COVID-19

25 Juni 2021

POGI Rekomendasikan Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil, Cek Persyaratannya!

Jangan lupa konsultasikan dengan dokter kandungan ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Program vaksin COVID-19 kini tidak hanya untuk lansia saja. Saat ini, vaksin COVID-19 tahap ketiga mulai diperuntukkan masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun.

Indonesia menjadikan pelaksanaan vaksin COVID-19 sebagai bagian dari strategi penanggulangan pandemi COVID-19. Jika cakupan vaksin tinggi dan merata, diharapkan angka penularan COVID-19 semakin menurun.

Namun, vaksin COVID-19 pada ibu hamil saat ini masih menjadi kontroversi. Oleh sebab itu, banyak ibu hamil yang ragu akan efektivitas vaksin COVID-19.

Padahal, melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ibu hamil dilaporkan memiliki risiko lebih tinggi mengalami COVID-19 yang parah daripada wanita yang tidak hamil.

Diperlukan juga suatu metode pencegahan COVID-19 yang efektif pada ibu hamil, karena dapat meningkatkan risiko persalinan preterm, keguguran, hingga kematian.

Lantas bolehkah ibu hamil menerima vaksin COVID-19? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 13 Lokasi Vaksin COVID-19 untuk 18+ di Semarang, Catat!

Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil

vaksin COVID-19 ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Keamanan vaksin COVID-19 pada ibu hamil memang masih terbatas, karena alasan etik membuat studi yang ada tidak melibatkan populasi ini.

Awalnya, World Health Organization (WHO), tidak menganjurkan vaksin COVID-19 untuk ibu hamil.

Namun, WHO merevisi pernyataannya dan memberikan kelonggaran untuk ibu hamil yang ingin menerima vaksin COVID-19, terutama bila ibu tersebut termasuk dalam kelompok yang rentan, seperti tenaga kesehatan.

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) juga merekomendasikan ibu hamil dapat menerima vaksin COVID-19 dengan beberapa syarat, seperti:

  1. Ibu hamil dengan risiko tinggi, yaitu usia di atas 35 tahun, memiliki BMI di atas 40, dengan komorbid diabetes dan hipertensi.
  2. Kelompok ibu hamil risiko tinggi terpapar, terutama tenaga kesehatan.
  3. Pada ibu hamil dengan risiko rendah setelah mendapatkan penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19.

POGI juga merekomendasikan, jika Moms telah mendapatkan vaksin COVID-19 kemudian hamil, maka kehamilan dan vaksinasi dapat dilanjutkan.

Moms hanya perlu melaporkan pada pokja ISR PP POGI untuk dimasukkan dalam registrasi penelitian.

Baca Juga: 55+ Lokasi Vaksin COVID untuk 18+ di Wilayah DKI Jakarta dan Persyaratannya, Catat!

Sebuah penelitian The New England Journal of Medicine juga melakukan uji keamanan vaksin COVID-19 pada ibu hamil.

Penelitian tersebut melibatkan 35,691 orang wanita berusia 16-54 tahun yang mendapatkan vaksin Pfizer dan Moderna. Hasilnya menunjukkan bahwa vaksin COVID-19, Pfizer dan Moderna, aman untuk ibu hamil dan bayinya.

Menurut dr Anne Schuchat dari CDC, ibu hamil harus mendapatkan akses untuk mendapatkan vaksin karena mereka lebih rentan mengalami komplikasi jika terinfeksi COVID-19.

"Ibu hamil yang terkena COVID-19 memiliki pengalaman yang lebih buruk dari wanita yang tidak hamil. Mereka membutuhkan lebih banyak waktu di ICU dan lebih berisiko mengalami komplikasi, termasuk kematian," ucap dr Schuchat, dikutip dari NBC Chicago.

Namun, hal ini perlu disertai dengan konseling yang memadai terkait manfaat dan risiko vaksin COVID-19. Anamnesis menyeluruh juga diperlukan untuk memastikan pasien tidak memiliki komorbiditas lain

Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa vaksinasi COVID-19 aman untuk ibu hamil dan perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: Catat! Syarat Vaksinasi COVID-19 untuk 18 Tahun Ke Atas di DKI Jakarta

Jika Moms ingin melakukan vaksin COVID-19, ada baiknya konsultasikan lagi kepada dokter ya!

  • https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/vaccines/recommendations/pregnancy.html
  • https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/the-moderna-covid-19-mrna-1273-vaccine-what-you-need-to-know
  • https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMoa2104983
  • https://www.nbcchicago.com/news/local/covid-vaccine-and-pregnancy-fertility-the-latest-guidance/2497538/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait