Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Childcare | Jul 11, 2018

Plus Minus Menggunakan Jasa Babysitter, Apa Saja Ya?

Bagikan


Tiba saatnya Moms kembali bekerja di kantor setelah cuti melahirkan, muncul adanya kebutuhan untuk mencari babysitter.

Sekarang ini banyak lembaga yang menyediakan jasa babysitter dengan kualifikasi tertentu sehingga sudah terlatih dalam mengasuh bayi.

Sebagian babysitter yang sudah terlatih ini pun bisa melakukan pertolongan pertama bila anak mengalami sesuatu kejadian yang tak diinginkan.

Tentunya Moms dan suami perlu menganggarkan dana khusus setiap bulannya untuk menggaji babysitter berpengalaman ini.

Pilihan lainnya, tak sedikit juga yang mencari babysitter yang tidak begitu berpengalaman mengasuh bayi. Dana atau gaji yang perlu dianggarkan tentu bisa lebih rendah ketimbang babysitter yang sudah berpengalaman.

Akan tetapi, Moms mungkin tak yakin sepenuhnya bila menyerahkan pengasuhan bayi pada orang yang belum bisa dipercaya. Seperti kita tahu, tak sedikit kasus penganiayaan terhadap bayi atau anak yang dilakukan oleh babysitter.

Lalu, bagaimana jalan keluarnya? Tentunya, Moms beruntung bila memiliki anggota keluarga yang dapat diandalkan, misalnya adik atau kerabat dekat lainnya. Si Kecil bisa diasuh oleh mereka selama Moms bekerja di kantor.

Akan tetapi, bila kondisinya tidak memungkinkan menitipkan pengasuhan Si Kecil pada saudara atau kerabat, mau tak mau Moms perlu tenaga babysitter.

Baca Juga : 7 Cara Pintar Memilih Pengasuh Anak

Nah, apa saja plus-minus menggunakan jasa babysitter? Berikut di antaranya:

Kelebihan Babysitter

plus minus menggunakan jasa babysitter

1. Meringankan tugas Moms

Kehadiran babysitter tentu membantu pekerjaan atau tugas sehari-hari Moms saat di rumah. Moms tak perlu kerepotan menyiapkan berbagai kebutuhan Si Kecil.

Moms pun takkan merasakan stres menjelang berangkat kerja lantaran babysitter akan mengambil alih tugas mengurus bayi.

Moms tak perlu khawatir, terlebih bila babysitter ini sudah cocok dan bisa dipercaya. Segala kebutuhan Si Kecil dari bangun tidur, makan, mandi, hingga tidur siang bisa dilakukan oleh babysitter.

Jadi, Moms tinggal memberikan delegasi tugas sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

2. Babysitter dapat fokus merawat Si Kecil

Sebagian Moms mungkin lebih memilih menitipkan Si Kecil di daycare. Akan tetapi, di tempat penitipan kita tak tahu bagaimana perhatian petugas terhadap anak-anak, bagaimana mereka bisa fokus mengasuh dan merawat masing-masing anak dengan kebutuhannya yang berbeda.

Nah, dengan menggunakan jasa babysitter, ia akan bisa lebih fokus merawat dan mengasuh Si Kecil. Apalagi bila kita sudah menyusun daftar kebutuhan bayi, apa saja yang perlu dilakukan, jam berapa dan bagaimana caranya. Sehingga babysitter tinggal menjalankan instruksi yang Moms sudah susun tersebut.

Terkait hal ini, Naomi Langer, seorang arsitek di Los Angeles, mengungkapkan bahwa ia memilih jasa babysitter karena putrinya bisa dirawat dan diasuh secara individu.

3. Jadwal lebih fleksibel

Bila dibandingkan dengan jasa penitipan anak atau daycare, menggunakan jasa babysitter tentu akan lebih fleksibel jadwal atau waktunya.

Seperti kita tahu, penitipan anak memiliki jam waktu buka dan tutup setiap harinya.

Adapun, babysitter boleh dibilang tidak terikat waktu secara khusus. Moms yang harus pulang lembur pun tak perlu khawatir karena Si Kecil dijaga dan diasuh oleh babysitter.

Minus Menggunakan Jasa Babysitter

plus minus menggunakan jasa babysitter

1. Tanpa pengawasan dan susah mencari pengganti

Pastinya babysitter mengasuh dan merawat Si Kecil tanpa pengawasan Moms. Kecuali, bila di rumah ada juga orang tua atau saudara lainnya yang tinggal serumah.

Nah, bila kondisinya tidak ada kerabat yang bisa mengawasi, tentu Moms perlu memilih babysitter yang benar-benar terpercaya. Karena itu, ketika memilih babysitter, Moms perlu berhati-hati dan selektif.

Kemudian, bila Moms sudah mendapatkan babysitter yang terpercaya, akan sulit mencari lagi bila ia memutuskan untuk berhenti bekerja. Moms harus berupaya keras lagi untuk mencari pengganti babysitter yang berkualitas.

2. Si Kecil kurang bergaul

Karena sehari-hari anak bersama babysitter, ia jadi terkesan kurang bergaul.

Maka tak ada salahnya jadwalnya Si Kecil bersama babysitter untuk jalan-jalan sekadar ke taman area perumahan, misalnya agar ia dapat bertemu dan bermain dengan anak lainnya.

Berbeda dengan daycare, anak mungkin akan lebih mudah bersosialisasi karena setiap hari bertemu dengan teman-teman di tempat tersebut.

3. Butuh menyiapkan dana tak sedikit

Menyewa jasa seorang babysitter tentu konsekuensinya Moms harus menyiapkan dana khusus.

Pastinya bila Moms mendapatkan babysitter dari lembaga terpercaya, biayanya akan lebih mahal. Moms perlu menyiapkan gaji atau bahkan mungkin pajak dan asuransi. Jadi, Moms dan suami perlu menyiapkan anggaran dana yang tak sedikit.

4. Privasi keluarga berkurang

Kehadiran orang lain di rumah, tentunya membuat privasi Moms sekeluarga agak berkurang. Mau tak mau, babysitter akan tahu dengan isi rumah dan bahkan bagaimana kehidupan keluarga Moms sehari-hari.

Itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa babysitter. Semua keputusan tentu kembali pada Moms dan suami, apakah mau menggunakan jasa babysitter atau daycare.

Yang jelas, Moms jangan memberikan sepenuhnya pengasuhan Si Kecil pada babysitter. Ketika Moms pulang kerja, ajak Si Kecil bermain, bila memang belum saatnya tidur. Atau, ketika di hari libur, Moms bisa memanfaatkan waktu itu untuk bersama Si Kecil dengan sepuasnya.

(HIL)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.