hati dan selektif.

Kemudian, bila Moms sudah mendapatkan babysitter yang terpercaya, akan sulit mencari lagi bila ia memutuskan untuk berhenti bekerja. Moms harus berupaya keras lagi untuk mencari pengganti babysitter yang berkualitas.

Baca Juga: Dinda Hauw dan Rey Mbayang Ingin Mandiri Asuh Anak, Simak 7 Pasangan Artis yang Tak Pakai Babysitter

2. Si Kecil Kurang Bergaul

Karena sehari-hari anak bersama babysitter, ia jadi terkesan kurang bergaul.

Maka tak ada salahnya jadwalnya Si Kecil bersama babysitter untuk jalan-jalan sekadar ke taman area perumahan, misalnya agar ia dapat bertemu dan bermain dengan anak lainnya.

Berbeda dengan daycare, anak mungkin akan lebih mudah bersosialisasi karena setiap hari bertemu dengan teman-teman di tempat tersebut.

3. Butuh Menyiapkan Dana Tak Sedikit

Menyewa jasa seorang babysitter tentu konsekuensinya Moms harus menyiapkan dana khusus.

Pastinya bila Moms mendapatkan babysitter dari lembaga terpercaya, biayanya akan lebih mahal. Moms perlu menyiapkan gaji atau bahkan mungkin pajak dan asuransi. Jadi, Moms dan suami perlu menyiapkan anggaran dana yang tak sedikit.

4. Privasi Keluarga Berkurang

Kehadiran orang lain di rumah, tentunya membuat privasi Moms sekeluarga agak berkurang. Mau tak mau, babysitter akan tahu dengan isi rumah dan bahkan bagaimana kehidupan keluarga Moms sehari-hari.

Itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa babysitter. Semua keputusan tentu kembali pada Moms dan suami, apakah mau menggunakan jasa babysitter atau daycare.

Yang jelas, Moms jangan memberikan sepenuhnya pengasuhan Si Kecil pada babysitter. Ketika Moms pulang kerja, ajak Si Kecil bermain, bila memang belum saatnya tidur. Atau, ketika di hari libur, Moms bisa memanfaatkan waktu itu untuk bersama Si Kecil dengan sepuasnya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait